HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Messia Luki Kartikasari, Sultoni Sultoni, Raden Bambang Sumarsono

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to describe: (1) the level of participation of extracurricular activities of SMPN Trenggalek district students; (2) the level of learning achievement of SMPN Trenggalek district students; (3) the relationship between the participation of extracurricular activities and the students’ learning achievements of SMPN Treggalek district. This study used a quantitative approach with a simple linear regression design. The sampling technique used in this study was cluster sampling by taking a representative from each region contained in the population. The sample for the participation of extracurricular activities was 284 students from a population of 978 students which located in SMPN Trenggalek district. The instrument used in data collection was in the form of a questionnaire. The data analysis technique used in this study was descriptive technique, simple linear regression. The conclusions of this study were: (1) the level of participation of extracurricular activities of SMPN Trenggalek students was in the medium category; (2) the level of learning achievements of SMPN Trenggalek students was in the medium category; (3) simultaneously, there was a positive relationship between the participation of extracurricular activities with students’ learning achievements of SMPN Trenggalek district.

 

Keyword: participation of extracurricular activities; learning achievement

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) tingkat keikutsertaan peserta didik pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek; (2) tingkat prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek; (3) hubungan tingkat keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan regresi linier sederhana. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik area (cluster) sampling yaitu teknik sampling dengan mengambil wakil dari setiap wilayah yang terdapat dalam populasi tersebut. Sampel keikutsertaan kegiatan ekstrkurikuler terdapat 284 peserta didik dari populasi sejumlah 978 peserta didik dengan lokasi penelitian di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yakni berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik deskriptif, dan regresi linier sederhana. Simpulan penelitian ini yaitu: (1) tingkat keikutsertaan peserta didik pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek dalam kategori sedang; (2) tingkat prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek dalam kategori sedang; (3) secara simultan terdapat hubungan yag positif antara tingkat keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek.

 

Kata Kunci: keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler; prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 1990. Evaluasi Instruksional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Cahyandaru, H. 2013. Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN Yogyakarta. (Online). (https://eprints.uny.ac.id/10525/) diakses 11 Mei 2019

Djamarah, S. B. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

Fatimah, M. 2019. Hubungan Antara Kegiatan Ekstrakurikuler Dengan Kesiapan Karir (Career Readness) Siswa, (Online), (jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/download/17857/12759) diakses 15 Juli 2019

Firdaus. 2012. Metode Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa

Hardianus, D. 2014. Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Dengan Prestasi Belajar Siswa Smk Perindustrian Yogyakarta, (Online), (http://eprints.uny.ac.id/25517/1/Defri%20Hardianus%2007504244007.pdf)diakses pada 09 april 2018

Hasibuan, J. J. &Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV Remaja Rosdakarya

Inriani, Y. 2017. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar IPS Melalui Motivasi Belajar. (Online) Vol.2, No.7, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9685/4580), diakses pada 14 juli 2019

Kadir, A. 2010. Misteri Otak Kiri Manusia. Yogyakarta: DIVA Press

Nasehuddin, A. 2010. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler TerhadapPrestasi Belajar Siswa MTs. Negeri Pagedangan, (Online), (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/21502/1/AHMAD%NASEHUDDIN-FTK.pdf), diakses pada 12 Maret 2018

Partiningsih. 2017. Hubungan Antara Keaktifan Mengikuti Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (Rohis) dengan Minat Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. (Online). (http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1212) Diakses 11 Mei 2019

Putra, A.J. 2012. Pengaruh Minat dan Motivasi Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Musik Terhadap Prestasi Belajar Seni Budaya di SMPN 1 Wates. (Online). (http://eprints.ums.ac.id/28820/ig/NASKAH_PUBLIKASI.pdf) Diakses 11 Mei 2019

Rusmiaty. 2010. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa MAN Pinrang. (Online), (https://docplayer.info/67960202-Pengaruh-kegiatan-ekstrakurikuler-terhadap-prestasi-belajar-siswa-man-pinrang-html) Diakses 11 Mei 2019

Shaputra, L.W. 2016. Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Kepribadian Siswa Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Pajangan Bantul. (Online), (journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/sipil/article/download/2934/2545) diakses pada 14 Juli 2019

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, M. 2007. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisyi

Wiyono, B.B. 2007. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Action Research). Malang Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Zulkarnain, W. 2015. Layanan Khusus Peserta Didik. Malang: Universitas Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i32019p83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Messia Luki Kartikasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.