MUATAN LIFE SKILLS DALAM KURIKULUM 2013 DAN MANAJEMEN PEMBELAJARANNYA
Abstract
Abstract: the purpose of this research was to describe the charge life skills curriculum in 2013 and the lesson that in the primary management of muhammadiyah malang 9. This study used a qualitative approach. The data collected by the method of interview, observation, and documentation. The results of this research are (1) the structure of the curriculum applied in 2013 SD Muhammadiyah Malang 9 which includes basic competencies, core competencies, the subjects, and the burden of learning (2) types of life skills curriculum is contained in what the 2013 in SD Muhammadiyah Malang 9 which includes social skills and personal skills (3) setting a variety of life skills learning activities in the in SD Muhammadiyah Malang 9 covers personal skills and social skills (4) learning resources used for optimization of the curriculum learning-laden social skills and personal skills in SD Muhammadiyah Malang 9.
Keywords: life skills, curriculum, learning management
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan muatan life skills dalam kurikulum 2013 dan manajemen pembelajarannya di sd muhammadiyah 9 malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) struktur kurikulum 2013 yang diterapkan di SD Muhammadiyah 9 Malang yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, mata pelajaran, dan beban belajar (2) jenis-jenis life skills apa yang termuat dalam kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 9 Malang yang mencakup kecakapan personal dan kecakapan sosial (3) pengaturan macam-macam life skills tersebut dalam kegiatan pembelajaran di SD Muhammadiyah 9 Malang mencakup kecakapan personal dan kecakapan sosial (4) sumber-sumber belajar yang digunakan untuk optimalisasi pembelajaran kurikulum yang bermuatan kecakapan personal dan kecakapan sosial di SD Muhammadiyah 9 Malang.
Kata Kunci: life skills, kurikulum, manajemen pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2007. Konsep Pengembangan Model Integrasi Kurikulum Pendidikan Kecakapan Hidup (Pendidikan Menengah). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nizhomi, B. 2014. Integrasi General Life Skill dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. (Online)( digilib.uin-suka.ac.id/id/file/120140), 15 Februari 2018
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (Online), (http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_67_13_lampiran.pdf), diakses 7 Maret 2019
Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah. (Online), (https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/kecil/wp-content/uploads/2018/12/Permendikbud-No-23-Tahun-2017-tentang-Hari-Sekolah.pdf), diakses 21 Juli 2019.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Wahab, R. 2012. Reformulasi Inovasi Kurikulum: Kajian Life Skill Untuk Mengantarkan Peserta Didik Menjadi Warga Negara Yang Sukses. (Online), (http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/download/33/28) diakses 15 Februari 2018.
Yuliwulanda, N. 2017. Pengembangan Muatan Kecakapan Hidup (Life Skill) Pada Pembelajaran Di Sekolah. (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php), diakses 15 Februari 2018
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i32019p107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 desydwi akhadiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.