Bentuk Kecermatan dan Ketelitian Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah Untuk Menunjang Keefektifan dan Efisiensi Kinerja di Sekolah Menengah Atas

Novita Nurul Azizah, Nurul Ulfatin, Burhanuddin Burhanuddin

Abstract


Abstract: This research is rainy to determine the form of accuracy and accuracy of school administrative performance to support the effectiveness and efficiency of performance in high schools. This study uses a qualitative approach with a type of case study research. Conduct data collection with three methods namely interviews, observation, documentary studies. Data analysis activities start from data collection, data presentation, data condensation, and drawing conclusions. The validity of the data in the study uses data triangulation techniques, triangulation and time triangulation as well as checking members or ganging. Based on the data analysis that has been carried out, the following research results are obtained: (1) Types and Structure of School Administrative Staff Assignments that support the effectiveness and efficiency, (2) Job Description of Administrative Personnel, (3) Indicators of Accuracy and Accuracy of Administrative Staff Performance, (4) Administrative behavior in performance is seen from the level of care and accuracy. (5) Supporting factors that make up the accuracy and accuracy of the performance of administrative staff, and (6) the problems faced by school administrative staff in carrying out their performance.
Keywords: form of precision and thoroughness, school administration staff, effective and efficient

Abstrak: Penelitian ini bertujan untuk mengetahui bentuk kecermatan dan ketelitian kinerja tenaga administrasi sekolah untuk menunjang keefektifan dan efisiensi kinerja di sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. melakukan pengumpulan data dengan tiga metode yaitu wawancara, observasi, studi dokumenter. Kegiatan analisis data dimulai dari pengumpuln data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian menggunakan teknik triangulasi data, triangulasi dan triangulasi waktu serta pengecekan anggota atau membercheck. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) jenis dan struktur penugasan tenaga administrasi sekolah yang menunjang keefektifan dan efisiensi, (2) job deskripsi tenaga administrasi, (3) indikator kecermatan dan ketelitian kinerja tenaga adminitrasi, (4) perilaku tenaga administrasi dalam kinerja dilihat dari tingkat kecermatan dan ketelitian. (5) faktor-faktor pendukung yang membentuk kecermatan dan ketelitian kinerja tenaga administrasi, dan (6) permasalahan yang dihadapi tenaga administrasi sekolah dalam menjalankan kinerjanya.
Kata kunci: bentuk kecermatan dan ketelitian, tenaga administrasi sekolah, efektif dan efisien

Full Text:

PDF

References


Achmadwati, W., Meirawan, D., & Rahyasih, Y. (2018). Pemanfaatan Sarana Prasarana Kerja, Self Capacity Building , Dan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11566

Arisanti, A., Imanda, A., & Saputra, H. E. (2020). Analisis Kualitas Kerja Pegawai Tata Usaha Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bengkulu Tengah. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(1), 57–63. https://doi.org/10.37676/professional.v7i1.1093

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Method. Allyn and Bacon. Inc.

Burhanuddin. (1997). The Leadership Roles of a Principal in Improving School Effectiveness. The Journal of Education, 4(Special Edition), 333–352.

Burhanuddin. (2016). Perilaku Organisasi dalam Manajemen dan Kepemimpinan. Universitas Negeri Malang.

Burhanuddin, B. (2017). Behaviours of the Effective Leadership in Universities: Findings of a Meta-Analysis Study. 128(Icet), 271–277. https://doi.org/10.2991/icet-17.2017.48

Burhanuddin, B., Supriyanto, A., & Pramono Adi, E. (2018). Leadership Orientation as Mediator of Organizational Culture Effects on School Leadership. 269(CoEMA), 230–236. https://doi.org/10.2991/coema-18.2018.52

Cahya, A. R. K. (2017). Efisiensi Kinerja Bank Umum Syariah Di Indonesia Menggunakan Data Envelopment Analysis. Economics Development Analysis Journal, 4(3), 223–232.

Design, Q. I. (1989). STUDI KASUS ( John W . Creswell ) Oleh Yani Kusmarni. 1–12.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., Kusumaningrum, D. E., Romady, M., Alfarina, M., & Widiana, R. A. (2018). Pemberdayaan Tenaga Administrasi Sekolah Menengah Pertama Kota Batu: Studi Deskriptif. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1, 467–471. https://doi.org/10.17977/um027v1i42018p467

Hartanti, I. D., Supriyanto, A., Ulfatin, N., & Malang, U. N. (2018). MANAJEMEN PENANGANAN BURNOUT DALAM MENINGKATKAN. 1(September), 347–357.

Hidayat, S. P., & Nurhikmahyanti, D. (2014). Peran Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Sekolah Di Man 1 Kota Mojokerto. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 152–162.

I, Ermon, Y. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi dan dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Alfabeta.

Ismanda, S. M., Rahmawati, Y., Kholija, R., & Aini, N. (2021). Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam Manajemen Kesiswaan di Sekolah SMP Karyawan Swasta Turangie. 5, 11141–11147.

Martin, N, F. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya.

Rajawali Pers.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Moleong, L. J. (2022). Moleong, Lexy. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.

Muhlis, M. (2016). Pengelolaan Ketatausahaan, Layanan Administrasi Akademik. Administrasi Pendidikan, 7.

Muhyadi. (2013). Kualifikasi dan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kependidikan, 43(1), 39–50.

Muspawi, M., & Robi’ah, H. (2020). Realisasi Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam Peningkatan Pelayanan. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 232–239. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p232

Nawawi. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Gadjah Mada.

Nurul Ulfatin, N., & Amat Mukhadis, A. (2017). Personal Values and Social Skills Student MTS and its Development in Curriculum and School Program. 45(CoEMA), 218–222. https://doi.org/10.2991/coema-17.2017.39

Putri, C. C., Rusdinal, R., Jasrial, J., & Santoso, Y. (2021). Pelayanan tenaga administrasi sekolah urusan kesiswaan berbasis teknologi informasi di smk se kabupaten tanah datar. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 143–148. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i2.147

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Rosyad, A. M., & Zuchdi, D. (2018). Aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dalam pembelajaran IPS di SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 79–92. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.14925

Sangadji, E. M. (2010). Metode Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Pendidikan. CV Andi Offset.

Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54

Ulfatin, N. (2017). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative.

Ulfatin, N., Yusuf Sobri, A., Kusuma Pertiwi, A., & Fransisca Fortunata, S. (2020). Quality Culture Leadership in the Industrial Revolution 4.0. 381(CoEMA), 138–143. https://doi.org/10.2991/coema-19.2019.30

Wafroturrohmah, S. E. (2018). Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pengembangan Kompetensi Sosial Siswa SMA. Jurnal Managemen Pendidikan, 13(2), 147–155. http://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/7482

Zakhiroh, R. (2013). Pengaruh Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah Terhadap Kualitas Layanan Administrasi Non Akademik. Didaktika, 19, 59–70




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v7i42024p480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.