Survei Kebugaran Jasmani Kelas VIII SMP Plus Asy-Syukur Kanigoro

Isna Indana Zulfa, Ari Wibowo Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Kebugaran Jasmani pada Siswa Kelas VIII SMP Plus Asy-Syukur Kanigoro Tahun Akademik 2019-2020.Data diperoleh dengan teknik tes instrumen TKJIusia 13-15 tahun.Hasil tes sebagai berikut: kebugaran jasmani untuk putra kriteria baik sekali 13% (2 siswa), baik 87% (13 siswa), sedangkan untuk putri kriteria baik 86% (6 siswa), sedang 14% (1 siswa).Perbedaan hasil tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah dari makanan, pola istrirahat serta kesadaran untuk berolahraga. Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang wajib diberikan di sekolah menengah dengan proses aktivitas fisik, dengan aktivitas fisik yang baik diharapkan meningkatkan kemampuan dan kesanggupan tubuh berfungsi secara optimal dan efisien serta bugar. Kebugaran jasmani merupakan hal penting dalam kehidupan untuk menunjang segala aktivitasnya. SMP Plus Asy-Syukur Kanigoro merupakan sekolah yang berbasis keagamaan, dimana waktu yang digunakan sebagian besar untuk pendidikan non formal yaitu sholat dan baca qur’an, hadrah dan qiyamul lail. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Kebugaran Jasmani pada Siswa Kelas VIII SMP Plus Asy-Syukur Kanigoro Tahun Akademik 2019-2020.Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Plus Asy-Syukur Kanigoro yang berjumlah 22 siswa dengan 15 siswa putra dan 7 siswa putri. Data diperoleh dengan teknik tes menggunakan instrumen sesuai dengan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) usia 13-15 tahun.

Full Text:

PDF

References


Agus, Irianto, 2004. Pengantar Pangan dan Gizi, Jakarta: Penebar Swadaya

Affandi, dkk. 2014. Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Dengan Menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia Pada Siswa Sekolah Dasar. 3(9), 1-11. Dari http://jurnal.untan.ac.id/ index.php/jpdpb/article/view/6954/7144.

April_2007/Pengaruh_Latihan_Lari_Di_Tempat_Diiringi_Irama_Musik_Terhadap_Peningkatan_Kesegaran_Jasmani_Siswa_Kelas_V_SDN_Warungketan_Sumedang.pdf

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Depdiknas . 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Irianto, Djoko Pekik. (2004). Pedoman Praktis Berolahraga untuk Kebugaran dan Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset.

Kurniawan, Ari Wibowo. 2018. Implementasi Olahraga Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak. Prosiding Seminar Nasioanl Implementasi Olahraga, Kesehatan Dan Pendidikan Jasmani Terhadap Upaya Peningkatan Karakter Anak Bangsa, 2(26), 207-213.

Kurniawan, Ari Wibowo, Usman Wahyudi, and Agus Tomi. 2019. Pelatihan Terapi Masase Untuk Karangtaruna Desa Sumbermanjing Kulon Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. Jurnal KARINOV ,2(1), 1-8.

Roji. 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMP kelas VII. Jakarta : Erlangga.

Sajoto. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengadaan Buku pada Lembaga Pengembangan Tenaga Pendidikan. Jakarta

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2006. Metode Penelitian Survei (Editor). LP3ES: Jakarta

Suharjana, 2008. Pendidikan Kebugaran Jasmani, Pedoman Kuliah. Yogyakarta: FIK, Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu dan Kesehatan Olah Raga diindeks oleh:

beasiswa Google

Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Penerbit:
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang

ISSN: 2715-3886 (Media Online)
SK Nomor 0005.27153886 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.12 - 17 Desember 2019

Kantor Terletak