PELATIHAN DIGITALISASI POTENSI SITUS PRASEJARAH PACITAN BAGI GURU MGMP IPS KABUPATEN PACITAN DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR
Abstract
Keywords
References
Alannasir, W. (2016). Pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas iv sd negeri mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81.
Alfahmi, M. N. A. (2021). Pengembangan metriex (multimedia threeâ€TM d exercise) berbasis 3d modelling pada materi peninggalan paleolitik sungai baksoka untuk menumbuhkan kesadaran sejarah siswa kelas x multimedia 1 SMKN 5 Malang [PhD Thesis, Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/198819/
Amaliyah, D. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Di SMP Muhammadiyah 15 Lamongan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.18860/jpips.v4i2.7314
Anggriani, F., Karyadi, B., & Ruyani, A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Lingkungan untuk Studi Ekosistem Sungai. PENDIPA Journal of Science Education, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.2.100-105
Azmi, I., Asy’ari, M., Prayogi, S., Hunaepi, H., Firdaus, L., Rahmawati, H., & Sukarma, I. K. (2024). Pengembangan Keterampilan Praktis Mahasiswa melalui Program Pelatihan Alat Peraga Laboratorium IPA. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 374–386.
Gafar, A. (2017). Penggunaan Internet Sebagai Media Baru dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.33087/jiubj.v8i2.245
Haviza, D., Setriani, L., & Suryani, A. I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8.0 dalam Meningkatkan Motivasi Elajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XII IPS di MAN 2 Solok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), Article 4.
Herdianti, N. P., Hanim, W., & Hasanah, U. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7393
Ifrianti, S., & Emilia, Y. (2018). Pemanfaatan lingkungan sekitar Sebagai media pembelajaran ips untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar peserta didik Kelas III MIN 10 Bandar Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 22–42.
Ilyas, I., Nur, M., Alimuddin, I., & Muda, K. T. (2023). DigitalisasiI gua prasejarah bergambar di kawasan Karst Maros-Pangkep: Studi kasus Leang Lambatorang Kabupaten Maros. Jurnal Ilmu Budaya, 11(2), 208–2015.
Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859
Kadir, A. (2013). Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2921316&val=25715&title=Konsep%20Pembelajaran%20Kontekstual%20di%20Sekolah
Mulyana, E., Dahlena, A., Tetep, T., Rohman, S. N., Widyanti, T., Suherman, A., Dianah, L., Uno, I. C., & Rostiani, A. (2023). Efektifitas media pembelajaran Powtoon untuk meningkatkan hasil belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.52706
Nabila, A. R., Jati, S. S. P., & Sulistyo, W. D. (2023). Media pembelajaran board game Jamapra (jelajah zaman prasejarah) untuk siswa sekolah menengah atas. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.25273/ajsp.v13i1.10598
Naibaho, E. J. P. (2022). Pengaruh Kemampuan Guru Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir. Jurnal Suluh Pendidikan, 10(2), 79–91.
Nunggalsari, R. N., & Soebijantoro, S. (2018). Kebijakan Pemerintah Kabupaten Pacitan Dalam Pelestarian Museum Buwono Keling Di Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(01), Article 01. https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i01.2037
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Sukriah, S. (2022). Memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 66–72.
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645
Pantiwati, Y. (2015). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam lesson study untuk meningkatkan metakognitif. Jurnal Bioedukatika, 3(1), 27–32.
Piaget, J. (1970). Science of education and the psychology of the child. Trans. D. Coltman. https://psycnet.apa.org/record/1970-19308-000
Purba, R., Taufik, M., & Jamaludin, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Liveworksheets Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6800
Purnomo, F. A., Bawono, S. A. T., & Irianti, R. (2016). Pembuatan Aredu sebagai Media Pembelajaran Peninggalan Manusia Purba di Sangiran. Indonesian Journal of Applied Informatics, 1(1), 99–110.
Rachmijati, C. (2018). Penggunaan Internet Sebagai Optimalisasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris (Program Pengabdian Pada Masyarakat Di Desa Margaluyu Kecamatan Cipendeuy). Abdimas Siliwangi, 1(2), 61–74. https://doi.org/10.22460/as.v1i2p61-74.106
Ramadani, A. N., Kirana, K. C., Astuti, U., & Marini, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6), Article 6. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i6.5432
Ramawati, I. (2016). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Geografi Gea, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3469
Rasyid, H., & Islamia, I. N. (2021). Pengaruh Media Audio Visual (Video) Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPS SMP/MTs Di Kecamatan TajinaN. SANDHYAKALA : Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i2.568
Ratnasari, S. D., & Iriyanti, S. (2017). Pemanfaatan Situs-situs Prasejarah di Kabupaten Pacitan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Mahasiswa Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Pacitan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(2), 1417–1425.
Sundari, S., Cahyaningrum, D. T., Subagiyo, A., & Mawardi, A. A. K. (2023). Digitalisasi Destinasi Wisata Situs Duplang untuk Penguatan Pokdarwis di Desa Kamal Arjasa Jember: Digitalization of Duplang Site Tourist Destinations for Strengthening Pokdarwis in Kamal Arjasa Village, Jember. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 61–64.
Wiyanah, S., Aviory, K., & Nuryani, C. E. (2022). Pelatihan aplikasi canva bagi guru dalam mengembangkan materi pembelajaran di SMPN 1 Kasihan Yogyakarta. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 3703–3712.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v6i42024p%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: jgp@um.ac.id
View JGP's Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Index by: