MENGINTEGRASIKAN DIGITALISASI DALAM PELATIHAN PKH: MENDORONG PENCAPAIAN SDGS DAN KEMANDIRIAN EKONOMI

Ananda Chusnul Chotimah, Fitriana Santi, Wulan Dri Puspita

Abstract


Penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) umumnya berasal dari latar belakang ekonomi yang kurang mampu, hal yang sama terjadi di penerima PKH di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa mayoritas penerima bantuan berada dalam usia produktif, yang masih memiliki potensi besar untuk bangkit dari kemiskinan. Oleh karena itu, program pengabdian masyarakat dilaksanakan untuk memberikan keterampilan yang dapat meningkatkan pundi-pundi tabungan mereka, sehingga mereka tidak hanya bergantung pada bantuan program. Hal tersebut selaras dengan tujuan program PKH yaitu meningkatkan pendidikan bagi penerima bantuan melalui pelatihan. Pelatihan pemanfaatan media digital seperti Shopee dan YouTube dilakukan melalui praktik sederhana yang dapat diterapkan secara mandiri oleh penerima bantuan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dalam pembuatan konten yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang pekerjaan. Selain itu, tim pengabdian juga memberikan pelatihan literasi keuangan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola keuangan rumah tangga secara bijak. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa para penerima bantuan, yang mayoritas adalah ibu muda, mampu menciptakan ide-ide kreatif dalam pembuatan konten dan memanfaatkan platform Shopee sebagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan.

Keywords


PKH; Keterampilan; Konten; Media Digital

Full Text:

PDF

References


Anshori, M. S., Wijoyo, T., Assai, I., Sahiba, N., Muhtazam, F., Hermawan Adinugraha, & Hendri, A. (2024). Peningkatan Minat Berwirausaha Remaja Ipnu Kalimade Kesesi Melalui Pelatihan Penggunaan Shopee Affiliates. Jurnal Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2774–6755.

Clarke, P., & Erreygers, G. (2020). Defining and measuring health poverty. Social Science and Medicine, 244. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2019.112633

Dzulqarnain, Z. G., Meigawati, D., & Basori, Y. F. (2022). Implementasi Program Sustainable Development Goals (SDGs) dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan di Kota Sukabumi. Jurnal Professional Jurnal Komunikasi & Administrasi Publik, 9(1), 109–116.

Erifiyanti, R., Rifa, S., Pane, N., Trijayanti, A., & Simanjuntak, K. F. (2023). Pengaruh Content Marketing Shopee Affiliate terhadap Minat Pembeli. Rizky Efirianti) Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 214(4), 2986–6340. https://doi.org/10.5281/zenodo.7952615

Kanda, A. S., & Anggraeni, N. S. (2024). Dampak Maraknya Penggunaan Bank Emok Pada Kalangan Ibu Rumah Tangga Di Kampung Leuweung Gede Kota Cimahi. Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 2(2), 211–222. https://doi.org/10.55606/mri.v2i2.2528

Kementerian Sosial RI. (2019). Pedoman Pelaksnaaan Program Keluarga Harapan Tahun 2021.

Latipah, I. (2020). JURNAL COMM-EDU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN WIRAUSAHA. 3(1), 2615–1480.

Nanda, H. I., Purnamasari, F., Santi, F., & Oktavia, D. A. (2021). MENDORONG IBU DI LINGKUNGAN TBM TERAS LITERASI UNTUK MELEK LITERASI KEUANGAN RUMAH TANGGA DAN USAHA. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada MAsyarakat, 1(7).

Prihatini, P. (2022). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga Majlis Taklim Perempuan Kecamatan Jatiyoso. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 264–270. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i2.309

Sofianto, A. (2020). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Provinsi Jawa Tengah. Sosio Konsepsia, 10(1). https://doi.org/10.33007/ska.v10i1.2091

Suleman, S. A., & Resnawaty, R. (2017). PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH): ANTARA PERLINDUNGAN SOSIAL DAN PENGENTASAN KEMISKINAN. Prosiding KS: Riset & PKM, 4(1).

Suliswati, A. (2020). PENDIDIKAN PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA, GAYA HIDUP, PEMBELAJARAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LITERASI KEUANGAN. Akuntansi Bisnis Dan Manajemen (ABM), 27(1), 53–64.

Wang, H., Zhao, Q., Bai, Y., Zhang, L., & Yu, X. (2020). Poverty and Subjective Poverty in Rural China. Social Indicators Research, 150(1), 219–242. https://doi.org/10.1007/s11205-020-02303-0




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v6i42024p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: