Hubungan Faktor Lingkungan Fisik Rumah Status Pendidikan Ibu Dan Status Pekerjaan Ibu Terhadap Kejadian Pneumonia Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas

Rilo Punjung Pangestu Kusumo Mardani, Hartati Eko Wardani, Rara Warih Gayatri

Abstract


Puskesmas Dinoyo memiliki angka penemuan penderita dan penanganan kasus pneumonia pada balita tertinggi yaitu dengan 501 kasus. Selain itu Puskesmas Dinoyo menyumbang persentase yang rendah untuk rumah sehat di Kota Malang. Faktor penyebab adanya kasus pneumonia pada balita adalah kondisi lingkungan fisik yang tidak sesuai standar dan sosial ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pekerjaan ibu, pendidikan ibu, kepadatan rumah dengan kejadian penyakit pneumonia balita di Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo, Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah balita yang datang ke poli anak puskesmas bulan Maret-Juli 2019 yaitu sebanyak 60 balita dengan 30 balita penderita  dan 30 balita bukan penderita pneumonia. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis univariat, bivariat dengan teknik analisis dengan chi square for assosiation, analisis Prevalence Ratio (PR), dan nilai Confident Interval (CI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara status pendidikan ibu, status pekerjaan ibu, dan faktor lingkungan fisik rumah terhadap penyakit pneumonia pada balita di Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo Kota Malang.

Full Text:

PDF

References


Azizah, M., Fahrurazi., & Qoriaty, N. I. 2014. Tingkat Pengetahuan dan Pendidikan Ibu Balita dengan Kejadian Penyakit Pneumonia pada Balita di Kelurahan Keraton Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal Keesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat UNISKA

Aryeta, Y. 2019. Gambaran Pengetahuan Ibu tentang Penyakit Pneumonia pada Balita di Wilayah Puskesmas Sambau. Jurnal Keperawatan Vol.9 No.1, Januari 2019.

Dinas Kesehatan Kota Malang. 2016. Profil Kesehatan Kota Malang.

Firnanda, N., Junaid, J., & Jafriati., J. 2017. Analisis Spasial Kejadian Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) pada Balita di Kelurahan Puwatu Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Vol. 2 No. 7.

Hatta, M. 2000. Hubungan Imunisasi Campak dengan Kejadian Pneumonia pada Balita di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Tesis FKM UI.

Hayati, A. M., Suhartono, & Sri, W. 2017. Hubungan Antara Faktor Lingkungan Fisik Rumah dengan Kejadian Pneumonia pada Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Semin I Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Kesehatan Masyarakat [ejournal] 5(5).

Ikhsan., Kunoli, f., Budiman. 2016. Hubungan Kepadatan Hunian dan Ventilasi Rumah dengan Penyakit ISPA pada Anak Balita di Puskesmas Wani Kabupaten Donggala. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu.

Juliastuti, P. T. 2000. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Pneumonia Balita di Puskesmas Cisaga Kabupaten Ciamis. Tesis FKM UI Depok.

Listyowati, L. 2013. Hubungan Kondisi Lingkungan Fisik Rumah dengan Kejadian Pneumonia pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Tegal Barat Kota Tegal. Tesis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

Mahmud, R. 2006. Pneumonia Balita di Indonesia. Padang: Andalas Univestity Press.

Mardziyah, A. 2015. Analisis Spasial Kejadian Pneumonia pada Bayi dan Balita Berdasarkan Faktor Lingkungan di Kecamatan Tembalang. Tesis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

Notoadmodjo. S. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Prinsip-Prinsip Dasar.. Jakarta: Rianeka Cipta

Novitasari, 2013. Pemetaan Penyakit ISPA Pada Anak balita Usia (0-5) Tahun Berdasarkan Kelurahan Di Puskesmas Srondol Semarang Tahun 2013. Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro.

Nurjazuli, & Widyaningtyas, R. 2006. Faktor Resiko Dominan Kejadian Pneumonia pada Balita. Semarang: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2015. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 829 Tahun 1999 tentang Persyaratan Kesehatan Perumahan. (Online), (http://dokumen-.tips/documents/-kepmenkes-ri-no829-tahun-1999-persyaratan-kesehatan-perumahan.html#).

Khasanah, M., Suhartono., & Dharminto. 2016. Hubungan Kondisi Lingkungan dalam Rumah dengan Kejadian Pneumonia pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Puring Kabupaten Kebumen. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 4(5): 27-34

Okoko, A. R., dkk. 2017. Pneumonia of Children under 5 Years of Age in Brazzaville (Republic of Congo). Open Journal of Pediatrics (e-journal)

Pamungkas, D. R. 2012. Analisis Faktor Risiko Pneumonia pada Balita di 4 Provinsi di Wilayah Indonesia Timur (analisis Data Riset Kesehatan Dasar Tahun 2007). Skripsi diterbitkan. Dari lib.ui.ac.id/file?file=digital-/20289601-S...pdf

Podmonobo, H., Setiani, O., & Joko, T. 2012. Hubungan Faktor-Faktor Lingkungan Fisik Rumah dengan Kejadian Pneumonia pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Jatibarang Kabupaten Brebes. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia Vol. 11 No.02.

Pratiwi, D. N., Yunus, M., & Gayatri, R. W. 2018. Hubungan Antara Faktor Perilaku Orang Tua dengan Kejadian Pneumonia Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Preventia: The Indonesian Journal of Public Health 3 (1).

Rasyid, Z. 2013. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Pneumonia Anak Balita di RSUD Bangkinang Kabupaten Kampar. Artikel Ilmiah Jurnal Kesehatan Komunitas. Dari jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom-/article/download/61/49/

Sary, A. N. 2019. Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Peningkatan Pengetahuan Orang Tua Balita tentang Pneumonia di Wilayah Kota Padang Tahun 2018. Ensiklopedia of Journal. Vol. 1 No.2 Edisi 1.

Schuchat, A., & Dowell, S. F. 2004. Pneumonia in Children in the Developing World: New Chalanges, New Solutions. (Online) dari http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/s1045197004000482.

Silalahi, L. 2004. ISPA dan Pneumonia. (Online) dari http://www.tempointer-aktif.com.

Susanti, W. E., Novrikasari, & Sunarsih, E. (2016). Determinan kejadian diare pada anak balita di Indonesia (analisis lanjut data SDKI 2012). Ilmu Kesehatan Masyarakat, 7(1), 64–72.

Syani, F., Budiyono, & Raharjo, M. 2015. Hubungan Faktor Resiko Lingkungan terhadap Kejadian Penyakit Pneumonia Balita dengan Pendekatan Analisis Spasial di Kecamatan Semarang Utara. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol 3 Nomor 3. FKM Undip.

Trisiyah, C. D. 2018. Hubungan Kondisi Lingkungan Rumah Dengan Kejadian Pneumonia Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Taman Kabupaten Sidoarjo. IJPH Vol 13, No 1 Agustus 2018: 119-129

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. (Online) dari http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_-2003.pdf

Wardlaw, T., Johansson, E., & Hodge, M. 2006. Pneumonia: The Forgotten Killer of Children. New York:WHO Press. Dari http://www.unicef.org/-publications/files/Pneumonia_The_Forgotten _Killer_of_Children.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu dan Kesehatan Olah Raga diindeks oleh:

beasiswa Google

Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Penerbit:
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang

ISSN: 2715-3886 (Media Online)
SK Nomor 0005.27153886 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.12 - 17 Desember 2019

Kantor Terletak