Peranan Punishment pada Santriwati dalam Manajemen Kesiswaan (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Husna)
Abstract
Abstract: The topic of this research is " The Role of Punishment for Female Students in Student Management (Case Study at Al Husna Islamic Boarding School)". This research aims to describe the application of discipline in the management of santri through educational punishment at the Al-Husna Islamic Boarding School, understand the stages of punishment given at school, and determine the factors that support or hinder the improvement of santri discipline through education. punishment. The location of this research is at the Al-Husna Marindal 1 Patumbak Deli Serdang Islamic Boarding School educational institution, which is an educational institution founded on April 17 1988 M/11 Ramadhan 1409 H and is one of the competent Islamic educational institutions. In this research, the researcher used a qualitative approach with a case study research type and was descriptive in nature. The aim of giving punishment is to prevent children from repeating actions that are not permitted. The role of parenting is to warn female students not to repeat themselves and explain the reasons why this is not allowed. The punishment given to female students at the Al-Husna Islamic boarding school has been given evenly and in balance according to the area that the female student violated.
Keywords: Student Management, Islamic Boarding School, Punishment
Abstrak: Topik penelitian ini tentang “Peranan Punishment pada Santriwati dalam Manajemen Kesiswaan (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Husna)”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan disiplin dalam pengelolaan santri melalui hukuman pendidikan di Pondok Pesantren Al-Husna, memahami tahapan hukuman yang diberikan di sekolah, dan mengetahui faktor-faktor yang mendukung atau menghambat peningkatan kedisiplinan santri melalui pendidikan hukuman. Lokasi penelitian ini bertempat di lembaga pendidikan Pondok Pesantren Al-Husna Marindal 1 Patumbak Deli Serdang yang merupakan lembaga pendidikan yang didirikan pada 17 April 1988 M/11 Ramadhan 1409 H dan merupakan salah satu lembaga pendidikan islam yang kompeten. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis penelitian case study research (studi kasus) dan bersifat deskriptif. Pemberian punishment ini bertujuan agar anak tidak mengulangi perbuatan yang tidak diperbolehkan. Peran pengasuhan untuk memperingatkan santriwati agar tidak mengulangi serta menjelaskan alasan sebab akibat hal tersebut tidak di perbolehkan. Pemberian punishment pada santriwati di pondok pesantren al-husna sudah diberikan dengan merata dan seimbang sesuai bidang bagian yang di langgar santriwati.
Kata kunci: Manajemen Kesiswaan, Pondok Pesantren, Hukuman
Full Text:
PDFReferences
Adisaputro, Satrio. (2022) Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Ma Raudlatul Ulum Guyangan, Semarang. file:///E:/file/567195-manajemen-pondok-pesantren-0cb667eb.pdf
Amiruddin Siahaan. (2018). KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN. cv. wudya pustaka.
Ariska, Ria. Sita. (2019). Manajemen Kesiswaan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13(3), 281–292. https://ejournal.unib.ac.id/manajerpendidikan/article/view/10178
Fauzi, Ahmad. (2019). Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0, 5(2):110-126. At- Ta lim Jurnal Pendidikan. DOI:10.36835/attalim.v5i2.69
Herdiansyah, Haris. (2015). WAWANCARA, OBSERVASI DAN FOCUS GROUPS sebagai instrumen penggalian data kualitatif. PT Rajagrafindo Persada.
Khumaidi, Muhammad. Wisnu. (2020). PEMBEERIAN HUKUMAAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, 3, 134–149.
Mardiana, Ugi, DKK. (2022). Motivasi Siswa Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMP 13 Tanjung Jabung Timur. Jurnal Score, 2(1), 32–37.
Purwanto, Muhammad. Ngalim. (2006). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ranguti, Ahmad. Nizar. (2016). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Citapustaka Media.
Rifa'i, Muhammad. (2019). DASAR-DASAR MANAJEMEN. Medan :CV Widya Pustaka.
Rosyid, Abdul., & Wahyuni, Siti. (2021). Metode Reward and Punishment sebagai Basis Peningkatan Kedisiplinkkkkk23ilan Siswa Madrasah Diniyyah. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(2), 137–157. https://doi.org/10.33367/ji.v11i2.1728
Salsabila, Tiara. (2023). PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN 12 PANINJAUAN KECAMATAN X KOTO KABUPATEN TANAH DATAR (Vol. 4, Issue 1).
Mamoto, Samuel. DKK. (2023). DISIPLIN DALAM PENDIDIKAN. malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Qomaruddin. (2022). Manajemen Kesiswaan dalam Membentuk Karakter Siswa. JURNAL ILMU PENDIDIKAN ISLAM, 20(1), 76. https://doi.org/https://doi.org/10.3683 5/jipi.v20i1.3934
Sholeh, Badrus. & Husnan, Riyatul. (2020). Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kualitas Beragama Siswa MTs Unggulan Nuris Jember. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 63–74. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i1.22
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syaban, Marwan. (2019). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam. Al-Wardah, 12(2), 131. https://doi.org/10.46339/al-wardah.v12i2.141
Syafaruddin DKK. (2016). ADMINISTRASI PENDIDIKAN. Medan : Perdana Publishing
Tafsir, Ali. (2004). Ilmu Pendidikan dalam Prespektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Muhammad Idris. (2013). PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, dan Perkembangannya Masa Kini), Jurnal Al Hikmah Vol. XIV Nomor 1.
UU SISDIKNAS No.20 Tahun 2003
Wahyu, Virna Mutiara. (2019). Penerapan Reward Dan Punishment Sebagai Strategi Pembinaan Disiplin Santri Kelas XII Di Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta. In Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab (vol. 1, issue 1). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50078
Yuliana, Anaas Tri Ridlo Dina, dkk. (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA. https://ejurnal-stitpringsewu.ac.id/index.php/jmpi/article/download/276/191/720
Zulfa, Laila. Ngindana. (2020). Pesantren Dan Pelanggaran Ham (Studi Analisa Tentang Ta’zir dalam Pesantren Salafy). Jurnal Progress, 8 (1). DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v8i1.3447
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v7i22024p201
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.