Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Supervisi Pembelajaran untuk Mengingkatkan Kualitas Guru di Abad 21

Nahdah Nasya Sahirah, Asep Suryana, Cicih Sutarsih, Diding Nurdin

Abstract


Abstract: This research aims to describe and analyze the role of the principal in the implementation of learning supervision to improve the quality of teachers in the 21st century at SD Mutiara Bunda, Bandung City. The method used in this research is descriptive qualitative with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of the study show that the principal plays a role in the implementation of learning supervision at SD Mutiara, assisted by the school’s academic team by integrating formal and informal approaches. The techniques used by the principal in learning supervision are direct and indirect observation. The principal plays a role in 4 cycles of learning supervision implementation, namely planning, implementation, evaluation, and follow-up. In the implementation cycle, it is carried out in 4 stages, namely learning planning, learning implementation, learning evaluation, and learning follow-up. The follow-up carried out by the principal is by holding workshops and individual coaching for teachers. The implementation of learning supervision carried out by the principal is by 21st-century supervision, which emphasizes guidance for teachers to improve teacher quality.

Keyword: Supervision, learning supervision, 21st century.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala sekolah dalam implementasi supervisi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas guru abad 21 di SD Mutiara Bunda Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan dalam implementasi supervisi pembelajaran di SD Mutiara dibantu oleh tim akademik sekolah dengan mengintegrasikan pendekatan formal dan informal, teknik yang digunakan kepala sekolah dalam supervisi pembelajaran adalah observasi secara langsung dan tidak langsung. Kepala sekolah berperan dalam 4 siklus implementasi supervisi pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Dalam siklus pelaksanaan dilakukan dalam 4 tahapan pula yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan tindak lanjut pembelajaran. Tindak lanjut yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu dengan mengadakan workshop dan coacing individual kepada guru. Implementasi supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah telah sesuai dengan supervisi abad 21 yaitu dengan menekankan pembinaan kepada guru untuk meningkatkan kualitas guru.

Kata kunci: Supervisi, supervisi pembelajaran, abad 21


Full Text:

PDF

References


Bestari, P., Awam, R., Sucipto, E., Marsidin, S., & Rifma, &. (2023). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Papeda, 5(2).

Fahmi Addini, A., Fairuz Husna, A., Alfira Damayanti, B., Istif Fani, B., Wardah Nihayati, C., Andika Daniswara, D., Fitri Susanti, D., & Imron, A. (2022). KONSEP DASAR SUPERVISI PENDIDIKAN. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 179–186. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp

Fiqry, R., Sarjono, & Mu’alimah, H. (n.d.). Supervisi Pendidikan Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru pada Era Pembelajaran Abad 21.

Giri, A. M. I. (2016). SUPERVISI PENDIDIKANDALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH. Jurnal Penjamin Mutu.

Kiki Yestiani, D., & Zahwa, N. (2020). PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Lisna, A., & Munastiwi, E. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 7–13. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i1.1052

Masliah, E. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Teknik Mentoring dalam Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. IJEMAR: Indonesian Journal Of Education Management & Administration Review, 3.

Nabila, N. M., & Haq, S. M. (2021). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM MEMPERBAIKI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MASA PANDEMI COVID-19.

Permendikbud Nomor 40 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah. (2021).

Ramadina, R., Siregar, S. N., Tantri, A., Daulay, N. A., Ubaydillah, M., & Maulana, R. M. (2023). Peran Supervisi Pendidikan Terhadap Peningkatan Mutu Belajar dan Mengajar. SUBLIM: Jurnal Pendidikan, 02(01). https://ummaspul.e-journal.id/Sublim

Sanjani, A. M. (2020). Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6.

Shaifudin, A. (2020). Supervisi Pendidikan. El-Wahda: Jurnal Pendidikan, 1(2).

Sola, E. (2018). Ada Apa Dengan Supervisi Pendidikan? Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1).

Suaeb, & Muhdin. (2020). PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU: STUDI FENOMENOLOGI. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi, 3(2). http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/PK/index

Subandi, Lazwardi, D., & Afriyadi, M. M. K. S. (2021). Implementasi Supervisi Pembelajaran Studi kasus pada Sekolah Menengah Kejuruan Lampung Timur. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2).

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Ubabuddin, U. (2020). PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN TUGAS DAN PERAN GURU DALAM MENGAJAR. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 102–118. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i1.512


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nahdah Nasya Sahirah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.