Sosialisasi Pendidikan Karakter kepada Anggota Organisasi Pemuda Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Jayapura Di Kota Jayapura

Henry Christope Iwong

Abstract


ABSTRAK

Pelaksanaan program ini merupakan bagian dari melaksanakan kegiatan Tri Dharma perguruan Tinggi yaitu pengabdian. Kegiatan pengabdian ini dilakukan bersama dengan kelompok masyarakat yaitu organisasi kepemudaan PMKRI Cabang Jayapura Provinsi Papua melalui sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan karakter. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan karakter oleh peserta sosialisasi yang merupakan anggota organisasi PMKRI Cabang Jayapura Provinsi Papua. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dilakukan selama sehari dan menggunakan metode presentasi, diskusi, evaluasi sebelum dan sesudah sosialisasi untuk mengukur capaian tujuan dari kegiatan sosialisasi. Jumlah peserta yang terlibat adalah 16 orang dari target 20 orang peserta. Hasil pelaksanaan program sosialisasi berjalan dengan baik dan semua peserta dapat memahami definisi dan pelaksanaan pendidikan budi pekerti serta tanggung jawab bersama terutama generasi muda untuk turut serta menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Provinsi Papua.


Keywords


Budi Pekerti, Papua, Pendidikan, PMKRI, Sosialisasi.

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali Muhtadi (2010) Strategi Mengimplementasikan Pendidikan Budi Pekerti Secara Efektif Di Sekolah. Google Schoolar.

Daroe Iswatiningsih (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Sekolah, Jurnal Satwika, Vol.3, No.2, Hal. 155-164.

Rosa Susanti (2013). Penerapan pendidikan karaktek di kalangan mahasiswa, Jurnal Al-Talim, jilid 1, nomor 6, hal. 480-487.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v5i22023p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: