Gambaran Status Gizi Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri

Adiwidya Wiranata, Hartati Eko Wardani, Septa Katmawanti

Abstract


Pada usia sekolah anak melakukan banyak aktivitas fisik, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Dari hasil observasi di Dinas Pendidikan Kabupaten Malang menyatakan bahwa sekolah menengah pertama berstatus Negeri telah hampir semuanya menerapkan program 5 hari sekolah dengan Full Day School, dari pukul 07.00 sampai pukul 15.00 atau sekitar kurang lebih 8 jam per hari. Sehingga aktifitas siswa di sekolah semakin lama dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran status gizi siswa kelas VII di SMPN Kabupaten Malang. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, karena gambarannya menggunakan batas ambang indeks massa tubuh (IMT) dari pengukuran tinggi badan (TB) dan berat badan (BB), jumlah, dan frekuensi. Hasil data penelitian menyatakan, status gizi siswa SMPN 1 Singosari kategori status gizi kurus sebanyak 19 siswa (59,3%), kategori status gizi normal sebanyak 11 siswa (34,3%) dan kategori status gizi gemuk sebanyak 2 siswa (6,2%). Status gizi siswa SMPN 1 Tumpang kategori status gizi kurus sebanyak 14 siswa (43,7%), kategori status gizi normal sebanyak 15 siswa (46,8%) dan kategori status gizi gemuk sebanyak 3 siswa (9,3%).Status gizi siswa SMPN 1 Turen kategori status gizi kurus sebanyak 11 siswa (34,3%), kategori status gizi normal sebanyak 11 siswa (34,3%) dan kategori status gizi gemuk sebanyak 10 siswa (31,2%). Untuk saran penelitian ini, pihak sekolah yang menggunakan program PPK membuat program skrining kesehatan siswa di setiap bulan, agar status kesehatan dan gizi dari pola makan siswa dapat terpantau. Serta membuat jadwal pelajaran terprogram mengenai tentang kesehatan siswa dan gizi siswa, agar siswa menanamkan menset atau pemikiran yang preventif secara dini.


Full Text:

PDF

References


Alamsyah, P. A. 2015. Status Sosial Ekonomi Keluarga, Status Gizi (Indeks Massa Badan Dan Tinggi Badan Terhadap Umur) Dan Perbedaan Tinggi Duduk Terhadap Badan Remaja Usia 12-15 Tahun Di Sekolah Menengah D.I.Yogyakarta. Fakultas Kedokteran. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dari http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?act=view&buku_id=80103&mod=penelitian_detail⊂=PenelitianDetail&typ=html

Aminingsih, N. 2014. Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas V Dengan Orang Sebaya di SD Muhammaddiyah Pakel Program Plus Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dari https://www.academia.edu/33320543/PENGARUH_SISTEM_FULL_DAY_SCHOOL_TERHADAP_INTERAKSI_SOSIAL_SISWA_KELAS_V_DENGAN_TEMAN_SEBAYA_DI_SD_MUHAMMADIYAH_PAKEL_PROGRAM_PLUS_YOGYAKARTA

Castro-Quezada et al. 2017. Glycemic index, glycemic load, and metabolic syndrome in Mexican adolescents: a cross-sectional study from the NHNS-2012. BMC Nutrition (2017) 3:44 DOI 10.1186/s40795-017-0162-2. Dari https://bmcnutr.biomedcentral.com/track/pdf/10.1186/s40795-017-0162-2

Dominguez-Salas et al. 2016. Nutritional characterisation of low-income households of Nairobi: socioeconomic, livestock and gender considerations and predictors of malnutrition from a cross-sectional survey. BMC Nutrition (2016) 2:47. Dari https://bmcnutr.biomedcentral.com/track/pdf/10.1186/s40795-016-0086-2

Indriakasia, S. 2015. Gambaran Status Gizi dan Asupan Lemak Anak Usia13-15 Tahun di Ciputat. Fakultas Kedokteran & Ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Dari https://id.scribd.com/doc/314872233/SAFIRA-INDRIAKASIA-FKIK Atau http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/37544/1/SAFIRA%20INDRIAKASIA-FKIK.pdf

Langford, R., Bonell, C., Jones, H., & Campbell, R. 2015. Obesity prevention and the Health promoting Schools framework: essential components and barriers to success. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity. School of Social and Community Medicine University of Bristol. Dari https://ijbnpa.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12966-015-0167-7

Malang times. 2017. Kepala SMP Muhammadiyah 4 Singosari: Full Day School Bagus untuk Batasi Waktu Bermain Anak. Media berita online dari file:///D:/SKRIPSWEEEETTTTTTTTTTT%20LULUS%20Amin/Berita%20tentang%20full%20day%20school%20di%20malang%20(1)/Lapsus_%20Kepala%20SMP%20Muhammadiyah%204%20Singosari%20_%20Full%20Day%20School%20Bagus%20untuk%20Batasi%20Waktu%20Bermain%20Anak%20_%20Malang%20TIMES.html

Malang times. 2017. Pengamat Pendidikan UM : Full Day School di Malang Saja Susah Diterapkan, Apalagi Nasional. Media berita online dari file:///D:/SKRIPSWEEEETTTTTTTTTTT%20LULUS%20Amin/Berita%20tentang%20full%20day%20school%20di%20malang%20(1)/Lapsus_%20Pengamat%20Pendidikan%20UM%20_%20Full%20Day%20School%20di%20Malang%20Saja%20Susah%20Diterapkan,%20Apalagi%20Nasional%20_%20Malang%20TIMES.html

Maulina, A. 2015. Hubungan Status Gizi Dan Aktivitas Fisik Dengan Usia Menarche Pada Remaja Puteri Di SMP Negeri 21 Padang. Program Studi S1 Keperawatan. Fakultas Keperawatan. Universitas Andalas. Dari http://repo.unand.ac.id/73/1/REPOSITORY.pdf

Nurantika, V. 2015. Pengembangan Pembelajaran Prinsip Gizi Seimbang Melalui Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Singosari. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Dari http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/42837

Pemantauan Status Gizi. 2017. Buku Saku Pemantauan Status Gizi (PSG). Dari http://www.kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Buku-Saku-Nasional-PSG-2017_975.pdf

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23. 2017. Tentang Hari Sekolah. Dari https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/uploads/Dokumen/4854_2017-06-15/Permendikbud%20No%2023%20Tahun%202017%20tentang%20Hari%20Sekolah.pdf

Peraturan Presiden Republik Indonesia. 2017. Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Nomor 87. Dari https://setkab.go.id/wp-content/uploads/2017/09/Perpres_Nomor_87_Tahun_2017-1.pdf

Richter, A., Rabenberg, M., Truthmann, J., Heidemann, C., Roosen, J., Thiele, S., & Mensink, M. B. G. 2017. Associations between dietary patterns and biomarkers of nutrient status and cardiovascular risk factors among adolescents in Germany: results of the German Health Interview and Examination Survey for Children and Adolescents in Germany (KiGGS). BMC Nutrition (2017) 3:4. Dari https://bmcnutr.biomedcentral.com/articles/10.1186/s40795-016-0123-1

Septiarini, N. 2015.Gambaran Status Gizi dan Asupan Protein Anak Usia 13-15 Tahun. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Dari https://id.scribd.com/document/329892346/NURAISAH-SEPTIARINI-FKIK-pdf

Setiyarini, N. I., dkk. 2014. Penerapan Sistem Pembelajaran “Fun and Full Day School” Untuk Meningkatkan Religiusitas Didik di SDIT Al Islam Kudus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Solo. Dari https://media.neliti.com/media/publications/141652-ID-none.pdf

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Surya Malang. 2017. Begini Untung dan Rugi Penerapan Full Day School Menurut Siswa Kota Malang. Media berita online dari file:///D:/SKRIPSWEEEETTTTTTTTTTT%20LULUS%20Amin/Berita%20tentang%20full%20day%20school%20di%20malang%20(1)/Begini%20Untung%20dan%20Rugi%20Penerapan%20Full%20Day%20School%20Menurut%20Siswa%20Kota%20Malang%20-%20Surya%20Malang.html

Surya Malang. 2017. DPRD Kabupaten Malang Sampaikan Full Day School ke Kemendikbud, Alasannya. Media berita online dari file:///D:/SKRIPSWEEEETTTTTTTTTTT%20LULUS%20Amin/Berita%20tentang%20full%20day%20school%20di%20malang%20(1)/DPRD%20Kabupaten%20Malang%20Sampaikan%20Full%20Day%20School%20ke%20Kemendikbud,%20Alasannya%20-%20Surya%20Malang.html

Surya Malang. 2017. Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dukung Full Day School, Ini Komentarnya. Media berita online dari file:///D:/SKRIPSWEEEETTTTTTTTTTT%20LULUS%20Amin/Berita%20tentang%20full%20day%20school%20di%20malang%20(1)/Kepala%20Dinas%20Pendidikan%20Kota%20Malang%20Dukung%20Full%20Day%20Scholl,%20Ini%20Komentarnya%20-%20Surya%20Malang.html

Surya Malang. 2017. Penerapan Full Day School di Kota Malang, Begini Komentar Siswa dan Kepala Sekolah. Media berita online dari file:///D:/SKRIPSWEEEETTTTTTTTTTT%20LULUS%20Amin/Berita%20tentang%20full%20day%20school%20di%20malang%20(1)/Penerapan%20Full%20Day%20School%20di%20Kota%20Malang,%20Begini%20Komentar%20Siswa%20dan%20Kepala%20Sekolah%20-%20Surya%20Malang.html

Surya Malang. 2017. Terkait Full Day School, Pakar Pendidikan UM Bilang Gini: “Itu Ide Bagus Menurut Saya”. Media berita online dari file:///D:/SKRIPSWEEEETTTTTTTTTTT%20LULUS%20Amin/Berita%20tentang%20full%20day%20school%20di%20malang%20(1)/Terkait%20Full%20Day%20School,%20Pakar%20Pendidikan%20UM%20Bilang%20Gini_%20%E2%80%9CItu%20Ide%20Bagus%20Menurut%20Saya%E2%80%9D%20-%20Surya%20Malang.html

Syahfitri, Y., dkk. 2016. Gambaran Status Gizi Siswa-Siswi SMP Negeri 13 Pekanbaru. Artikel Penelitian. Dari https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFDOK/article/view/15511/15053

Trifon, I., Fotios, M., Argirious, M., Nikitas, N., Chrysi M., Anna, F. T., Asterios, D. 2016. The Role Of Breakfast Consumption And Participation In Extracurricular Physical Activity In The development Of Obesity In Students From 10 To 12 Years Old. Journal of Physical Education and Sport. Dari http://efsupit.ro/images/stories/nr1.2016/Art%20118.pdf

Wangge, G. 2019. Obesity in school-age children. Medical Journal of Indonesia. Dari http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:gtXZQVH5Sa4J:scholar.google.com/+Physical+activity+affects+the+nutritional+status+of+students+aged+12-14+years&hl=id&as_sdt=0,5&as_ylo=2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu dan Kesehatan Olah Raga diindeks oleh:

beasiswa Google

Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Penerbit:
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang

ISSN: 2715-3886 (Media Online)
SK Nomor 0005.27153886 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.12 - 17 Desember 2019

Kantor Terletak