TEKNIK MINDFUL BREATHING UNTUK MENGURANGI ANXIETY DAN STRESS ORANG TUA SAAT MENDAMPINGI PEMBELAJARAN DARING ANAK

Maulida Salwa Ramadhania, Fauziah Ilmi Qonita, Mahirotul Mahdiyah, Rizka Apriani

Abstract


Mindful breathing merupakan sebuah keterampilan bernafas yang  dapat digunakan untuk membantu individu dalam mengatasi perasaan tertekan serta rasa cemas. Teknik ini bersifat sederhana dan mudah, sehingga sesuai untuk diimplikasikan kepada para orang tua yang mengalami stress dan anxiety saat mendampingi pembelajaran daring anak di masa pandemi. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai pemberian pelatihan teknik mindful breathing untuk mengurangi stress dan anxiety pada orang tua yang mendampingi pembelajaran daring anak. Dalam kegiatan ini dilakukan penyuluhan pemberian materi mengenai stress parenting, mindful parenting serta mindful breathing. Kemudian akan dilakukan pelatihan mindful breathing dan diakhiri dengan kegiatan sharing session serta evaluasi untuk mengetahui progress setelah dilakukan pelatihan teknik mindful breathing. Berdasarkan hasil evaluasi, diketahui jika setelah melakukan teknik mindful breathing, sebanyak 62,5% peserta pelatihan mengalami pengurangan rasa stress dan anxiety. Sementara hambatan yang dialami peserta yang belum berhasil mengurangi rasa stress dan anxiety disebabkan oleh lingkungan yang kurang kondusif untuk mempraktekkan teknik serta kesibukan pribadi yang dimiliki.

Keywords


anxiety, mindful breathing, stress



DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v5i22023p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: