Masalah Leksis dalam Bahasantara

Nur Mukminatien

Abstract


Leksis adalah salah satu unsur bahasa yang diperoleh oleh pembelajar bahasa pada tahap-tahap awal baik oleh pembelajar bahasa ibu (B1) maupun bahasa kedua/asing (B2). Dalam proses pemerolehan B2, terbukti bahwa pembelajar tidak hanya menghadapi masalah kesalahan struktur bahasa saja melainkan juga masalah pemilihan leksis. Namun patut disayangkan bahwa sampai saat ini para linguis terapan belum banyak yang berminat untuk meneliti masalah leksis ini sehingga masalah-masalah yang timbul dalam pengajaran B2 belum banyak mendapat altematif pemecahan yang lebih baik. Oleh sebah itu tulisan ini berusaha menunjukkan bahwa masalah leksis penting untuk dikemukakan, sama pentingnya dengan masalah unsur bahasa lainnya. Selain itu, bahasan ini menyajikan juga perihal perilaku dan peran leksis yang diambil dari Ronald Carter (1989) yang akan dikaitkan dengan pembelajaran B2 dan masalah-masalah yang muncul dalam bahasantara. Kesalahan pemilihan leksis yang muncul dalam bahasantara berupa penggabungan kata-kata pada set leksikal yang salah dalam kolokasinya. Bahasan ringkas ini diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan kepada ada para guru B2 tentang leksis agar ia dapat mengatasi masalah yang timbul di kelas dengan lebih bijaksana.

Full Text:

PDF

References


Carter, Ronald. 1986. Vocabulary Applied Linguistic Perspectives. London: Unwin Hyman.

Clark, Herbert H. and Clark, Eve, V. 1977. Psychology and Language. New York: Harcour Brace Jovanovich.

Ellis, Rod. 1986. Understanding Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.

Garman, Michael. 1990. Psycholinguistics. Cambridge: Cambridge. University Press.

Halliday, M.A.K. and Hasan, Ruqaya. 1976. Cohesion in English. London: Longman.

Meara, Paul. 1984. The study of lexsis in interlanguage. Dalam Davies a Allan et al (Eds), Interlanguage. Edinburg: Edinburg University Press.

Widdowson, H.G. 1980. Explorations in Applied linguistics. Oxford: Oxford University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya is licensed under
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Web
AnalyticsView My Stats
Based on the Official Letter from the Director General of Higher Education, Research, and Technology, the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology No 158/E/KPT/2021, dated December 27, 2021, Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Pengajarannya is granted RANK 2 JOURNAL SCIENTIFIC ACCREDITATION PERIOD I YEAR 2021. This rating status is valid for 5 (five) years up to Vol 53, No 1, 2025.

Dear Sir/Madam

We appreciate your continued confidence and trust in Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya (JBS). In order to enhance the service, readability, and quality of JBS publications, we will be transitioning to a new website, https://citeus.um.ac.id/jbs, in collaboration with Digital Commons (Elsevier) starting in July 2024.

Sincerely

Yusuf Hanafi
(Editor in chief)


Editorial Office:
Gedung D16 Lantai 2 Fakultas Sastra UM Jl. Semarang 5 Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia 65145

Publisher:
Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Indonesia
JPtpp is licensed under