MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS DHAMYSOGA CHARACTER CAMP (DCC) SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan DCC, (2) pengorganisasian DCC, (3) pelaksanaan DCC dalam mengimplementasikan 5 nilai penguatan pendidikan karakter, (4) monitoring, evaluasi, dan dampak pelaksanaan DCC, dan (5) faktor pendukung, penghambat, dan solusi DCC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini mengungkapkan (1) perencanaan DCC, (2) pengorganisasian DCC, (3) pelaksanaan DCC dalam mengimplementasikan 5 nilai penguatan pendidikan karakter, (4) monitoring, evaluasi, dan dampak pelaksanaan DCC, dan (5) faktor pendukung, penghambat, dan solusi DCC.
Kata Kunci: DCC, Manajemen, Karakter
Abstract: This study aims to describe (1) DCC planning, (2) the organization of DCC, (3) the implementation of DCC in implementing the 5 values of strengthening character education, (4) monitoring, evaluation, and impact of DCC implementation, and (5) supporting factors , inhibitors, and DCC solutions. This study uses a qualitative approach, with a case study research design. The results of this study revealed (1) DCC planning, (2) organization of DCC, (3) the implementation of DCC in implementing the 5 values of strengthening character education, (4) monitoring, evaluation, and impact of DCC implementation, and (5) supporting factors, inhibitors, and DCC solution.
Keywords: DCC, Management, Character
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Konsep Pusat Sumber Belajar SMA. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMA.
Januswenski, A & Molenda, M. 2008. Education Technology a Definition with Commetary. NewYork: Lawrence Erlbraum Associates Taylor & Francis Group.
Kurniadin, D & Machali, I. 2012. Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Rahmadi. 2017. Reaktualisasi Pendidikan Karakter Bagi Generasi Muda, Dari https://kalsel.kemenag.go.id/.../reaktualisasi-pendidikan-karakter-bagi-generasi-muda
Rohiat. 2012. Manajemen Sekolah:Teori Dasar Dan Praktik Dilengkapi Dengan Contoh Strategis Dan Rencana Operasional. Bandung: Refika Aditama.
Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2006. Bandung: Citra Umbara.
Zulkarnain, W. 2016. Layanan Khusus Peserta Didik Sebagai Penguat Manajemen Pendidikan. Dari ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/.../4-Wildan-Zulkarnain.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i42018p448
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Fauzi Firmansyah Putra, Mustiningsih Mustiningsih, Raden Bambang Sumarsono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.