TEKNIK MINDFUL BREATHING UNTUK MENGURANGI ANXIETY DAN STRESS ORANG TUA SAAT MENDAMPINGI PEMBELAJARAN DARING ANAK
Abstract
Mindful breathing merupakan sebuah keterampilan bernafas yang dapat digunakan untuk membantu individu dalam mengatasi perasaan tertekan serta rasa cemas. Teknik ini bersifat sederhana dan mudah, sehingga sesuai untuk diimplikasikan kepada para orang tua yang mengalami stress dan anxiety saat mendampingi pembelajaran daring anak di masa pandemi. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai pemberian pelatihan teknik mindful breathing untuk mengurangi stress dan anxiety pada orang tua yang mendampingi pembelajaran daring anak. Dalam kegiatan ini dilakukan penyuluhan pemberian materi mengenai stress parenting, mindful parenting serta mindful breathing. Kemudian akan dilakukan pelatihan mindful breathing dan diakhiri dengan kegiatan sharing session serta evaluasi untuk mengetahui progress setelah dilakukan pelatihan teknik mindful breathing. Berdasarkan hasil evaluasi, diketahui jika setelah melakukan teknik mindful breathing, sebanyak 62,5% peserta pelatihan mengalami pengurangan rasa stress dan anxiety. Sementara hambatan yang dialami peserta yang belum berhasil mengurangi rasa stress dan anxiety disebabkan oleh lingkungan yang kurang kondusif untuk mempraktekkan teknik serta kesibukan pribadi yang dimiliki.
Keywords
anxiety, mindful breathing, stress
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v5i22023p%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: jgp@um.ac.id
View JGP's Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Index by: