PENINGKATAN KELAYAKAN MITRA UMKM DALAM RANGKA MENGAKSES SUMBER PEMBIAYAAN PADA USAHA BORDIR DI KABUPATEN MOJOKERTO

Rini Armin, Kasnowo Kasnowo

Abstract


Abstrak: UMKM merupakan penggerak sektor ekonomi Indonesia, memiliki
potensi yang sangat baik, namun masih memiliki kelemahan dalam pengelolaannya. Pengabdian ini dilakukan pada Hanik Bordir di Mojokerto.
Metode yang digunakan mencakup idenfikasi masalah dan pendampingan
berdasrkan kebutuhannya dengan materi penyusunan proposal pendampingan
penyusunan laporan keuangan sederhana dan pendampingan penyusunan
proposal pengajuan pembiayaan atau investasi. Pelaksanaan program ini terbagi
menjadi tahap perencanaan, penyerahan modul, tahap kunjungan ke mitra, tahap simulasi data, Berdasarkan beberapa tahapan yang sudah dilaksanakan, diketahui bahwa setelah kegiatan ini, mitra sudah paham tentang cara menyusun laporan keuangan sederhana,mampu membuat proposal investasi yang baik, serta mengetahui dan memahami kondisi keuangan saat ini seerta mampu mengidentifikasi laba usahanya.

Abstract: SMEs are the driving force of the Indonesian economy, have very good potential, but still have weaknesses in their management. This dedication was carried out at Hanik Bordir in Mojokerto. The method used includes idenfication of problems and assistance based on their needs with the material preparation of proposals for assistance in preparing simple financial statements and assistance in preparing proposals for financing or investment proposals. The implementation of this program is divided into the planning stage, the submission of modules, the stage of visits to partners, the stage of data simulation, Based on several stages that have been carried out, it is known that after this activity, partners have understood about how to prepare simple financial statements, are able to make good investment proposals, and knowing and understanding the current financial condition and being able to identify the operating profit.


 

Full Text:

PDF

References


Anonimous. (2003). Grand Strategi Pengembangan Sentra UKM. Kementrian koperasi dan UKM RI. Jakarta.

Anoraga, P., & Djoko, S. (2002). Koperasi, Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Rineka Cipta. Jakarta.

Lim, J. (2011). Sales Doctor. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Titik, W. (2012). Marketing Plan dalam bisnis. Elex Media Komputindo. Jakarta.

www.Anekamesin.com, diakses April 2017.

www.CNNIndonesia.com, diakses April 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v1i22019p78-85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: