PELATIHAN DIGITALISASI POTENSI SITUS PRASEJARAH PACITAN BAGI GURU MGMP IPS KABUPATEN PACITAN DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR

Bayu Kurniawan, Wahyu Djoko Sulistyo, Listyo Yudha Irawan, Novian Candra Kurniawan, M. Gebryna Rizki Nantana, Rabieaah AL Eaadawiyyah

Abstract


Kabupaten Pacitan memiliki potensi sumber belajar kesejarahan yang sangat memadai, terutama materi prasejarah. Materi prasejarah atau praaksara menjadi kajian yang selalu masuk dalam kurikulum matapelajara IPS di SMP. Namun, masih banyak guru IPS SMP di Kabupaten Pacitan minim sekali menggunakan situs-situs prasejarah itu sebagai sumber belajar yang diberikan kepada peserta didiknya. Permasalahan umum yang ditemukan adalah akses menuju ke lokasi situs tidak mudah dan perlu mempersipakan waktu khusus serta dana untuk menuju ke setiap situsnya. Teknologi pembelajaran menjadi solusi untuk memangkat keterbatasan ini. Di sisi lain, ternyata tidak semua guru IPS di Kabupaten Pacitan mampu menguasai teknologi pembelajaran berbasis ICT. Oleh karena itu, tujuan dari artikel ini adalah: 1) mengindetifikasi penggunaan media pembelajaran IPS khususnya pada materi prasejarah/prakasara yang telah dilakukan oleh guru sebelum mengikuti pelatihan, 2) memaparkan hasil dari pelaksanaan pelatihan digitalisasi potensi situs prasejarah Pacitan. Metode workshop digunakan untuk mencapai tujuan pelatihan ini. Para guru IPS mula-mula diidentifikasi pemahaman mereka mengenai penggunaan media pembelajaran yang selama ini digunakan disekolah, kemudian diberikan pendalaman materi mengenai potensi situs prasejarah di Kabupaten Pacitan dan dikenalkan mengenai alat Drone untuk membuat video pembelajaran. Para guru IPS juga diberikan pelatihan menerbangkan drone dan mempraktikkanya secara langsung. Tahap terakhir pelatihan dievaluasi untuk mengetahui dampaknya pada para guru IPS. Adapun hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa guru MGMP IPS Kabupaten Pacitan masuk dalam kategori sering menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan kebanyakan adalah gambar dan video, serta kadang-kadang menggunakan lingkungan sekitar untuk sumber belajar. Hasil pelatihan juga menunjukkan bahwa kualitas materi dan pemateri masuk dalam kategori sangat baik. Pemahaman peserta ada peningkatan dan para guru MGMP IPS masuk dalam kategori mampu untuk menerapkan hasil pelatihan di kelas.

Keywords


Digitalisasi; Prasejarah; Media Pembelajaran; Kompetensi Guru; MGMP IPS; Pacitan

References


Alannasir, W. (2016). Pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas iv sd negeri mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81.

Alfahmi, M. N. A. (2021). Pengembangan metriex (multimedia threeâ€TM d exercise) berbasis 3d modelling pada materi peninggalan paleolitik sungai baksoka untuk menumbuhkan kesadaran sejarah siswa kelas x multimedia 1 SMKN 5 Malang [PhD Thesis, Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/198819/

Amaliyah, D. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Di SMP Muhammadiyah 15 Lamongan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.18860/jpips.v4i2.7314

Anggriani, F., Karyadi, B., & Ruyani, A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Lingkungan untuk Studi Ekosistem Sungai. PENDIPA Journal of Science Education, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.2.100-105

Azmi, I., Asy’ari, M., Prayogi, S., Hunaepi, H., Firdaus, L., Rahmawati, H., & Sukarma, I. K. (2024). Pengembangan Keterampilan Praktis Mahasiswa melalui Program Pelatihan Alat Peraga Laboratorium IPA. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 374–386.

Gafar, A. (2017). Penggunaan Internet Sebagai Media Baru dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.33087/jiubj.v8i2.245

Haviza, D., Setriani, L., & Suryani, A. I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8.0 dalam Meningkatkan Motivasi Elajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XII IPS di MAN 2 Solok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), Article 4.

Herdianti, N. P., Hanim, W., & Hasanah, U. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7393

Ifrianti, S., & Emilia, Y. (2018). Pemanfaatan lingkungan sekitar Sebagai media pembelajaran ips untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar peserta didik Kelas III MIN 10 Bandar Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 22–42.

Ilyas, I., Nur, M., Alimuddin, I., & Muda, K. T. (2023). DigitalisasiI gua prasejarah bergambar di kawasan Karst Maros-Pangkep: Studi kasus Leang Lambatorang Kabupaten Maros. Jurnal Ilmu Budaya, 11(2), 208–2015.

Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859

Kadir, A. (2013). Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2921316&val=25715&title=Konsep%20Pembelajaran%20Kontekstual%20di%20Sekolah

Mulyana, E., Dahlena, A., Tetep, T., Rohman, S. N., Widyanti, T., Suherman, A., Dianah, L., Uno, I. C., & Rostiani, A. (2023). Efektifitas media pembelajaran Powtoon untuk meningkatkan hasil belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.52706

Nabila, A. R., Jati, S. S. P., & Sulistyo, W. D. (2023). Media pembelajaran board game Jamapra (jelajah zaman prasejarah) untuk siswa sekolah menengah atas. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.25273/ajsp.v13i1.10598

Naibaho, E. J. P. (2022). Pengaruh Kemampuan Guru Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir. Jurnal Suluh Pendidikan, 10(2), 79–91.

Nunggalsari, R. N., & Soebijantoro, S. (2018). Kebijakan Pemerintah Kabupaten Pacitan Dalam Pelestarian Museum Buwono Keling Di Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(01), Article 01. https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i01.2037

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Sukriah, S. (2022). Memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 66–72.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645

Pantiwati, Y. (2015). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam lesson study untuk meningkatkan metakognitif. Jurnal Bioedukatika, 3(1), 27–32.

Piaget, J. (1970). Science of education and the psychology of the child. Trans. D. Coltman. https://psycnet.apa.org/record/1970-19308-000

Purba, R., Taufik, M., & Jamaludin, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Liveworksheets Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6800

Purnomo, F. A., Bawono, S. A. T., & Irianti, R. (2016). Pembuatan Aredu sebagai Media Pembelajaran Peninggalan Manusia Purba di Sangiran. Indonesian Journal of Applied Informatics, 1(1), 99–110.

Rachmijati, C. (2018). Penggunaan Internet Sebagai Optimalisasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris (Program Pengabdian Pada Masyarakat Di Desa Margaluyu Kecamatan Cipendeuy). Abdimas Siliwangi, 1(2), 61–74. https://doi.org/10.22460/as.v1i2p61-74.106

Ramadani, A. N., Kirana, K. C., Astuti, U., & Marini, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6), Article 6. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i6.5432

Ramawati, I. (2016). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Geografi Gea, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3469

Rasyid, H., & Islamia, I. N. (2021). Pengaruh Media Audio Visual (Video) Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPS SMP/MTs Di Kecamatan TajinaN. SANDHYAKALA : Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i2.568

Ratnasari, S. D., & Iriyanti, S. (2017). Pemanfaatan Situs-situs Prasejarah di Kabupaten Pacitan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Mahasiswa Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Pacitan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(2), 1417–1425.

Sundari, S., Cahyaningrum, D. T., Subagiyo, A., & Mawardi, A. A. K. (2023). Digitalisasi Destinasi Wisata Situs Duplang untuk Penguatan Pokdarwis di Desa Kamal Arjasa Jember: Digitalization of Duplang Site Tourist Destinations for Strengthening Pokdarwis in Kamal Arjasa Village, Jember. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 61–64.

Wiyanah, S., Aviory, K., & Nuryani, C. E. (2022). Pelatihan aplikasi canva bagi guru dalam mengembangkan materi pembelajaran di SMPN 1 Kasihan Yogyakarta. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 3703–3712.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v6i42024p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: