Pengembangan Perangkat Pembelajaran Gerak Dasar Lari Berbasis Aplikasi Articulate Storyline

Achmad Rizal Yuliansyah, Lokananta Teguh Hari Wiguno, Ari Wibowo Kurniawan, Mu’arifin Mu’arifin

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to develop basic motion learning tools for running based on the articulate storyline application. In the analysis technique carried out in this study using quantitative descriptive analysis using percentages. test results by learning experts get a percentage of 94%, elementary school game expert test results get a percentage of 96%, validation tests by Physical Education, Sports and Health experts get a percentage of 90%, media expert test results get a percentage of 96 %, the athletic expert test results get a percentage of 93%, the test results in the small group get a percentage of 89% and the large group test results get a percentage of 86%, and that means the overall test results by several experts as well as product tests for small groups and large groups in the product development of basic motion learning tools for running based on the articulate storyline application has very valid criteria and is suitable for use. It can be concluded that the product of developing basic motion learning tools for running based on the articulate storyline application is feasible to use and can be used as a learning support for the subject of Physical Education, Sports and Health in grade IV SD for basic motion learning material for running.

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan perangkat pembelajaran gerak dasar lari berbasis aplikasi articulate storyline. Pada teknik analisis yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan persentase. hasil uji oleh ahli pembelajaran mendapatkan hasil persentase sebesar 94%, hasil uji ahli permainan Sekolah Dasar mendapatkan hasil persentase sebesar 96%, uji validasi oleh ahli Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan diperoleh hasil persentase sebesar 90%, hasil uji ahli media mendapatkan hasil persentase 96%, hasil uji ahli atletik mendapatkan hasil persentase 93%, Hasil uji pada kelompok kecil diperoleh persentase 89% dan hasil uji  kelompok besar diperoleh persentase sebesar 86%, dan artinya keseluruhan hasil uji oleh beberapa ahli serta uji produk untuk kelompok kecil dan kelompok besar pada produk pengembangan perangkat pembelajaran gerak dasar lari berbasis aplikasi articulate storyline mendapatkan kriteria sangat valid dan layak digunakan. Maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan perangkat pembelajaran gerak dasar lari berbasis aplikasi articulate storyline ini layak digunakan dan dapat dijadikan sebagai penunjang pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas IV SD untuk materi pembelajaran gerak dasar lari.


Full Text:

PDF

References


Adi, S., & Fathoni, A. F. (2019). Development of Learning Model Based on Blended Learning in Sports School. https://doi.org/10.2991/acpes-19.2019.2

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020). Blended Learning Analysis for Sports Schools in Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 14(12), 149–164. Retrieved from https://www.online-journals.org/index.php/i-jim/index

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020). Mobile Learning sebagai Fasilitas Belajar Mandiri Pembelajaran Senam Lantai pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1158–1166. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13946/6206

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020). The effectiveness and efficiency of blended learning at sport schools in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change.

Al Habib, S.A. (2020). Potensi Penggunaan Articulate Storyline 3.6 Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Tingkat SMA Di Era Industri 4.0.

Aryadi, D. & Daulay, D.E. (2019). Pembelajaran Gerak Dasar Lari Melalui Permainan. Jurnal Prestasi 3(6), 87–92.

Christianto, J., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Cricket Berbasis Mobile Learning Pada Tim Olahraga Cricket Universitas Negeri Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 168. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p168-174

Dwiyogo, W. D., & Radjah, C. L. (2020). Effectiveness, efficiency and instruction appeal of blended learning model. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 16(4), 91–108. https://doi.org/10.3991/ijoe.v16i04.13389

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.

Fathoni, A. F. (2018). The Role of Blended Learning on Cognitive Step in Education of Sport Teaching by Adjusting the Learning Style of the Students. https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.49

Irawan, D. & Japarianto, E. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Kurniawan, A.W.,& Tangkudung, J. (2017). Development Of Interactive Multimedia-Based Gymnastics Floor Techniques Learning Model For Junior High School Students. Journal Of Indonesian Physical Education And Sport 3(1), 100–115.

Kristiono, I. D., Dwiyogo, W. D., & Hariadi, I. (2019). Pembelajaran Ilmu Gizi Olahraga Berbasis Blended Learning pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 235–241. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12004

Kurniawan, R., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2018). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Siswa SMA Menggunakan Model Countenance. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1–12. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11599

Leow, F,T., & Neo, M. (2014). Interactive Multimedia Learning : Innovating Classroom Education In A Malaysian University. The Turkish Online Journal Of Educational Technology 13(2), 99–100.

Maelani, W, & Mustara, S.S. (2020). Model Pembelajaran Gerak Dasar Lari Berbasis Permainan Tematik Pada Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif 2(3), 41–52.

Manulu, D.L, dkk. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Latihan Kekuatan Pada Matakuliah Spesialisasi Kondisi Fisik Dasar Untuk Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan. Jurnal Sport Science and Health 2(1), 49–57.

Masgumelar, N. K., Dwiyogo, W. D., & Nurrochmah, S. (2019). Modifikasi Permainan menggunakan Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 4(7), 979–986. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12645

Mustafa, P.S. & Dwiyogo, W.D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA) 3(2), 422–438.

Pahliwandari, R. (2017). Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga 5(2), 154–164.

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Permendikbud No 37 Tahun 2018 KI-KD SD SMP SMA.

Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan Learning Media Based On Articulate Storyline 2 On Drawing Function Graphs Lesson In Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi 7(1), 19–35.

Priankalia Arwanda, Sony Irianto, & Ana Andriani. (2020). Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4(2), 194–204.

Purnama, S. I, Asto, I. G. P. B. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tei 1 Di Smk Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 3(2), 257–279.

Rahman, Z, Kurniawan, A. W, & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Sport Science and Health 2(1), 78–92.

Rena Agustina, Harun Sitompul. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan 2(1), 1–14.

Rodriquez, E. I. S., Dwiyogo, W. D., & Supriyadi. (2020). Blended Learning Matakuliah Sepakbola untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 5(2), 206–213.

Sapitri, D, Bentri, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA. Jurnal Inovtech 2(1), 56-62.

Semakur, Y. (2020). Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Gerak Dasar Lari Pada Siswa Kelas V Sd Katolik 041 Talibura. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora 1(11), 1–8.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis it. Jurnal Sejarah dan Budaya 10(02), 186–192.

Winarno, M. E. (2013). Metodologi Peneltian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu dan Kesehatan Olah Raga diindeks oleh:

beasiswa Google

Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Penerbit:
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang

ISSN: 2715-3886 (Media Online)
SK Nomor 0005.27153886 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.12 - 17 Desember 2019

Kantor Terletak