MANAJEMEN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PESERTA DIDIK DI KAMPOENG KIDZ

Sinta Septia Anggra Cahyani, Agus Timan, Sultoni Sultoni

Abstract


Abstract: This study aims to describe the planning, organization, implementation, supervision and evaluation of entrepreneurship training for students in Kampoeng Kidz. This study used a qualitative approach through case study design. Data was collected through in-depth interviews, participant observation, and documentation studies. The results of the study show: (1) The planned aspects involved human capital, finance, production and markets. Planning steps start with SWOT analysis, determination of business targets, and strategies. Training program was done in Kampoeng Kidz under the Foundation finance resonsibility; (2) the parties involved in the activity include foundations, principals and teachers, alumni, and students. Placement according to talent and interests; (3) the training consists of visitor services and production carried out every day. Giving motivation from the dream book. The supporting factors are the environment, the inhibiting factor is regeneration; (4) Monitoring and evaluation are carried out daily. The supervised aspect is the compatibility between implementation and SOP (POS). The assessed aspects are Pray, Attitude, Knowledge, Skill and Action (PAKSA). The evaluations are informed at students report.

Keywords: management, training, entrepreneurship

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi pelatihan kewirausahaan bagi peserta didik di Kampoeng Kidz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi berperan serta, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aspek yang direncanakan yaitu human capital, keuangan, produksi dan pasar. Langkah-langkah perencanaan dengan analisis SWOT, penentuan target usaha, dan strategi. Tempat pelatihan yaitu Kampoeng Kidz. Biaya pelatihan ditanggung oleh yayasan; (2) pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut yaitu yayasan, kepala sekolah dan guru, alumni, serta peserta didik. Penempatan sesuai dengan bakat dan minat; (3) Pelatihan berupa pelayanan pengunjung dan produksi yang dilakukan setiap hari. Pemberian motivasi dari dream book. Faktor pendukung yaitu lingkungan, sedangkan faktor penghambat yaitu regenerasi; (4) Pengawasan dan evaluasi dilakukan setiap hari secara langsung. Aspek yang diawasi yaitu kesesuaian dengan SOP (POS). Aspek yang dinilai meliputi Pray, Attitude, Knowledge, Skill and Action (PAKSA). Hasil evaluasi dilaporkan di rapor peserta didik.

Kata Kunci: manajemen, pelatihan, kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Aditya, R., Utami, H.N., & Ruhana, I. 2015. Pengaruh Pelatihan terhadap Kompetensi dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, (Online), 2(27):1-6, (http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1097/1280), diakses 15 desember 2018.

Adyana, G.L.A., & Purnami, N.M. 2016. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, dan Locus of Control pada Niat Berwirausaha. Jurnal Manajemen, (Online), 2(5):1160-1188, (https://media.neliti.com/media/publications/253915-pengaruh-pendidikan-kewirausahaan-self-e-18441d7f.pdf), diakses 15 Desember 2018.

Anggraeni, D.A.L., & Nurcaya, I.N. 2016. Peran Efikasi Diri dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Niat Berwirausaha. Jurnal Manajemen, (Online), 4(5):2424-2453, (http://media.neliti.com/media/publications/241653-peran-efikasi-diri-dalam-memediasi-penga-8ce105b1.pdf), diakses 15 Desember 2018.

Badan Pusat Statistika. 2017. Angka Pengangguran 2017. (Online), (https://bps.go.id/Brs/view/id/1376 ), diakses 8 Desember 2017.

Gunawan, I. & Benty, D.D.N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Juharyanto. 2017. Kepemimpinan Unggul Kepala Sekolah Dasar Daerah Terpencil (Studi Multisitus pada Sekolah Dasar di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan, (Online), 26(1):89-100, (http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1334/700), diakses pada 29 November 2018.

Kurniadin, D., & Machali, I. 2009. Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Mangkunegara, A.M. 2014. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.

Manulang, M. 2002. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mulyani, E. 2011. Model Pendidikan Kewirausahaan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, (Online), 8(1):1-18, (https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/705/568), diakses 15 Desember 2018.

Nurbudiyani, I. 2013. Model Pembelajaran Kewirausahaan dengan Media Koperasi Sekolah di SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen. Jurnal Pendidikan Vokasi, (Online), 1(3):53-67, (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1577/1303), diakses 15 Desember 2018.

Saroni, M. 2012. Mendidik dan Melatih Entrepreneur Muda (Membuka Kesadaran Atas Pentingnya Kewirausahaan Bagi Anak Didik). Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Siswoyo, B.B. 2009. Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Dikalangan Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Bisnis, (Online), 2(2009):114-123, (http://fe.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/bambang_banu4.pdf), diakses 8 Desember 2017.

Soemanto, W. 2002. Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suwatno & Donni. 2011. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Usman, H. & Raharjo, N.E. 2012. Model Pendidikan Karakter Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, (Online), 21(2):140-147, (https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/2940/2756), diakses 15 Desember 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i22019p1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sinta Septia Anggra Cahyani, Agus Timan, Sultoni Sultoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.