PROGRAM KELAS BACA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK SD NEGERI WONOSARI 1 NGAWI

Asri Susanti, Desti Nur Aini

Abstract


Abstrak: Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia yang menjadi tantangan adalah rendahnya kemampuan membaca pada peserta didik di tingkat sekolah dasar. Membaca menjadi dasar utama untuk memperoleh pengetahuan di berbagai bidang dan berperan penting dalam proses pembelajaran di sekolah. Permasalahan rendahnya kemampuan membaca juga terjadi pada beberapa peserta didik kelas I, II, III, dan IV di SD Negeri Wonosari 1, Ngawi. Program Kelas Baca yang dilakukan di SD Negeri Wonosari 1 bertujuan untuk membantu peserta didik agar mampu membaca dengan lancar dan benar serta menumbuhkan minta bacanya. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh salah satu Mahasiswi Universitas Negeri Malang yang tergabung dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 3 di SD Negeri Wonosari 1 dilakukan melalui tahap pra kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan pasca kegiatan. Hasil evaluasi dari kegiatan  menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan membaca pada peserta didik yang mengikuti program Kelas Baca. Selain itu, peserta didik mampu menceritakan kembali isi buku yang telah dibaca dan terjadi peningkatan minat baca yang ditunjukkan dengan aktivitas membaca mandiri saat jam istirahat. Wali kelas mengakui bahwa peserta didik mudah memahami materi pembelajaran karena kemampuan membacanya semakin meningkat.

 

Abstract: One issue of education in Indonesia that has become a challenge is the low reading ability of students at the elementary school level. Reading is the main basis for acquiring knowledge in various fields and plays an important role in the learning process at school. The problem of low reading ability also occurs in some students in grades I, II, III, and IV at Wonosari 1 State Elementary School, Ngawi. The Reading Class program at SD Negeri Wonosari 1 aims to help students to be able to read fluently and correctly and to grow their reading requests. Community service activities carried out by one of the State University of Malang students who are part of the 3rd Generation Teaching Campus Program at Wonosari 1 State Elementary School are conducted through pre-activity, activity implementation, and post-activity stages. The evaluation results of the activity show an increase in reading skills in students who take part in the Reading Class program. In particular, students were able to retell the contents of the books they had read and there was an increase in interest in reading as shown by independent reading activities during their breaks. The classroom teacher admitted that students easily understand learning materials because their reading ability has improved.


Keywords


kelas baca, kemampuan membaca, peserta didik, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus, Tita Mulyati, and Hana Yunansah. 2017. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Ajnani, S., N. Dantes, and G. Artawan. 2019. “Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas v Sd Gugus II Kuta Utara.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 3(2):74–83.

Cahya, Widya. 2020. “Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Taare Zameen Par Dan Relevansinya Dengan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.”

Faradina, Nindya. 2017. “Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten.” Hanata Widya 60(6):8.

Hapsari, Yuniar Indri, Iin Purnamasari, and Veriliyana Purnamasari. 2019. “Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang.” Indonesian Journal Of Educational Research and Review 2(3):371. doi: 10.23887/ijerr.v2i3.22634.

Hilda Hadian, Latifah, Sugara Mochamad Hadad, and Ina Marlina. 2018. “Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 4(2):212–42. doi: 10.36989/didaktik.v4i2.73.

Ilmi, Nurul, Neneng Sri Wulan, and D. Wahyudin. 2021. “Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5):2866–73.

Iswara, Prana D. 2016. “Pengembangan Materi Ajar Dan Evaluasi Pada Keterampilan Mendengarkan Dan Membaca.” Mimbar Sekolah Dasar 3(1):89–97. doi: 10.17509/mimbar-sd.v3i1.2359.

Mulyo Teguh. 2017. “Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolahuntuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti.” Prosiding Seminar Nasional 18–26.

Ramandanu, Febriana. 2019. “Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa.” Mimbar Ilmu 24(1):10. doi: 10.23887/mi.v24i1.17405.

Suragangga, N. 2017. “Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas.” Penjaminan Mutu Lembaga Pendidikan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v4i42022p361-369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: