Analisis SWOT Ketercapaian Tujuan Dibentuknya KOSP Berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Swasta IT Ad Durrah Marelan
Abstract
Keywords: SWOT Analysis; KOSP;Independent Curriculum
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mendeskripsikan Ketercapaian dibentuknya KOSP dengan cara menggunakan analisis SWOT , Mengetahui peran kepemimpinan dalam mengatasi kesulitan guru, siswa dan orang tua mengenai program kurikulum merdeka. metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dengan pendekatan studi Pustaka (library research), yaitu metode penelitian yang menganalisa suatu topik dari kumpulan data yang ditemukan dari berbagai literatur dan dilaksanakan di Smp Swasta It Ad Durrah Marelan. Adapun analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Analisis Swot ketercapaian di bentuk nya Kosp diantaranya strengths: kemampuan guru yang masih berusia produktif, sosio kultur masyarakat dan dukungan masyarat. Opportunities: Smp It Ad durrah sudah menjadi sekolah penggerak, tidak banyak sekolah it yang fokus implementasi kurikulum merdeka dan life skill peserta didik. Weakness: mengubah mindset guru yang masih statis menjadi dinamis, membuat pemahaman orang tua belajar tidak harus dikelas, anggaran dan sarana prasaran. threats: Proses transisi yang masih banyak membuat pemhaman orang tua dan masyarakat kurang menerima bahwa bekajar tidak harus di dalam kelas. Untuk ketercapaian tujuan dibentuk nya Kosp dapat dilihat dari rapot hasil belajar siswa, Raport P5, dan Raport pendidikan sekolah.
Kata kunci: Analisis SWOT; KOSP; Kurikulum Merdeka
Full Text:
PDFReferences
Budiman, Y. K., Muazza, M., Rahman, K. A., & Mailina, W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Satuan Paud Sekolah Penggerak TK Khalifah Kota Jambi. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i1.26568
Dwi Jayanti Pramesti Lestari, P., Bahrozi, I., Yuliana, I., & Al-Azhar Menganti, S. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 9(3). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Elizabeth Patras, Y., Iqbal, A., Rahman, Y., Universitas Pakuan, P., Bahasa Arab MTs Assalam, G., SDN Kopo, K., & Matematika MTs Al-Mu, G. (2019). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah Dan Tantangannya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2).
Eny Junyanti. (2024). Kurikulum Merdeka Sebagai Jawaban Tantangan Global. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 201–206. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2758
FITRIANI. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Di Smp Karya Indah Kecamatan Tapung. Jurnal PeKA, Vol 4 No 2.
Hariani, & kamil. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas XI SMA Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research.
Hasan, M., Tuti Khairani Harahap, Mp., Syahrial Hasibuan, Ms., Iesyah Rodliyah, M., Sitti Zuhaerah Thalhah, Mp., Cecep Ucu Rakhman, Mp., Paskalina Widiastuti Ratnaningsih, M., Inanna, Mh., Andi Aris Mattunruang, Mp. S., Nursaeni, Mp., Yusriani, Mp., Nahriana, Mk., Dumaris Silalahi, Mp. E., Dra Sitti Hajerah Hasyim, Mp., Azwar Rahmat, Ms., Yetty Faridatul Ulfah, Mtp., & Nur Arisah, Mh. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (hasan muhammad, Ed.). tahta media goup.
Hazimah, G. F., Cahyani, S. A., Azizah, S. N., & Prihantini, P. (2022). Pengelolaan Kurikulum dan Sarana Prasarana Sebagai Penunjang Keberhasilan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(2), 121–129. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.44591
Irmawan, D. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sd Negeri Pasirjeungjing. Universitas Pendidikan Indonesia.
Kuwoto, M. A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah Di Sma Pasundan 2 Kota Cimahi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Martatiyana, D. R., Derlis, A., Aviarizki, H. W., Jurdil, R. R., Andayani, T., & Hidayat, O. S. (2023). ANALISIS KOMPARASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN KURIKULUM 2013. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 96. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.11600
Mayang, A., Astuti, I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). In Anissa Mayang Indri) Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 17, Issue 2).
Merliza, P. M. (2022). Pelatihan Materi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Bagian 1 Bagi Komite Pembelajaran Sekolah Penggerak Angkatan 2. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS).
Mukhlasin, A., & Pasaribu, M. H. (2020). Analisis Swot Dalam Membuat Keputusan Dan Mengambil Kebijakan Yang Tepat. Journal Research and Education Studies, 1(1).
Ningrum, A. S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar (Metode Belajar). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR, Volume 1 | Nomor 1. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186
Nur Rahma, S., & Hindun. (2023). Efektivitas Kurikulum Merdeka Dalam Proses Pembelajaran Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia Reduplikas. Http://Ejurnal.Pps.Ung.Ac.Id/Index.Php/Reduplikasi/
Oktavia, S., Wati, A., & Andari, S. (2023). Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sma Pertiwi 1 Padang. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Volume 11. No 4.
Pratiwi, W., Hidayat, S., & Suherman. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Kurikulum Masa Kini (Merdeka Curriculum As The Current Curriculum). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 10(1).
Qomarullah, R., Wulandari, L. S., & Suratni, S. (2023). Filsafat Kurikulum Merdeka Dan Kemandirian Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 103–112.
Ramadina, E. (2024). Kurikulum Merdeka Planning In Schools: Case Study At Sma N 1 Kalidawir. Inovasi Kurikulum, 21(1), 529–544. Https://Doi.Org/10.17509/Jik.V21i1.66012
Rokhimawan, M. A. (2015). Analisis Swot Kurikulum Prodi Pgmi Menyongsong Pembangunan Uin Sun An Kalijaga Yogyakarta 2038 Yang Bervisi Integrasi-Interkonektif. Al bidayah, volume 7 no 1.
Rubiherlan, Y., Pristi, M., Nursanti, F. E., Handayani, S., & Muchtar, H. S. (2024). Pemanfaatan Rapor Pendidikan Pada Pengembangan Program di SDN Puncak 2. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id?login,
Siahaan, A. (2018). Kepemimpinan Pendidikan ( fadhli muhammad & zen lius, Eds.). cv. widya puspita.
Siahaan, A., Akmalia, R., Amelia, Y., Wulandari, T., Aulia Fahra hrp, S., & Pasaribu, K. (2023). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal on Education.
Siahaan, A., & lius zen, wahyuli. (2012). Manajemen perubahan ( tien rafida, Ed.). citapustaka media perintis.
siahaan. Amiruddin, W, khairuddin, & irwan, nasution. (2006). Manajemen pendidikan berbasis sekolah. quantum teaching.
Siregar, I., Munte, R. S., Mukhtar, MY, M., & Anwar, K. (2024). ISU-Isu Global Kurikulum Merdeka Dan Pemagangan Life Skill World Class Education. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 4.
Sucipto, Sukri, M., Elizabeth Patras, Y., & Novita, L. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 12 Nomor 1.
Wahyuni, E. (2023). Jurnal Cendikia Pendidikan Dasar Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah. 1(2), 52–58. Https://Doi.Org/10.24036
Zakso, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 916. Https://Doi.Org/10.26418/J-Psh.V13i2.65142
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.