Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bola Basket Berbasis Aplikasi Articulate Storyline

Dinar Akbarul Rozak, Lokananta Teguh Hari Wiguno, Ari Wibowo Kurniawan, Mu’arifin Mu’arifin

Abstract


Abstract: The purpose of the research and development is to develop the learning of a basketball-based applications articulate storyline. Methods in research and development using the research model Lee and Owen. The results of the research and product development learning tools basketball on the trials of a small group 84% while for the test a large group of 86%. There is a conclusion in a research and development namely product development is fit for use in learning activities.

 

Abstrak: Tujuan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mengembangkan perangkat pembelajaran bola basket berbasis aplikasi articulate storyline. Metode dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian Lee and Owen. Hasil dari penelitian dan pengembangan produk perangkat pembelajaran bola basket pada uji coba kelompok kecil 84% sedangkan untuk uji coba kelompok besar 86%. Terdapat kesimpulan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu produk pengembangan layak digunakan pada kegiatan pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Adi, S., & Fathoni, A. F. (2019). Development of Learning Model Based on Blended Learning in Sports School. https://doi.org/10.2991/acpes-19.2019.2

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020a). Blended Learning Analysis for Sports Schools in Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 14(12), 149–164. Retrieved from https://www.online-journals.org/index.php/i-jim/index

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020b). Mobile Learning sebagai Fasilitas Belajar Mandiri Pembelajaran Senam Lantai pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1158–1166. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13946/6206

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020c). The effectiveness and efficiency of blended learning at sport schools in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change.

Akbar, R. A., & Hariyanto, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pencak silat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(7), 350–356. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/index

Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan (IPS). Malang: Cipta Media.

Andri, R. M. (2017). Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122–129.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270

Budi, B. A. S., & Prihanto, J. B. (2014). Penggunaan Media Audiovisual Dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Shooting Bola Basket. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 2(3), 612–616.

Christianto, J., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Cricket Berbasis Mobile Learning Pada Tim Olahraga Cricket Universitas Negeri Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 168. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p168-174

Darnawati, Batia, L., Irawaty, & Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–16.

Fathir, L. W., & Tuasikal, A. R. S. (2013). Pemanfaatan Media Computer Assisted Instructional (CAI) Model Drills Pada Materi Ajar Travelling Violation Permainan Bola Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 247–251.

Fathoni, A. F. (2018). The Role of Blended Learning on Cognitive Step in Education of Sport Teaching by Adjusting the Learning Style of the Students. https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.49

Fitron, M., & Mu’arifin. (2020). Survei Tingkat Persepsi Siswa Terhadap Konsep Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 2(5), 264–271.

Hamzah, H., Mu’arifin, M., Heynoek, F. P., Kurniawan, R., & Kurniawan, A. W. (2020a). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Materi Gerak Lokomotor Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sport Sciences for Health, 2(8), 384–394. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11629

Hamzah, Mu’arifin, Heynoek, F. P., Kurniawan, R., & Kurniawan, A. W. (2020b). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Materi Gerak Lokomotor Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(8), 384–394.

Kristiono, I. D., Dwiyogo, W. D., & Hariadi, I. (2019). Pembelajaran Ilmu Gizi Olahraga Berbasis Blended Learning pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 235–241. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12004

Kurniawan, R., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2018). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Siswa SMA Menggunakan Model Countenance. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1–12. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11599

Masgumelar, N. K., Dwiyogo, W. D., & Nurrochmah, S. (2019). Modifikasi Permainan menggunakan Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 4(7), 979–986. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12645

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jtpk.v1n2.p95--105

Mu’arifin, M. (2019). Problem Identification of Professional Development of Physical Education Teachers in Elementary School. https://doi.org/10.2991/icssh-18.2019.32

Mu’arifin, Kurniawan, A. W., & Paulina, F. (2018). Developing Professional Development Model For Physical Education, Sports, and Health Primary School Teachers in Learning Organizing. Journal of Indonesian Physical Education and Sport, 4(2), 79–80. https://doi.org/http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/Jipes

Mufidah, A. (2018). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Workshop KKG Mini Di SDN Sepande Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22.

Munawaroh. (2020). The influence of problem-based learning model as learning method, and learning motivation on entrepreneurial attitude. International Journal of Instruction, 13(2), 431–444. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13230a

Nabilah, C. H., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development Of Learning Media Based On Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research, 1(2), 80–85.

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Pamungkas, I. A., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Aktifitas Kesegaran Jasmani Siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruhan. Sport Science and Health, 2(5), 272–278. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11828/5768

Rakhman, A., & Brata, Y. R. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 2(2), 259–264.

Rodriquez, E. I. S., Dwiyogo, W. D., & Supriyadi. (2020). Blended Learning Matakuliah Sepakbola untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 5(2), 206–213.

Soeprapto, S. (2013). Landasan Aksiologis Sistem Pendidikan Nasional Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, (2), 266–276.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Walton, E. P., & Lismadiana, L. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Bola Basket Bagi Anak Sd Kelas Atas. Jurnal Keolahragaan, 3(1), 29–38. https://doi.org/10.21831/jk.v3i1.4967

Yayuk, E., & Prastiyowati, S. (2019). Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013. International Journal of Community Service Learning, 3(4), 222. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.21793


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu dan Kesehatan Olah Raga diindeks oleh:

beasiswa Google

Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Penerbit:
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang

ISSN: 2715-3886 (Media Online)
SK Nomor 0005.27153886 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.12 - 17 Desember 2019

Kantor Terletak