PEMBERDAYAAN TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA BATU: STUDI DESKRIPTIF

Imam Gunawan, Teguh Triwiyanto, Desi Eri Kusumaningrum, Muhammad Romady, Mutya Alfarina, Riski Ariska Widiana

Abstract


Abstract: Empowerment is the key to an organization’s increasing productivity and organizational performance. Schools as educational organizations have human resources (HR) that handle administrative services, which are commonly called School Administration Staff (SAS). The question posed in this research is how high is the level of empowerment of the SAS Junior High School Batu City? To answer the research question, this study uses a quantitative research approach. The research sample was SAS Junior High School Batu City with a total of 25 people. To measure indicators of level of empowerment of SAS by using a questionnaire developed by Kusumaningrum et al., (2017a). The research data were analyzed using descriptive statistics, namely by calculating the mean, standard deviation, and category description of each item. The results of the data analysis concluded that the empowerment level of the SAS Junior High School Batu City with the highest frequency of 9 people (36%) was in the good category and the average score was 70.2. Based on the description analysis category each item is known from 23 items, there are 7 items (30.43%) included in the low category, and 16 items (69.57%) are included in the high category.

 

Keywords: empowerment, school administration staff

 

Abstrak: Pemberdayaan merupakan kunci organisasi meningkatkan produktivitas dan kinerja organisasi. Sekolah sebagai organisasi pendidikan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang menangani layanan administrasi, yang lazim disebut Tenaga Administrasi Sekolah (TAS). Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalah seberapa tinggi tingkat pemberdayaan TAS SMP Kota Batu? Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah TAS SMP Kota Batu dengan jumlah 25 orang. Untuk mengukur indikator tingkat pemberdayaan TAS dengan menggunakan angket yang dikembangkan oleh Kusumaningrum dkk., (2017a). Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif, yaitu dengan menghitung rerata, deviasi standar, dan deskripsi kategori setiap item. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa tingkat pemberdayaan TAS SMP Kota Batu dengan frekuensi tertinggi 9 orang (36%) termasuk dalam kategori baik dan rerata skor sebesar 70,2. Berdasarkan analisis deskripsi kategori setiap item diketahui dari 23 item terdapat 7 item (30,43%) termasuk dalam kategori rendah, dan 16 item (69,57%) termasuk dalam kategori tinggi.

 

Kata kunci: pemberdayaan, tenaga administrasi sekolah


Full Text:

PDF

References


Benty, D. D. N., dan Gunawan, I. 2015. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat. Malang: Universitas Negeri Malang, UM Press.

Gunawan, I. 2013. Statistika untuk Kependidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Ombak Yogyakarta.

Gunawan, I. 2016a. Model of Educational Leadership in the Implementation of Curriculum 2013. Proceedings The 4th International Conference Language, Society, and Culture in Asian Contexts (LSCAC 2016) on Cultivating and Casting Asian Diversities: Empowering the Asians, Universitas Negeri Malang, Malang, 24 s.d. 25 Mei, hlm. 1109-1118.

Gunawan, I. 2016b. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Rajawali Pers.

Gunawan, I. 2017a. Indonesian Curriculum 2013: Instructional Management, Obstacles Faced by Teachers in Implementation and the Way Forward. Proceeding 3rd International Conference on Education and Training (3rd ICET) 2017, Theme: Global and Local Based Education and Training, Faculty of Education State University of Malang, Published by Atlantis Press, September 30 – Oktober 1, hlm. 56-63.

Gunawan, I. 2017b. Landasan Dasar Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang, UM Press.

Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2007. Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manajemen Pendidikan, 20(1), 21-31.

Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., dan Kusumaningrum, D. E. 2018. Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 128-135.

Hardina, D., Middleton, J., Montana, S., dan Simpson, R. A. 2007. An Empowering Approach to Managing Social Service Organizations. New York: Springer Publishing Company.

Kreither, R., dan Kinicki, A. 2010. Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Kusmintardjo, dan Gunawan, I. 2017. Manajemen Layanan Khusus. Malang: Universitas Negeri Malang, UM Press.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., dan Gunawan, I. 2017a. Pengembangan Model Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren dengan Pendekatan Soft System Methodology. Laporan penelitian tidak diterbitkan (tahun pertama). Malang: LP2M Universitas Negeri Malang.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., dan Gunawan, I. 2017b. Pemberdayaan Tenaga Administrasi Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sinergitas Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Penguatan Pendidikan Karakter, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Malang, 16 November, hlm. 127-138.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., dan Gunawan, I. 2018. Empowering the Principal of Boarding House-Based Junior High School in East Java Province Indonesia. Proceeding 3rd International Conference on Education Management and Administration (CoEMA 2018), Theme: The Challenges of Education and Technology in Global and Local Era, Faculty of Education State University of Malang, Published by Atlantis Press, 6-7 Oktober, hlm. 147-151.

Mahri, A. J. W. 2004. Implementasi Pengintegrasian Pola Pemberdayaan Guru Sukwan, (Online), (http://jurnal.upi.edu/file/A._Jajang_M_.pdf), diakses 2 Mei 2017.

Mursidik, E. M., Tryanasari, D., dan Gunawan, I. 2013. Pengembangan Buku Pedoman Microteaching Berbasis Lesson Study Prodi PGSD FIP IKIP PGRI MADIUN. Jurnal Pendidikan, 19(1), 1-26.

Özarall, N. 2015. Linking Empowering Leader to Creativity: The Moderating Role of Psychological (Felt) Empowerment, (Online), International Conference on Leadership, Technology and Innovation Management, Procedia - Social and Behavioral Sciences, hlm. 447-454, (http://www.sciencedirect.com), diakses 13 Oktober 2015.

Pertiwi, A. K., Cahyani, S. S. A., Diana, R. C., dan Gunawan, I. 2018. Analisis Interaksi Simbolik Kyai dan Santri dalam Perspektif Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Etika. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 185-191.

Sudayat, A. T., Ulfatin, N., dan Sobri, A. Y. 2014. Pemberdayaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Sekolah Inklusi. Ilmu Pendidikan, 41(2), 109-115.

Surya, P. 2012. Peran Penting Tenaga Administrasi Sekolah dalam Penguatan Budaya Sekolah untuk Implementasi Pendidikan Karakter. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional dan Temu Alumni Dies Natalis ke-48 UNY Tahun 2012, Tema Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membangun Bangsa, Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 5 Mei.

Sudharta, V. A, Mujiati, M., Rosidah, A., dan Gunawan, I. 2017. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Perspektif Psikologi. Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 109-123.

Sultoni, Gunawan, I., dan Rosalinda, T. N. 2018a. Pengaruh Pembentukan Tim dan Kepemimpinan Spiritual terhadap Motivasi Diri Mahasiswa. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 210-216.

Sultoni, Gunawan, I., dan Sari, D. N. 2018b. Pengaruh Etika Profesional terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 279-283.

Wibowo, C. H. 2015. Problematika Profesi Guru dan Solusinya bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan di MTs Negeri Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri. Thesis. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Wiyono, B. B., dan Sunarni. 2009. Evaluasi Program Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Imam Gunawan, Teguh Triwiyanto, Desi Eri Kusumaningrum, Muhammad Romady, Mutya Alfarina, Riski Ariska Widiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.