Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Passing Futsal Menggunakan Metode Drill dan Metode Bermain pada Ekstrakurikuler Futsal Madrasah Aliyah

Angga Wahyudi

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar passing peserta ekstrakurikuler futsal Madrasah Aliyah Bilingual Kota Batu. Prosedur penelitian meliputi, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. pada tes pengumpulan data awal persentase keberhasilan peserta dalam melaksanakan tes sebesar 39%, pada siklus 1 persentase keberhasilan peserta dalam melaksanakan tes sebesar 65%, dan pada siklus 2  persentase keberhasilan peserta dalam melaksanakan tes sebesar 82%. Penerapan metode drill dan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar passing pada permainan futsal.

 

Kata kunci

Passing, metode drill, metode bermain


Full Text:

PDF

References


Amiq, F. 2014. Futsal (Sejarah, Teknik Dasar, Persiapan Fisik, Strategi, dan Peraturan Permainan), Malang: Universitas Negeri Malang.

Danu, I. Dkk. 2014. Upaya Meningkatkan Teknik Dasar Passing Pada Futsal Dengan Metode Permainan Tradisional Kucing Bola Untuk siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Naga Pinoh. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. 1(1)63

Dewi dkk. 2014. Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Balok Cruissenare Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1):4.

Giriwijoyo. Dkk. 2005. Manusia dan Olahraga. Bandung: ITB

Irianto, S dkk. 1995. Penyusunan Tes Keterampilan Bermain Sepakbola Bagi Siswa Sekolah Sepakbola Puspor IKIP Yogyakarta. Yogyakarta : Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Maryati. 2012. Mengenal Olahraga Futsal. Jakarta: PT Balai Pustaka (Persero) Mountain Press.

Mielke, D. 2007. Dasar-Dasar Sepakbola. Bandung:Pakar Raya.

Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Rineka Cipta.

Rosdakarya.

Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Cilegon: Ghalia Indonesia.

Supriadie & Darmawan. 2012. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. (online),(https://sireka.pom.go.id/requirement/UU-36-2009Kesehatan.pdf), diakses 5 Mei 2018.

Waskito, R. 2017. Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Passing Peserta Ekstrakurikuler Futsal SMK di Malang. Prosiding disajikan dalam Seminar Nasional Implementasi Olahraga, Kesehatan, dan Pendidikan Jasmani Terhadap Upaya Peningkatan Karakter Anak Bangsa, FIK UM, Malang, 21 Juli 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu dan Kesehatan Olah Raga diindeks oleh:

beasiswa Google

Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Penerbit:
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang

ISSN: 2715-3886 (Media Online)
SK Nomor 0005.27153886 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.12 - 17 Desember 2019

Kantor Terletak