Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sepakbola Berbasis Aplikasi Articulate Storyline

Dimas Chandra Gunawan, Lokananta Teguh Hari Wiguno, Ari Wibowo Kurniawan, Mu’arifin Mu’arifin

Abstract


Abstract: Research product development is aimed at developing a soccer learning device based on the application articulate storyline for the physical education working group elementary school in Sumbermanjing Wetan District, Malang Regency. This study uses the Research and Development method or development research. Subjects for small group trials involved 10 primary school PJOK teachers and subjects for large groups involved 41 primary school PJOKs, namely the Teacher Working Group (KKG) in Sumbermanjing Wetan District. Obtained from data analysis, namely with a percentage of 94% of learning experts, 97% of elementary game experts, 89% of physical education, sports and health experts, 99% of media experts, 95% of soccer experts, 88% the results of trial I, the percentage of 86% of the results of trial II. The conclusion in this development research is that the application development product articulate storyline is suitable to be used as a support in learning football.

 

Abstrak: Penelitian produk pengembangan yaitu bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran sepakbola berbasis aplikasi articulate storyline untuk KKG PJOK SD di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development atau penelitian pengembangan. Subjek untuk uji coba kelompok kecil melibatkan 10 guru PJOK SD dan subjek untuk kelompok besar melibatkan 41 PJOK SD yaitu Kelompok Kerja Guru (KKG) di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Didapat dari analisis data yaitu dengan persentase 94% dari ahli pembelajaran, persentase 97% ahli permainan SD, persentase 89% dari ahli pendidikan jasmani, olahraga dam kesehatan dengan, persentase 99% dari ahli media, persentase 95% dari ahli sepakbola, persentase 88% hasil uji coba I, persentase 86% hasil uji coba II. Kesimpulan dalam penelitian pengembangan ini yaitu produk pengembangan aplikasi articulate storyline ini layak dipergunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran sepakbola.


Full Text:

PDF

References


Adi, S., & Fathoni, A. F. (2019). Development of Learning Model Based on Blended Learning in Sports School. https://doi.org/10.2991/acpes-19.2019.2

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020a). Blended Learning Analysis for Sports Schools in Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 14(12), 149–164. Retrieved from https://www.online-journals.org/index.php/i-jim/index

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020b). Mobile Learning sebagai Fasilitas Belajar Mandiri Pembelajaran Senam Lantai pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1158–1166. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13946/6206

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020c). The effectiveness and efficiency of blended learning at sport schools in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change.

Amiq, F., Hariadi, I., & Yudasmara, D. S. (2019). Pembentukan diklat (pendidikan dan latihan) sepakbola universitas negeri malang. Jurnal Karinov, 2(2), 93–96.

Christianto, J., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Cricket Berbasis Mobile Learning Pada Tim Olahraga Cricket Universitas Negeri Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 168. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p168-174

Darnawati, Batia, L., Irawaty, & Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–16.

Dwiyogo, W. D., & Radjah, C. L. (2020). Effectiveness, efficiency and instruction appeal of blended learning model. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 16(4), 91–108. https://doi.org/10.3991/ijoe.v16i04.13389

Fathoni, A. F. (2018). The Role of Blended Learning on Cognitive Step in Education of Sport Teaching by Adjusting the Learning Style of the Students. https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.49

Haris, I. N. (2018). Model Pembelajaran Peer Teaching Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 4(1), 2461–3961.

Irawan, D., & Japarianto, E. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Kristiono, I. D., Dwiyogo, W. D., & Hariadi, I. (2019). Pembelajaran Ilmu Gizi Olahraga Berbasis Blended Learning pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 235–241. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12004

Kurniawan, R., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2018). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Siswa SMA Menggunakan Model Countenance. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1–12. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11599

Larsson, H., & Karlefors, I. (2015). Physical education cultures in Sweden : fitness , sports , dancing … learning ? Physical education cultures in Sweden : fitness , sports , dancing … learning ? Sport, Education and Society, 20(5), 573–587. https://doi.org/10.1080/13573322.2014.979143

Leow, F.-T., & Neo, M. (2014). Interactive Multimedia Learning : Innovating Classroom Education In A Malaysian University. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(2), 99–110.

Manalu, D. L., Dwiyogo, W. D., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Latihan Kekuatan Pada Matakuliah Spesialisasi Kondisi Fisik Dasar Untuk Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan. Sport Science and Health, 2(1), 49–57. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11158

Masgumelar, N. K., Dwiyogo, W. D., & Nurrochmah, S. (2019). Modifikasi Permainan menggunakan Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 4(7), 979–986. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12645

Munawar, A. Al, & Hendrawan, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Pembelajaran Sepak Bola. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(2), 62–69.

Murtiyono, A. T. (2016). Pengembangan Buku Saku Permainan Sepakbola Pada Siswa Di Sd Negeri Ii Temanggung I Kabupaten Temanggung Jawatengah. Jurnal Pengembangan Buku Saku Tahun 2016, 3(1), 1–8.

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Pamungkas, I. A., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Aktifitas Kesegaran Jasmani Siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruhan. Sport Science and Health, 2(5), 272–278.

Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018... Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pe.

Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan Learning Media Based On Articulate Storyline 2 On Drawing Function Graphs Lesson In Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35.

Rachmadtullah, R., Ms, Z., & Sumantri, M. S. (2018). Development of computer - based interactive multimedia : study on learning in elementary education. International Journal of Engineering & Technology, 7(4), 2051–2054. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384

Rahman, Z., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(1), 78–92. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11692/5123

Rodriquez, E. I. S., Dwiyogo, W. D., & Supriyadi. (2020). Blended Learning Matakuliah Sepakbola untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 5(2), 206–213.

Setyaningsih, S., Rusijono, & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156.

Siregar, F. R., Simatupang, N., & Valianto, B. (2020). The Effect of Small Side Games Training Toward Improvement of Basic Soccer Techniques at Perfect Unimed School Students. Advances in Health Sciences Research, 23(1), 213–215. https://doi.org/10.2991/isphe

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yasin, A. N. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 169–174.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu dan Kesehatan Olah Raga diindeks oleh:

beasiswa Google

Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Penerbit:
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang

ISSN: 2715-3886 (Media Online)
SK Nomor 0005.27153886 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.12 - 17 Desember 2019

Kantor Terletak