Pengelolaan Kegiatan Kewirausahaan dalam Menumbuhkan Kreativitas Dan Inovatif Peserta Didik di SMK Sinar Husni BM 1 L Deli
Abstract
Abstract: The aim of this study is to determine how to foster students' creativity and innovativeness through entrepreneurial activities. Using observation, documentation, and interviews as data collection methods, this study uses a qualitative descriptive research methodology involving school principals, teachers, and students. The findings of this research are the management of entrepreneurial activities in fostering the creativity of students at SMK Sinar Husni 1 BM L Deli, namely: 1) Students are creative in generating new ideas, 2) Students are creative in developing ideas, 3) Students are creative in create business opportunities. And the management of entrepreneurial activities in growing innovation at SMK Sinar Husni 1 BM L Deli, namely: 1) Students learn innovation from existing experience, 2) Students can create new products, 3) Students can increase productivity, product/service quality and profit. This research reveals how managing entrepreneurial activities fosters creativity and innovation in students.
Keywords: Entrepreneurship, Creativity, Innovative
Abstrak: Tujuan dari studi ini adalah untuk menentukan bagaimana menumbuhkan kreativitas dan inovatif siswa melalui kegiatan kewirausahaan. Menggunakan pengamatan, dokumentasi, dan wawancara sebagai metode pengumpulan data, studi ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa. Adapun temuan penelitian ini ialah pengelolaan kegiatan kewirausahaan dalam menumbuhkan kreativitas peserta didik SMK Sinar Husni 1 BM L Deli, yaitu: 1) Peserta didik kreatif dalam melahirkan ide baru, 2) Peserta didik kreatif dalam mengembangkan ide-ide, 3) Peserta didik kreatif dalam menciptakan peluang usaha. Dan pengelolaan kegiatan kewirausahaan dalam menumbuhkan inovatif SMK Sinar Husni 1 BM L Deli, yaitu: 1) Peserta didik mempelajari inovasi dari pengalaman yang ada, 2) Peserta didik dapat menciptakan produk baru, 3) Peserta didik dapat meningkatkan produktivitas, kualitas produk/layanan serta keuntungan. Penelitian ini mengungkapkan bagaimana pengelolaan kegiatan kewirausahaan dalam menumbuhkan kreativitas dan inovatif peserta didik.
Kata kunci: Kewirausahaan, Kreativitas, Inovatif
Full Text:
PDFReferences
Abdjul, R., Soegoto, A. S., & Soepeno, D. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Pproduk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina Pada PT .Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3553–3562. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/21659
Asni, W., Vita, I., & Dadang, A. (2018). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Project Based Learning pada Siswa Kelas V SDIT LHI. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1430–1440.
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Bella, N., Sholeh, S., & Maryati, M. (2021). Pengelolaan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama. PeTeKa, 4(1), 384–389. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/4378
Chandra, Y. E. N., Rizal, S., Purwinarti, T., Wartiningsih, E., & Ginting, R. (2022). Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Kewirausahaan Melalui Pendekatan Motivation Learning. Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen, 19(2), 173–186. https://doi.org/10.29259/jmbt.v19i2.15827
Dewi Mahrani Rangkuty, Suryani Sajar, Ahmad Yazid, & Tarisya Alfadhilla. (2022). Analisis Peluang Usaha Berdasarkan Karakteristik Sosial Ekonomi Masyarakat Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 2(1), 100–108. https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.159
Dewi, S., Lukman, N., & Nana, H. (2018). Analisis Pengembangan Berpikir Kreatif Siswa pada Kegiatan Wirausaha di MI Amanah Kecamatan TurenAnalisis Pengembangan Berpikir Kreatif Siswa pada Kegiatan Wirausaha di MI Amanah Kecamatan Turen. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 39–46. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
Dichristina, M. (2016). A Success Story. Scientific American, 314(6), 4. https://doi.org/10.1038/scientificamerican0616-4
Ellya, F. F., Ramdhan, B., & Ratnasari, J. (2021). Profil Keterampilan Kreativitas dan Inovasi Pada Produk Peserta Didik Berbantuan Aplikasi Tiktok Di MAN 2 Kota Sukabumi. Biodik, 7(3), 114–122. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13418
Harnani, N. (2020). Model Pembelajaran Kewirausahaan Kreatif Melalui Praktek Usaha Dalam Menumbuhkan Kreatifitas Dan Inovatif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Winaya Mukti Kota Bandung). Sosiohumaniora, 22(1), 79–87. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i1.24510
Haryati, S. P. (2014). Peningkatan Kreativitas Berwirausaha Siswa Kelas XII Jasa Boga 1 Dalam Pengolahan Limbah Bandeng Sebagai Peluang Usaha Melalui Unit Produksi Di SMK Negeri 3 Pati. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 67–84.
Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik, dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111.
Hasanah, H., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Faizi, N., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Wijaya, A., Islam, U., Alauddin, N., Multidisiplin, K., Berbasis, P., & Informasi, T. (2023). Perkembangan Kreativitas Peserta Didik:Tinjauan Literatur dalam Konteks Kehidupan Abad Ke-21. 12(3), 143–154.
Kurniawan, E. D., Nopriyanti, N., & Darlius, D. (2021). Kefektifan Pembelajaran Berbasis Produk Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 6(2), 144–157. https://doi.org/10.21831/dinamika.v6i2.44134
Lee, A., Legood, A., Hughes, D., Tian, A. W., Newman, A., & Knight, C. (2020). Leadership, creativity and innovation: a meta-analytic review. European Journal of Work and Organizational Psychology, 29(1), 1–35. https://doi.org/10.1080/1359432X.2019.1661837
Mashudi, N. L. (2017). Implementasi manajemen kewirausahaan sekolah berbasis kreativitas dan inovatif di smk negeri 1 jabon, kabupaten sidoarjo. Seminar Iqra, 1(01), 887–905.
Miftitah, F. A. N., & Mashudi. (2023). Peluang Bisnis Bagi Umkm Di Era Digital (Studi Kasus Pada Umkm Sheo Sweet Di Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung). Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 2(1), 358–365.
Moya & Camacho. (2021). Design Principles of Mobile Learning Frameworks. International Journal of Mobile and Blended Learning, 13(1), 63–80. https://doi.org/https://doi.org/10.4018/IJMBL.2021010105
Naninsih, N., Syukur, A., Fatma, N., Misi, H. L., Makkira, M., & Fajriah, Y. (2023). Peluang Bisnis Baru Bagi Pelaku Usaha Di Kelurahan Sibatua Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Journal of Training and Community Service Adpertisi (Jtcsa), 3(1), 14–23. https://doi.org/10.62728/jtcsa.v3i1.336
Nasrullah, D. (2019). Modul Kewirausahaan. Modul Keperawatan, 39.
Novriyanto, T. S. . (2022). Perkembangan Peserta Didik. Pradina Pustaka.
Nurbudiyani, I. (2015). Manajemen Pengembangan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Siswa SMKN-2 Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 10(1), 9–16. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v10i1.590
Prasrihamni, M., Marini, A., Nafiah, M., & Surmilasari, N. (2022). Elementary School Education Innovation in the Implementation. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(April), 82–88. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/7540
Purwadhi, P. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968
Putri, Y. S., & Alberida, H. (2022). Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X Tahun Ajaran 2021/2022 di SMAN 1 Pariaman. Biodik, 8(2), 112–117. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.17356
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rahmawati, S., & Nugrahani, T. S. (2019). Pengembangan Pendekatan Kreatif Inovatif Untuk Meningkatan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(2), 129. https://doi.org/10.26740/jepk.v7n2.p129-144
Rintan, S. (2017). Jurnal kewirausahaan. Jurnal Kewiraushaan, 3, 1–14.
Santi, E. L. (2022). Inovasi Pembelajaran sebagai Strategi Peningkatan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Project Based Learning di Era Pandemi. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek), 2022: Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek), 446–452. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/snpbs/article/view/1791/1747
Semarang, U. (2022). IMPLIKASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT 1 ) Apa yang menjadi minat berwirausaha ? 2 ) Bagaimana Implikasi Pendidikan Kewirausahaan Pada ? 1 ) Untuk Menganalisa terhadap Minat berwirausaha Siswa . 2 ) Untuk Menganalisa Implikasi Pendidikan Kewira. 1(2), 26–30.
Sovania, E. (2022). Strategi Inovasi Dalam Mempertahankan Eksistensi Produk Umkm Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.30737/jaim.v6i1.2867
Sumual Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi, A. K. (2013). Pengaruh Knowledge Management Dan Corporate Culture Terhadap Inovasi ( Study Pada Bank Sulut Cabang Utama Manado). Jurnal EMBA, 617(Juni), 617–625.
Sunardi, S., & Sohib, S. (2020). Implementasi Manajemen Kewirausahaan dalam Meningkatkan Life Skill Santri di Pondok Pesantren Fathul Ulum Diwek Jombang. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 210–226. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v4i2.167
Sunarto, S. (2018). Pengembangan Kreativitas-Inovatif Dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2348
Syaefudin, U. (2012). Inovasi Pendidikan. Alfabeta.
Wiyono, H. D. (2020). Kreativitas Dan Inovasi Dalam Berwirausaha. Jurnal USAHA, 1(2), 19–25. https://doi.org/10.30998/juuk.v1i2.503
Yogi, A., & Jamaaluddin, J. (2022). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Negara. Entrepreneurship. http://eprints.umsida.ac.id/10686/%0Ahttp://eprints.umsida.ac.id/10686/1/PS_7B1_013_Moch Yogi Aditiya.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v7i22024p244
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.