PELATIHAN DAN IMPLEMENTASI ALAT PERAGA INOVASI BERBASIS RISET BAGI GURU IPA MTS KOTA MALANG

Hartatiek Hartatiek, Maulia Ingganis Wuriantika, Yudyanto Yudyanto, Edi Supriana, Ahmad Taufiq

Abstract


Minimnya penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA disebabkan oleh jumlah alat peraga di sekolah yang terbatas. Penggunaan alat peraga inovasi dapat mengatasi masalah ini. Pelatihan mengenai pengembangan alat peraga sangat dibutuhkan bagi guru pengampu mata pelajaran IPA. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu guru IPA berinovasi menggunakan alat peraga sederhana. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah pembimbingan, pembuatan alat, uji coba alat, dan implementasi secara langsung dalam kelas. Hasil angket menunjukkan kesuluruhan peserta memberikan predikat sangat baik yang menunjukkan bahwa alat peraga yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa dan layak digunakan. Nilai rata-rata yang didapatkan dari hasil angket yaitu 84.3, 95.1, dan 89,4 masing-masing untuk alat peraga Hukum Ohm, Resonansi, dan Hukum Hooke. Respon yang diberikan siswa pada implementasi alat peraga inovasi ini menunjukkan bahwa alat peraga inovasi ini layak digunakan dalam pembelajaran IPA.

Keywords


Alat peraga; IPA; Praktikum

References


Aminulloh, A. M. (2014). Keefektifan alat Peraga bunyi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. E-Journal Pensa, 06(02), 134–140.

Arifin, P. P., Endah, N., Fitri, A., & Br, S. (2021). Inovasi Media Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(9), 1366–1373.

Arifuddin, A., & Maufur, S. (2018). Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SD / MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10–17.

Damayanti, F. F., Nuvitalia, D., & Huda, C. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Alat Peraga Tabung Resonansi Horizontal terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa. Prosiding Seminar Nasional The 5 Lontar Physics Forum 2019, 1–9.

Elisa, Mardiyah, A. (2018). Pemanfaatan Alat Peraga IPA Untuk Peningkatan pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa SMA Negeri I Sayurmatinggi Tahun Pelajaran 2017/2018. Eksakta Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 3 No 2, 51–55.

Fitriah, L.S. Utami, J. Sabaryati. M. I. (2020). Pengembangan Alat Peraga Fisika Berbasis Home Material Materi Suhu dan Kalor. Orbita: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6 No. 1, 196–202.

Lusiana, Y. M. (2010). Pembelajaran Materi Elastisitas dan Hukum Hooke dengan Model Pembelajaran Guided Discovery Di SMA Negeri 1 Jenggawah ( Studi Pada Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa ). Journal Pembelajaran Fisika, 6(1), 65–71.

Masyruhan, M., Pratiwi, U., Hakim, Y. Al, Fisika, P., & Purworejo, U. M. (2020). Perancangan Aalat Peraga Hukum Hooke Berbasis Mikrikontroler Arduino Sebagai Media Pembelajaran. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(2).

Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2018). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 2–6.

Riyanti, G. A. (2015). Penerapan Alat Peraga Seri-Paralel DC Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Hukum Ohm. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF 2015, IV(6), 129–134.

Ruslan Iswandi, M. Q. (2014). Uji Coba Alat Eksperimen Hukum Hooke pada Penentuan Konstanta Pegas dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Journal Pendidikan Fisika, 2(2), 34–38.

S. Qomariyah, R. Wirawan, Ngurah, I. G., & Handayana, Y. (2020). Pendalaman konsep fisika menggunakan alat peraga berbasis mikrokontroler pada siswa SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4 No. 1(November), 491–495.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735–1742.

Setyowati, N., & Susilo, B. E. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Peluang. Kreano, 7(1), 24–30.

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 2(2), 252–261.

Wicaksoni, H. T., Kurniawan, E. S., & Maftukhin, H. A. (2014). Pengembangan Alat Peraga Resonator sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XII SMA. Radiasi, 3(2), 3–5.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v5i12023p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: