Peningkatan Kompetensi Literasi Digital Siswa Pada Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan
Abstract
Abstract: The purpose of this study is to characterize how digital literacy competency has increased among students at SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan in PAI learning. Three areas are the focus of this research study: strategies for raising students' digital literacy competency in PAI learning, the efforts of PAI teachers to raise students' digital literacy competency in PAI learning, and factors that facilitate or obstruct students' growth in digital literacy competency in junior high school PAI learning. Percut Sei Tuan Negeri 1. Qualitative descriptive research methodology was employed in this study. In this study, document analysis, interviews, and observation were the methods employed for gathering data. The results of this research explain that as time goes by, PAI teachers must broaden their perspective regarding the roles that need to be taken in carrying out the educational process for their students. The learning process that occurs today cannot only be done in the classroom but can be done without limits. Therefore, the PAI teacher's job is not to prohibit students from gaining knowledge from outside the classroom, but rather to facilitate and guide students so that they are able to maximize the development of information as a means of obtaining knowledge while still upholding religious values.
Keywords: Islamic Religious Education, Digital Literacy, Technology
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan kompetensi literasi digital pada siswa SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam pembelajaran PAI. Ada tiga hal yang menjadi fokus kajian penelitian ini, yaitu strategi peningkatan kompetensi literasi digital siswa dalam pembelajaran PAI, upaya guru PAI dalam meningkatkan kompetensi literasi digital siswa dalam pembelajaran PAI, dan faktor-faktor yang memudahkan atau menghambat tumbuh kembang siswa dalam literasi digital. kompetensi pembelajaran PAI SMP. Percut Sei Tuan Negeri 1. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, analisis dokumen, wawancara, dan observasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian ini memperjelas bahwa guru PAI perlu memiliki pandangan yang lebih luas tentang peran yang perlu dimainkan dalam menyelesaikan pendidikan siswanya seiring berjalannya waktu. Proses pembelajaran saat ini tidak terbatas pada ruang kelas saja; itu bisa terjadi di mana saja. Oleh karena itu, peran guru PAI bukanlah melarang siswa belajar di luar kelas; melainkan untuk mendukung dan membimbing siswa agar mereka dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi sebagai alat untuk memperoleh pengetahuan dengan tetap menjaga prinsip-prinsip agama.
Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Literasi Digital, Teknologi
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, H. Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Cv Syakir Media Press.
Al-Utsaimin, M. B. S. (2010). Syarah Shahih Al-Bukhari 1. Darul Sunnah.
Anam, N. (2021). Manajemen Kurikulum Pembelajaran PAI. ”Ta’lim Diniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1 (2).
As-suyuthi, J. (2008). Sebab Turunnya Ayat Alqur’an. Gema Insani.
Asy Shabuni, M. ’Ali. (n.d.). Safwah at-Tafaasir Juz 3. Dar al-Fikr, T.th.
Azra, A. (2017). Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Peluang dan Tantangan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 6(4), 1–15. https://doi.org/10.32729/edukasi.v6i4.269
Baz, S. A. A. A. bin. (1997). Fathul Baari Penjelasan Kitab Shahih Al Bukhari. Maktabah Darussalam.
Daus, A. (2022). Pendidikan Agama Islam (Buku Ajar PTAI & Umum). PT.Indragiri.Com.
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609
Dimasqi, A. F. al H. ibn K. al. (n.d.). Tafsir Al Qur’an al ’Adzim Jilid 4. Dar al-Fikr, T.th.
Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam Pengertian Tujuan Dasar dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 17(2), 79–90.
Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1116/Menke (4), 1-22
Kemenag, R. (2019). Alqur’an dan Terjemahannya. Syamil Cipta Media.
Kurniawan, A. H. U. dan A. (2020). Literasi Digital dan Peran Strategis Net Generation dalam Membangun Konten Positif di Media Sosial. Integritas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116–119.
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Deepublish.
Masykur, & Solekhah, S. (2021). Tafsir Qur’an Surah Al-‘Alaq Ayat 1 Sampai 5. Jurnal Studi Keislaman, 2(2), 73–74.
Muflihin, A. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa sebagai Kecakapan Abad 21. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 91. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.91-103.
Ni’matuzahroh, S. P. (2018). Teori dan Aplikasi Dalam Psikologi. UMM Press.
Nurrizqi, A. (2021). Karakteristik Pendidikan Agama Islam di Madrasah Perspektif Kebijakan Pendidikan. 124–141.
Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis Kebijakan terkait Kebijakan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176–180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.123
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an Volume 15. Lentera Hati.
Shihab, M. Q. (2005). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an Volume 14.. Lentera Hati.
Sumiati, E., W. (2020). Manfaat Literasi Digital bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan pada saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2).
Suyadi, H. M. dan. (2020). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5 (1).
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.