MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Devita Fahrilyani, Maisyaroh Maisyaroh, Desi Eri Kusumaningrum

Abstract


Abstract: This study aims to describe the character development planning of students, organizing character building of students, implementing character building for students, supporting factors and inhibiting the character building of students, participation of participants. This study uses qualitative and type of case study research. Data collection techniques in this study used interview, observation and documentation techniques. The results of this study are character building planning which begins with the implementation of the working meeting, organizing character coaching with the division of tasks, authorities and responsibilities of the parties involved, the implementation of character development is carried out by direct assistance and transfer, supporting factors in consultation activities and participation from students, teachers and employees, the level of trust of participants, and sponsors. The inhibiting factor is lazy students, the physical condition of students who are less healthy and increasingly busy. The solution given when conducting intense communication with presentations and activities that will be discussed will be carried out by students. Evaluation of student character development is carried out once a week in the teacher council meeting. The role of the principal as the culmination of policy, the principal is also the leader, responsible for activities as well as an innovator. The teacher also acts as a companion during the activity and as an example in implementing good roles.

 

Keywords: management, character building, students

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembinaan karakter peserta didik, pengorganisasian pembinaan karakter peserta didik, pelaksanaan pembinaan karakter peserta didik, faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter peserta didik, evaluasi pelaksanaan pembinaan karakter peserta didik, peran kepala sekolah dan guru dalam pelaksanaan pembinaan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan pembinaan karakter diawali dengan pelaksanaan raker, pengorganisasian pembinaan karakter yakni dengan pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab dari pihak yang terlibat, pelaksanaan pembinaan karakter dilakukan dengan pendampingan dan pemantauan langsung, faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan ialah partisipasi dan keikutsertaan dari peserta didik, guru dan karyawan, tingkat kepercayaan orangtua, dan sponsorship. Faktor penghambatnya yaitu peserta didik yang malas/lambat, kondisi fisik peserta didik yang kurang sehat dan orangtua yang terlalu sibuk. Solusi yang diberikan yakni melakukan komunikasi yang intens terhadap orangtua dan selalu mengingatkan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh peserta didik. Evaluasi pembinaan karakter peserta didik dilaksanakan satu minggu sekali dalam rapat dewan guru. Peran kepala sekolah yakni sebagai puncak kebijakan, kepala sekolah juga sebagai pemimpin, penanggung jawab kegiatan sekaligus sebagai inovator. Guru juga berperan sebagai pendamping selama kegiatan berlangsung dan sebagai teladan dalam menerapkan perilaku yang baik.

 

Kata kunci: manajemen, pembinaan karakter, peserta didik


Full Text:

PDF

References


Fattah, N. 2009. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gunawan, I. dan Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Hermino, A. 2013. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Psikologis Siswa Menengah Pertama di Era Globalisasi dan Multikultural. Jurnal Administrasi Pendidikan, (Online), No. 2, Vol. 24, (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/volume-24-no.-223-33.pdf), diakses 9 April 2018.

Hernawan, H. 2008. Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Imron, A. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniadin, D. & Machali, I. 2012. Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Marini, A. 2017. Character Building Through Teaching Learning Process: Lesson in Indonesia: International Journal of Sciences and Reseacrh, 73 (5) 177-182. Dari https://www.researchgate.net/publication/317649293_CHARACTER_BUILDING_THROUGH_TEACHING_LEARNING_PROCESS_LESSON_IN_INDONESIA/download.

Mulyono, M. A. 2010. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwanto, N. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Riduwan. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Samani, M. dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sarros, J.C., dan Cooper, B.K. 2006. Building Character: A Leadership Essesntial: Journal of Business and Psychology, 21 (1) 1-22. Dari libgen.io/scimag/get.php?doi=10.1007/s10869-005-9020-3.

Tim Pakar Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang. 2002. Manajemen Pendidikan Wacana, Proses, dan Aplikasinya di Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ubaidah, S. 2012. Manajemen Ekstrakuriruler dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/56738-ID-manajemen-ekstrakurikuler-dalam-meningka.pdf), diakses 18 Juni 2019.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2014. Bandung: Citra Umbara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i42019p204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Devita Fahrilyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.