PELATIHAN PENGUATAN DIGITAL MARKETING DI KELURAHAN KETAMI SEBAGAI SOLUSI PENUNJANG PASAR BISNIS GLOBAL MENUJU ERA-REVOLUSI INDUSTRI 5.0

Zihan Novita Sari, Siti Masula, Ica Purnamasari, Arief Darmawan, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


Abstrak: Era Revolusi Industri 4.0 merupakan era digital dimana semua pekerjaan apapun bisa dilakukan dengan mudah melalui teknolgi internet dengan kapabilitas yang sangat besar, namun belum lama ini beberapa negera sudah berjalan menuju era Revolusi 5.0 yang mana semua apapun pekerjaan bisa tercover dengan mudah dengan teknologi yang lebih prima lagi serta pembacaan data yang lebih terstruktural. Tujuan dari Pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan bagi para warga kelurahan Ketami dalam cara penggunakan teknologi sebagai salah satu alat saran atau wadah dalam memperkenalkan Usaha yang di miliki oleh warga khusunya keluruahan Ketami, sehingga usaha yang dimiliki oleh warga diketahui oleh masyakat lokal maupun non lokal. Metode yang dilakukan dalam pengadian ini menggunakan metode Rencana pemecahan masalah, yang dibagi menjadi 2, yaitu 1. mencari Alternatief pemecahan masalah. 2. memilih salah satu alternatief yang tebaik, kegiatan ini di lakukan selama 4 kali dalam 2 bulan.  Berdasarkan hasil pelatihan dan wawancara kepada warga kelurahan ketami mampu mengaplikasikan aplikasi platform Place Market, sehingga penjualan hasil UMKM Warga ada peningkatan yang singnifikan.

 

Abstract: The Industrial Revolution 4.0 era is a digital era where all work can be done easily through internet technology with enormous capabilities, but recently several countries have walked towards the 5.0 Revolution era where all kinds of work can be easily covered with available technology. . better and more structured data reading. The purpose of this community service is to provide training to the residents of Ketami village how to use technology as a means of counseling or a forum to introduce businesses owned by residents, especially Ketami village, so that the businesses owned by residents are known by the community. local and non-local communities. . The method used in this trial uses a problem-solving plan method which is divided into 2, namely 1. looking for alternative problem solving. 2. choose one of the best alternatives, this activity is carried out for 4 times in 2 months. Based on the results of training and interviews with residents of the Ketami village, they were able to apply the Place Market platform application, so that the sales of the results of the UKM residents experienced a significant increase.


Keywords


digital marketing, revolusi industri 5.0

Full Text:

PDF

References


Amaru, K., Asdak, C., & Balia, R. (2013). Penyuluhan Pengenalan Peta Dan Identifikasi Potensi Daerah Untuk Pembuatan Peta Potensi Desa Di Desa Jatimekar Dan Desa Cijati Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 2(1), 32–40.

Isnaini, W. (2019). Pelatihan Pengutan Brand Serta Penggunaan Digital Marketing Bagi Kelompok Batik Sariwarni Kabupaten Madiun. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 2(2), 305. https://doi.org/10.22146/jp2m.49046

Jabar, M. A., Bakri, M., Purnama, A., Hudri, F., Mahendra, V. R., & Rahman, A. S. (2021). Meningkatkan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Budidaya Ikan Cupang Dimasa Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen 1, 1(2), 109–118.

Kurniawan, A. (2021). Pendampingan Entrepreneurship Budidaya dan Pemasaran Ikan Cupang (Betta sp.) oleh Alumni Jurusan Akuakultur, Universitas Bangka Belitung. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 14. https://doi.org/10.33633/ja.v4i1.143

Pontoh, O. (2010). Identifikasi Dan Analisis Modal Sosial Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Desa Gangga Dua Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Perikanan Dan Kelautan Tropis, 6(3), 125. https://doi.org/10.35800/jpkt.6.3.2010.156

Setiawan, E., Suwarman, R. F., Firmansyah, A., & Saputra, M. D. (2021). Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang serius di sektor ekonomi. Jurnal Abdimas Sang Buana, 2(1), 20.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v4i42022p296-303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: