Manajemen Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Penggerak Jenjang Dasar

Idawati Idawati, Iis Marsithah, Hera Yanti

Abstract


Abstract: This study aims to analyze  Project Based Learning planning, Project Based Learning implementation  and Project Based Learning evaluation conducted by SD  Negeri 21 Bireuen in improving 21st century skills for students and studying the challenges faced in  Project Based Learning management. This research uses a qualitative approach with a descriptive method. Data collection through observation techniques, interviews and documentation review.  The research subjects were the principal, deputy principal for curriculum, and two class teachers in Phase C. Research results: 1) Project based learning  planning has gone well. The activities start from teacher council meetings, socializing project activities to parents. Planning, including: analysis of material characteristics from learning outcomes, determination of goals, conditions, time, compiling steps of project based learning activities, evaluating learning and making worksheets and 6C skill assessment formats. 2) The application  of the Project Based Learning  model related to improving 6C skills is going well, judging from the steps of activities used according to the procedures of the  Project based learning concept. 3) Project based learning  evaluation went well. It can be seen from the acquisition of scores on teacher activities to achieve very good predicates, and 4) The challenges faced are that school principals need teachers to be more creative, require a lot of media, costs and time in implementation, so there needs to be breakthroughs and innovations so that the project runs well.

Keywords: Management; Project Based Learning; 21st century skills

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan Project Based Learning, pelaksanaan Project Based Learning dan evaluasi Project Based Learning yang dilakukan oleh SD  Negeri 21 Bireuen dalam meningkatkan keterampilan abad 21 bagi siswa serta mempelajari tantangan yang dihadapi dalam manajemen Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan telaah dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan dua orang guru kelas di Fase C. Hasil penelitian: 1) Perencanaan project based learning telah berjalan dengan baik. Kegiatannya mulai dari rapat dewan guru, mensosialisasikan kegiatan project kepada orang tua siswa. Perencanaan, meliputi: analisis karakteristik materi dari dari capaian pembelajaran, penentuan tujuan, kondisi, waktu, menyusun langkah-langkah kegiatan project based learning, evaluasi pembelajaran dan membuat lembar kerja serta format penilaian keterampilan 6C. 2) Penerapan model Project Based Learning terkait peningkatan keterampilan 6C berjalan baik, dilihat dari langkah-langkah kegiatan yang digunakan sesuai prosedur dari konsep Project based learning. 3) Evaluasi project based learning berjalan dengan baik. Terlihat dari adanya perolehan nilai terhadap kegiatan guru mencapai predikat sangat baik, dan 4) Tantangan yang dihadapi yaitu kepala sekolah perlu guru agar lebih kekreatifan, membutuhkan banyak media, biaya dan waktu dalam pelaksanaannya, sehingga perlu adanya terobosan dan inovasi agar project berjalan dengan baik.      

Kata kunci: Manajemen; Project Based Learning; keterampilan abad 21


Full Text:

PDF

References


Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M. (2022). Kemampuan Kolaborasi Siswa Melalui Model Project Based Learning Menggunakan Zoom Pada Materi Ekosistem. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(2), 143. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i2.6330

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning 9, 292–299.

Barlian, E. (2016). Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Belajar.

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (Jppgi), 1(1), 28–42. https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42

Hadiq, M. F. Al, Ramadhan, G. M., & Rahayu, D. S. (2022). Pengaruh model project-based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sd. Journal of Elementary Education, 05(03), 505–509.

Halimah, L. dan I. M. (2022). Project Based Learning untuk Pembelajaran Abad 21. Refika Aditama.

Iwana, S., Abu, S., & Kamaludin, R. A. (2022). Pemanfaatan digital dalam kalangan Pensyarah Pendidikan Awal Kanak ( PAKK ) melalui Kapasiti Pedagogi Pembelajaran Bermakna ( KPPB ) dalam Pengajaran dan Pembelajaran ( PdP ) Digital benefits among Early Childhood Education Lecturers ( ECE ) through New P. 15, 14–28.

Izzuddin, A., Palapa, S., & Lombok, N. (2020). Efektivitas Fungsi Controlling Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 157–167. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Kemendikbud. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi, 1–87.

Kemendikbudristek nomor 008/H/KR/2022. (2022). Capaian Pembelajaran PAUD Dikdasmen pada kurikulum merdeka (Issue 021).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 47.

Mokambu, F. (2021). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran ipa di kelas V SDN 4 Talaga Jaya. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 56–62.

Purwanti, A., Hujjatusnaini*, N., Septiana, N., Amin, A. M., & Jasiah, J. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Model Blended-Project Based Learning Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Berdasarkan Students Skill Level. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(3), 235–245. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i3.25705

Rohman, K. (2022). Pengelolaan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21 di SD Smart School Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1), 76–81.

Surrahman. (2016). Metode Penelitian. Pusdik.

Usia, A., & Di, T. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN FINANCIAL LITERACY ANAK USIA 5-6 TAHUN DI YOGYAKARTA.

Widyastuti, A. (2022). No Implementasi Project Based Learning Pada Kurikulum 2022 Prototipe, Merdeka Belajar (Resna Anggria Putri (ed.)). PT Elex Media Komputindo.

Yuniasih, E., & Hadiyanti, A. H. D. (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6670–6677.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Idawati Idawati, Iis Marsithah, Hera Yanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.