IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN RODA RUMUS MATEMATIKA TERHADAP TEORI BANGUN RUANG DAN BANGUN DATAR
Abstract
Abstrak: Roda matematika yang memuat rumus-rumus yang berkaitan dengan teori bangun ruang dan bangun datar ini bertujuan untuk membantu siswa sekolah dasar/madrasah setingkat Ibtidaiyah dalam matematika merupakan pengembangan media pembelajaran. Penyampaian materi melalui media pembelajaran terkait rumus pada bangun ruang dan bangun datar kepada siswa memiliki tujuan guna mempermudah guru dalam menyampaikan pembelajaran. RnD atau (Research and Development) merupakan jenis penelitian yang digunakan. Penggunaan metode Rnd dikarenakan peneliti telah mengembangkan suatu produk baru sebagai salah satu bentuk pengabdian terhadap masyarakat. Hasil pengembangan media pembelajaran roda matematika akan diberikan kepada pihak Sekolah Dasar Negeri Purworejo 02, Desa Purworejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Penyampaian materi dikelas merupakan faktor yang membuat RnD atau (Research and Development) dikatakan efektif terhadap media pembelajaran roda rumus matematika. Pembelajaran menggunakan buku cetak terkait pemahaman rumus matematika terkait bangun datar dan bangun ruang dianggap tidak menarik minat siswa dibandingkan adanya media pembelajaran roda rumus matematika yang didesain menarik.
Abstract: The mathematical wheel that contains formulas related to the theory of geometric shapes and flat shapes aims to help elementary school/madrasah students at the Ibtidaiyah level in mathematics as a learning media development. Submission of material through learning media related to formulas in spatial and flat shapes to students has the aim of making it easier for teachers to convey learning. RnD or (Research and Development) is the type of research used. The use of the Rnd method is because researchers have developed a new product as a form of community service. The results of the development of the mathematics wheel learning media will be given to the Purworejo 02 State Elementary School, Purworejo Village, Ngantang District, Malang Regency. Submission of material in class is a factor that makes RnD or (Research and Development) effective against learning media for the wheel of mathematical formulas. Learning to use printed books related to understanding mathematical formulas related to flat shapes and shapes is considered not to attract students' interest compared to the interestingly designed mathematical formula wheel learning media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, S., & T.S, M. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2), 78–90. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/05/PRINT JURNAL SITI (05-09-13-03-29-59).pdf
Anggarini, N. P., Sumarno, S., & Subekti, E. E. (2019). Keefektifan Model Two Stay Two Stray Berbantu Media Roda Pintar Matematika Terhadap Hasil Belajar. Janacitta, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i1.51
Kdise, E., Urath, S., Rangotwat, C. A., & Ratuanik, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Kreatif Roda Pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP Kristen Batuputih. 2(12), 2013–2027.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–33. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020
Mauladayanti, R., & Supriyadi. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep dengan Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantu Media Roda Bangun Datar Elektrik Pada Siswa Kelas VII SMP. Journal of Mathematics Learning, 2(1), 29–34.
Maulana, I. (2010). Implikasi Karakteristik Matematika Dalam Pencapaian Tujuan Mata Pelajaran Matematika di Smp/MTs. 1–34.
Nasaruddin, N. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232
Nur. (2004). Teori-teori Perkembangan Kognitif (2 ed.). UNESA Pusat Sains dan Matematika.
Nurmasari, R., Vahlia, I., & HRA. Mulyani. (2017). Efektivitas Penggunaan Model Mind Mapping Berbantu Alat Peraga Roda Pintar Terhadap Kreativitas Siswa SMP Negeri 2 Kotagajah Pada Materi Bangun Ruang. Prosiding Seminar Nasonal Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 281–287.
Pembukaan Undang-Undang Dasar Alinea 4. (n.d.).
Permendiknas No. 22 Tahun 2006. (2006).
Prasetyo, D. H. (2017). Pengaruh Media Roda Bangun Datar Terhadap Minal Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDIT Cahaya LA-Royba Kota Serang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 31–38.
Primasari, R., Zulfiani, Z., & Herlanti, Y. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Di Madrasah Aliah Negeri Se-Jakarta Selatan. Edusains, 6(1), 67–72. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1101
Rahman, A., Bernard, B., & Sutarman, A. A. (2018). Efektifitas Media Roda Bangun Datar dengan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write. Issues in Mathematics …, 2(1), 35–42. http://103.76.50.195/imed/article/view/9479
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Solichah, M., Akhwani, A., Hartatik, S., & Ghufron, S. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 28(2), 51–59. https://doi.org/10.17977/um035v28i22020p051
Solichah, M., Akhwani, Hartatik, S., & Ghufron, S. (2021). Pemanfaatan Media Roda Putar Dalam. Wahana Sekolah Dasar, 29(2), 80–92.
Sudarwanto, S., & Hadi, I. (2014). Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. Sarwahita, 11(1), 32. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.06
Tafonao. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.
Undang Undang No 20 Tahun 2003 Pasal 1 Tentang Sisdiknas. (2003).
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v4i22022p134-141
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: jgp@um.ac.id
View JGP's Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Index by: