Audiovisual media innovation: Hanyu Shuzi learning solution

Lukluk Ul Muyassaroh, Aiga Ventivani, Octi Rjeky Mardasari, Zakia Ikfinaa Natassja El Marah, Rendy Setyawan, Viola Ermawati

Abstract


Despite the popularity of Mandarin Chinese as a foreign language in Indonesia, there has been a lack of attention given to the development of learning media for Indonesian learners. Consequently, this may hinder their comprehension of the materials. This study aims to develop an innovative learning media for Mandarin Chinese learners to help them master the Hànyǔ Shùzì material. The present study involves 27 students majoring in Mandarin Chinese Education at State University of Malang and employs the ADDIE research and development model by Dick and Carry (1996). The model comprises five stages, 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, and 5) Evaluation. To complement the model, we also used a qualitative descriptive method for the data analysis and employed questionnaires for material validation test, media test, and the subjects. The expert validations confirmed the validity of the Hànyǔ Shùzì learning media in terms of its materials and media. To conclude, the learning media is worth implementing in the teaching and learning process of Mandarin Chinese to Indonesian learners.

Inovasi media audio visual: solusi pembelajaran Hanyu Shuzi

Meskipun bahasa Mandarin merupakan bahasa asing yang populer di Indonesia, media pembelajaran bahasa Mandarin masih belum banyak dikembangkan. Hal ini berakibat pada sulitnya mahasiswa pembelajar Bahasa Mandarin dalam memahami materi pembelajaran tanpa tersedianya media yang mendukung proses belajar mereka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat inovasi dengan mengembangkan media pembelajaran materi Hànyǔ Shùzì untuk digunakan oleh mahasiswa pembelajar bahasa Mandarin. Subjek dari penelitian ini adalah 27 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Universitas Negeri Malang. Pengembangan media Hànyǔ Shùzì menggunakan model pengembangan dari ADDIE oleh Dick and Carry Pengembangan media ini terdiri dari 5 langkah, yaitu 1) Analisis, 2) Design, 3) Development, 4) Evaluation, 5) Implementation. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar angket validasi ahli materi, lembar angket validasi ahli media dan lembar angket untuk subjek uji coba. Berdasarkan hasil yang didapat dari angket validasi ahli materi dan ahli media, diketahui media pembelajaran Hànyǔ Shùzì valid dari segi materi maupun media, sehingga disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak untuk digunakan


Full Text:

PDF

References


Aditya, R. (2017). Kesalahan berbahasa dalam karangan deskripsi berbahasa Mandarin mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 4(1), 128-145. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v4n1.p%25p

Allen, I. E., & Seaman, J. (2017). Digital Compass Learning: Distance Education Enrollment Report 2017. Babson Survey Research Group. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED580868.pdf

Arinalhaq, M. & Tandyonomanu, D. (2013). Pengembangan media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar mengidentifikasi unsur cerita rakyat kelas V di SD Nahdlatul Ulama 1 Trate Gresik. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 4(3), 1-13.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT. Raja Grapindo Persada.

Azwandi, Y. (2007). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.

Budianingsih, T., & Dewi, A. (2020). Pengenalan pembelajaran Bahasa Mandarin dengan menggunakan metode Quantum Teaching. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), (pp. 63-74). Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/19616

Cahyadi, R. A. H. (2019.) Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dick, W., & Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instructions (4th Edition). Harper Collins Publishers.

Eliza, T., & Rahel, S. (2018). Peran bahasa asing dalam meningkatkan soft dan hard skill santri-santri di Rumah Quran di Desa Kenten Laut. Universitas Palembang.

Endra, R. Y., Cucus, A., & Ciomas, M. (2020). Penerapan teknologi Augmented Reality bagi siswa untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Mandarin di sekolah. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 1(1), 19-30. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v1i1.9

Gardner, H. (2003). Kecerdasan Majemuk: Teori Dalam Praktek. Translated by Alexander Sindoro. Batam: Interaksara.

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis e-bookstory untuk meningkatkan literasi membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004-1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara.

Hamidjojo, & Latuheru, J. D. (1993). Media Pembelajaran dalam Proses. Belajar Mengajar Kini. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang Press.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (Sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Jufri, M., Syam, A., Sudarni, S., & Asmayanti A. (2021). Analysis of entrepreneurial literacy of students in SMK Negeri 5 Makassar. PINISI Discretion Review, 5(1), 45-50. https://doi.org/10.26858/pdr.v5i1.23365

Karo-Karo, I. R., & Rohani R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91-96. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Lane, J. (2019, February 9). The 10 most spoken languages in the world. Babbel Magazine. https://www.babbel.com/en/magazine/the-10-most-spoken-languages-in-the-world

Levie, W.H. & Lentz, R. (1982). Effects of text illustrations: A review of research. Educational Communication and Technology: A Journal of Theory, Research, and Development, 30(4), 195-232.

Limuria, R. & Sutandi, S. (2018). Analisis kebutuhan Bahasa Mandarin dalam dunia usaha di Jawa Barat. Jurnal Lingua Applicata, 2(1), 1-24. https://doi.org/10.22146/jla.33118

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2),1-10. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Munadzdzofah, O. (2018). Pentingnya Bahasa Inggris, Cina, dan Jepang sebagai bahasa komunikasi bisnis di era globalisasi. VOCATIO: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi dan Sekretari, 1(2), 58-73.

Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121-26. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139

Nirmala, N. (2012). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui pemanfaatan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Benai Riau [Unpublished undergraduate thesis]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219-230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Nugraha, Y. P. (2018). Upaya Amerika Serikat Dalam Membendung Pengaruh China Di Kawasan Asia Pasifik [Unpublished doctoral dissertation]. Universitas Pasundan.

Kholifah, I. N. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Model DDD-E Berbasis Explainer Video di SMP Negeri 1 Wanadadi Banjarnegara [Unpublished undergraduate thesis]. Universitas Negeri Semarang.

Panjaitan, R. G. P., Titin T., & Neuwidia N. P. (2020). Multimedia interaktif berbasis game edukasi sebagai media pembelajaran materi sistem pernapasan di kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 141-151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062

Setyorini, R. (2016). Pemanfaatan internet sebagai implementasi ICT dan sarana memotivasi belajar sastra di sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.

Sottilare, R., Graesser, A., Hu, X., & Goodwin, G. (2017). Design Recommendations for Intelligent Tutoring System - Volume 5: Assessment Methods. US Army Research Laboratory.

Thamrin, L., Suhardi, S., Lusi, L., & Tjen, V. (2021). Sosialisasi pembelajaran Bahasa Mandarin di SMA/MA Raudhatul Ulum Meranti Kuburaya. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 46-54. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3234

Thariq, P. A., Husna, A., Aulia, E., Djusfi, A. R., Lestari, R., Fahrimal, Y., & Jhoanda, R. (2020). Sosialisasi pentingnya menguasai Bahasa Inggris bagi mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darma Bakti Teuku Umar, 2(2), 316-325. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i2.2835

Wicaksono, L. (2016). Bahasa dalam komunikasi pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(2), 9-19.

Ying, Y., Suprayogi, M. N., & Hurriyati, E. A. (2013). Motivasi belajar Bahasa Mandarin sebagai bahasa kedua. Humaniora, 4(2), 1345-1355. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3579

Yuanta, F. (2017). Pengembangan media audio visual mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk sekolah dasar. Ibriez Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 59-70.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um015v52i12024p30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya is licensed under
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Web
AnalyticsView My Stats
Based on the Official Letter from the Director General of Higher Education, Research, and Technology, the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology No 158/E/KPT/2021, dated December 27, 2021, Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Pengajarannya is granted RANK 2 JOURNAL SCIENTIFIC ACCREDITATION PERIOD I YEAR 2021. This rating status is valid for 5 (five) years up to Vol 53, No 1, 2025.

Dear Sir/Madam

We appreciate your continued confidence and trust in Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya (JBS). In order to enhance the service, readability, and quality of JBS publications, we will be transitioning to a new website, https://citeus.um.ac.id/jbs, in collaboration with Digital Commons (Elsevier) starting in July 2024.

Sincerely

Yusuf Hanafi
(Editor in chief)


Editorial Office:
Gedung D16 Lantai 2 Fakultas Sastra UM Jl. Semarang 5 Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia 65145

Publisher:
Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Indonesia
JPtpp is licensed under