PELATIHAN PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA DIGITAL INTERAKTIF UNTUK GURU MADRASAH ALIYAH

Kholisin Kholisin, Irhamni Irhamni, Moch. Wahib Dariyadi, Moh. Fauzan

Abstract


Salah satu masalah pembelajaran gramatika bahasa Arab di Madrasah Aliyah (MA) adalah kurangnya kemampuan dalam membuat variasi pengajaran, utamanya dalam memanfaatkan media digital. Berdasarkan pertimbangan tersebut tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan pembelajaran gramatika bahasa Arab berbasis media interaktif untuk guru bahasa Arab MA se Kabupaten Malang.  Metode yang digunakan adalah metode langsung, praktik individual dan pendampingan. Ada empat materi yang disampaikan dalam pelatihan, yaitu (1) pembelajaran nahwu berbasis peta konsep melalui program interaktif lectora, (2) pembelajaran nahwu dengan pendekatan post method secara daring, (3) pemanfaatan aplikasi canva dan padlet untuk pembelajaran nahwu, dan (4) Pengembangan Video Pembelajaran Nahwu Berbantuan Aplikasi Screen-Cast-O-Matic. Di akhir pelatihan dilakukan pendampingan berkala selama dua bulan dan evaluasi. Kegiatan telah berjalan dengan sukses, dengan hasil yang baik dan mempunyai manfaat yang cukup tinggi bagi peserta. Hal ini dibuktikan dengan komentar dan saran yang disampaikan peserta melalui angket evaluasi yang disebarkan di akhir acara. Kendala yang dialami sebagian peserta lebih banyak berkaitan dengan aplikasi dan signal internet. Tetapi karena sudah merupakan tuntutan, maka mereka tetap berusaha berusaha menyesuaikan diri.


Keywords


pembelajaran; gramatika bahasa Arab; media digital

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Maman; A. Suherman, Masor, Asep M. Irfan Fadhlillah. 2015. Tantangan Guru Bahasa Arab Madrasah aliyah dalam Perspektif Kompetensi Pedagogik dan Profesional. Arabiyât: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2, (1), 2015, 43-58

Ahsanuddin, M. 2015. Pemanfaatan E-learning untuk Pembelajaran Keterampilan Qira’ah. Prosiding Konasbara I Prodi PBA UM.

Buran, A. and Filyukov, A. (2015) ‘Mind Mapping Technique in Language Learning’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 206(November), pp. 215–218. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.10.010.

Cho, M. H., & Jonassen, D. (2009). Development of the human interaction dimension of the Self‐Regulated Learning Questionnaire in asynchronous online learning environments. Educational Psychology, 29(1), 117-138.

Dharmawati. 2017. “Penggunaan Media e-Learning Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran English for Business”. QUERY: Jurnal Sistem Informasi, Volume: 01, Nomor: 01, April 2017 ISSN 2579-5341 (online)

Effendy, A. Fuad. 2012. Modul Pendalaman Materi Bahasa Arab. Malang: PSG rayon 115 Universitas Negeri Malang

Gómez Betancur, M. and King, G. (2014) ‘Using mind mapping as a method to help ESL/EFL students connect vocabulary and concepts in different contexts’, Revista Trilogía, (10), pp. 69–85.

Kemenag Kabupaten Malang. 2018. Data Guru Bahasa Arab Madrasah di Kabupaten Malang.

Kementerian Agama RI. 2014. Kurikulum Madrasah Aliyah Mata Pelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kantor Kemenag.

Kholisin & Irhamni. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Kalam Berbasis Phonetic Accuracy untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Prodi Bahasa Arab. Jurnal Bahasa dan Seni , Tahun 34 vol. 2

Kholisin, Achmad Tohe, M. Wahib Dariyadi. 2019. Pelatihan Pembelajaran Kalam Berbasis Phonetic Accuracy untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Guru Bahasa Arab MA se Kabupaten Malang. Laporan Pengabdian kepada Masyarakat LP2M UM, tidak diterbitkan.

Kim, D., Yoon, M., Jo, I. H., & Branch, R. M. (2018). Learning analytics to support self-regulated learning in asynchronous online courses: A case study at a women's university in South Korea. Computers & Education, 127, 233-251.

Maswani, Wati Susiawati . 2017. Kompetensi Profesional Guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Jakarta. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol. 4 No. 2, Desember 2017, 185-203

Nunan, D. 1999. Second Language Teaching and Learning.Boston: Heinle & Heinle Publisher

Siron, Y., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2020). Factors affecting the adoption of e-learning in Indonesia: Lesson from Covid-19. JOTSE: Journal of Technology and Science Education, 10(2), 282-295.

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology , 3 (3), 140-146. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., ... & Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: