PENDAMPINGAN PENGAPLIKASIAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK BAGI GURU DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN MOJORUNTUT KREMBUNG

Deni Ainur Rokhim, Carlina Sukma Ayu Kurniawan

Abstract


Tulisan ini membahas tentang media pembelajaran yang dapat membantu serta memudahkan guru dalam menunjang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik TK. Selain bagi peserta didik, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru TK dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Pendampingan pengaplikasian media pembelajaran ini sesuai dengan standar kurikulum, dimana peserta didik dituntut untuk lebih aktif. Metode yang digunakan yakni dalam bentuk diskusi,  ceramah, dan dokumentasi. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah: 1) memberikan pemahaman tentang teknik pengaplikasian media pembelajaran big book, 2) memberikan pemahaman tentang teknik pengaplikasian media pembelajaran big book yang baik dan benar, 3) melakukan simulasi pengaplikasian media pembelajaran big book peserta didik yang ada di TK Dharma Wanita Persatuan, Mojoruntut. Kegiatan ini diikuti oleh lima orang guru di TK. Dari hasil pengaplikasian media pembelajaran ini, didapatkan bahwa guru juga merasakan keefektifan media pembelajaran big book dikelas. Guna meningkatkan pemahaman peserta didik dalam berimajinasi mengenai cerita yang disampaikan oleh guru.

Keywords


Pendampingan; big book; kemampuan mengajar guru; Krembung

References


Dhieni, N. (2014). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.

Hasnida. (2014). Analisa Kebutuhan Anak Usia Dini. Luxima Metro Media.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Prenadamedia Group.

Nasional., K. P. (2010). Kurikulum Taman Kanak-kanak, Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Noprianti. (2011). Meningkatkan Minat Baca Anak dengan Menggunakan Media Visual Big book Warna Bergambar pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Al-Karimah Kecamatan Tampan Pekan Baru. epository.unri.ac.id

Sadiman, A., S. (1986). Media Pendidikan: Pengeratian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. CV Rajawali.

Solehuddin. (2009). Pembaharuan Pendidikan TK. Universitas Terbuka.

USAID. (2014). Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi Kelas Awal SD/MI di LPTK. USAID.

Yuniarti, T. (2016). Metode Socrates Dalam Pembelajaran Berpikir Kritis Aplikasi Dalam Matematika. Media Akademi.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v5i22023p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: