Manajemen Peserta Didik Melalui Peran Guru dalam Upaya Peningkatan Karakter Disiplin Siswa SMA PAB 4 Melalui Pendidikan Agama Islam
Abstract
Abstract: Student discipline is a matter of obeying the rules in all aspects of life. Student discipline is very influential in life in managing whatever they want to do according to their time. However, currently there are still many individuals who are negligent in disciplining their time, especially students who are still in the process of studying. In reality, many students come to school late and do not comply with the rules made by the school. So this research aims to examine the duties of Islamic religious education teachers in improving student discipline, specifically at SMA PAB 4 Sampali. This study used qualitative research methods. The data collection technique in this research is by observation, interviews and documentation. The data analysis techniques used are data reduction, namely summarizing, data presentation, namely choosing the main things, or focusing on the important things, and drawing conclusions. The findings of this research show that Islamic religious education teachers are well-known as educators who guide students in terms of discipline such as giving advice on the importance of discipline, giving warnings to students who are not disciplined and giving punishments according to violations committed by students.
Keywords: Student Management, Discipline, PAI
Abstrak: Disiplin siswa adalah soal mentaati peraturan dalam segala aspek kehidupan. Disiplin siswa sangat berpengaruh dalam kehidupan dalam mengatur apapun yang ingin dilakukannya sesuai dengan waktunya. Namun saat ini masih banyak oknum yang lalai dalam mendisiplinkan waktunya, terutama para pelajar yang masih dalam proses belajar. Kenyataannya banyak siswa yang datang terlambat ke sekolah dan tidak mematuhi peraturan yang dibuat oleh sekolah. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tugas guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa khususnya di SMA PAB 4 Sampali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data yaitu merangkum, penyajian data yaitu memilih hal-hal yang pokok, atau memusatkan perhatian pada hal-hal yang penting, dan menarik kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam terkenal sebagai pendidik yang membimbing peserta didik dalam hal kedisiplinan seperti memberi nasehat pentingnya disiplin, memberi teguran kepada peserta didik yang tidak disiplin dan memberikan hukuman sesuai pelanggaran yang dilakukan. siswa.
Kata kunci: Manajemen Siswa, Disiplin, PAIFull Text:
PDFReferences
Agustin, T. T., Widodo, A., Andyastuti, E., Hidayat, R., Pristiani, Y. D., Hajuan, M. A., & Sorong,
U. M. (2024). Faktor Penyebab Keterlambatan Siswa dalam Melanjutkan Pendidikan Tinggi di Kota Sorong. 11(1), 101–110.
Arifandi, A. S. D. (2017). Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Siswa. Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(1), 66–75. https://doi.org/10.36835/edukais.2017.1.1.66-75
Asqalani, Ibnu Hajar al-. Fathul Barri Syarah. Jakarta: PustakaAzzam, 2015
Departemen Agama RI, Drijen Kelembangaan Agama Islam, (Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: 2002), 7
Drajat, Z. and dkk (eds.) (2006). Ilmu Pendidikan Islam, Drajat, Z. and dkk (eds.) (Jakarta: Bumi Aksara), 28–28.
Embong, M. (2021). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas Viii. Jurnal Kependidikan Media, 10, 02.
Harahap, A. C. P., Ritonga, R. R., Syahputri, S., Dewi, A., Dewi, I. K., & Batubara, M. A. (2023). Pelaksanaan Kunjungan Rumah Dalam Mengatasi Masalah Keterlambatan Siswa di Sekolah SMA YP Utama Medan. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 550–554. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i3.2782
Hasyim, A. F. (2023). Hubungan Pemahaman Hadis Menghargai Waktu. Jurnal Stiudi Hadis Nusantara, 5(1), 93–103.
Karyanto, D. (2019). Upaya Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah Pertama. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(2), 97–103. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i2.2873
Kementerian Agama RI, (2019) Al-Qur’an dan terjemahannya.
Khairi, K., Samsukdin, S., & Hairoh, H. (2023). Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. IJRC: Indonesian Journal of Religion Center, 1(1), 23–33. https://doi.org/10.61214/ijrc.v1i1.33
Laili Zufiroh, dkk, “Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Era Society 5.0”, Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, Vol. 9, No. 1, 2023, 82-83.
Murni, V., Kertih, W., Yudana, M., & Pendidikan Ganesha, U. (2022). Peran Guru Ppkn Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sekolah (Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Cibal, Kec Cibal, Kab Manggarai). https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JMPPPKn/index
Nafeesa, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53. https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9884
Ridwan A Sani dan Muhammad Kadri, Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami (Jakarta: Bumi Aksara, 2016), hal. 385
Sakinah. (2019). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 8(5), 55
P. D. Sugiyono, “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D,” Penerbit CV. Alf. Bandung, 2018
Sugiyono, P.D.(2022). Metode Penelitian Kualitatif (S.E. Sofia Yustriani Suryandari (ed); kelima). CV.Alfabeta.
Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), 36
Usman, U. (2021). Strategi Guru PAI dalam Menamamkan Kedisiplinan Siswa di MAN 1 Buton Tengah. El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 89–98. http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/213%0Ahttp://journal.parahikma.ac.id/el- idarah/article/download/213/99
Wulandari, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah PPKn IKIP Veteran Semarang 2, 46–46
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.