PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK GURU SMK

Wahyu Nur Hidayat, Tri Atmadji Sutikno, Patmanthara Patmanthara, Chrismon Dwi Indah Kartikasari, Azmi Fachriza Firdaus

Abstract


Abstrak: Perkembangan teknologi digital yang semakin masif memberikan peluang bagi guru untuk pengoptimalan pembelajaran berbantuan TIK. Augmented Reality (AR) merupakan salah satu teknologi digital yang potensial untuk dikembangkan dan diterapkan dalam pendidikan. AR dapat dimanfaatkan guru untuk menjelaskan materi secara lebih detail dan tervisualisasi dengan baik. Implementasi AR dalam pendidikan pun didukung oleh penggunaan smartphone di kalangan siswa. Begitu potensialnya AR sebagai media pembelajaran digital di era milenial, ternyata tidak diimbangi dengan pengetahuan dan keterampilan guru dan mengembangkan media AR. Paper ini bertujuan untuk menguraikan kegiatan pelatihan peningkatan keterampilan pembuatan media pembelajaran berbasis AR untuk Guru SMK. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan di SMKN 2 Probolinggo dengan jumlah peserta sebanyak 30 guru yang terdiri dari guru SMKN 1-4 Probolinggo, SMKN 1 Bondowoso dan SMKN 5 Jember. Kegiatan pelatihan berupa seminar, workshop, pendampingan, penugasan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan peningkatan pengetahuan peserta yang signifikan dengan nilai gain score 0.564 dan masuk kategori tinggi.

Abstract: The increasingly massive development of digital technology provides opportunities for teachers to optimize ICT-assisted learning. Augmented Reality (AR) is one of the potential digital technologies to be developed and applied in education. AR can be used by the teacher to explain the material in more detail and visualize it well. The implementation of AR in education is also supported by the use of smartphones among students. Once the potential of AR as a digital learning media in the millennial era, it was not balanced with the knowledge and skills of teachers and developing AR media. This paper aims to describe the training activities to improve the skills of making AR-based learning media for vocational teachers. The training activities were carried out at SMKN 2 Probolinggo with 30 participants consisting of 1-4 Probolinggo SMKN teachers, Bondowoso 1 SMKN and 5 Jember SMKN. Training activities include seminars, workshops, mentoring, assignments and evaluations. Based on the evaluation results obtained a significant increase in knowledge of participants with a gain score of 0.564 and included in the high category.

Full Text:

PDF

References


D. dan Bintoro. (2014). Manajemen Diklat. Yogyakarta: Gava Media

H.B. Uno. (2010). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Kaswan. (2018). Pelatihan dan Pengembangan, untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Bandung: Alfabeta

R. dan Sunarto, (2011). Pengantar Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2011

Sukardi. (2012). Pengantar Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada Press

Tjiptono. (2006). Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Andi

S.E.P.Widoyoko. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

W. N. Hidayat. (2011). “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran TANDUR Berbantuan Web Interaktif terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII SMPN 3 Malang,” Universitas Negeri Malang, 2011.

Wirawan. (2012). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v1i22019p93-103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: