PENDAMPINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERIK PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Wikan Budi Utami, Retno Marsitin, Rosita Dwi Ferdiani, Riski Nur Istiqomah Dinullah, Yuniar Ika Putri Pranyata

Abstract


Rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa SMA melandasi kegiatan pendampingan menggunakan soal AKM. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Turen pada tanggal 18 – 20 Maret 2024. Tujuan kegiatan pengabdian adalah agar peserta didik terbiasa dan termotivasi dalam belajar terkait dengan soal matematika yang berbasis literasi numerasi yang disajikan dalam bentuk soal AKM sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan pelatihan dan pendampingan pengerjaan soal literasi numerasi yaitu dengan soal AKM. Pengabdian dilakukan selama 3 hari peserta didik diberikan pelatihan pengerjaan soal literasi numerasi sebanyak 15 soal dan pendampingan dalam pembahasan jawaban. Dengan pelatihan dan pendampingan dapat memberikan bekal bagi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan literasi numerasi sehingga membekali keterampilan peserta didik dalam menyelesaikan soal AKM dan mempersiapkan diri dalam menghadapi kehidupan di abad 21.

Keywords


Kemampuan Literasi Numerasi, AKM, Matematika

Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2299

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.

Feriyanto. (2022). Strategi Penguatan Literasi Numerasi Matematika Bagi Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gammath, 7(2), 86–94. https://karya.brin.go.id/id/eprint/23928/1/2541-2612_7_2_2022-3.pdf

Fiangga, S., M. Amin, S., Khabibah, S., Ekawati, R., & Rinda Prihartiwi, N. (2019). Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1631

Handayani, R., & Ahzan, Z. N. (2023). Pelatihan soal matematika berbasis literasi numerasi di smp negeri maubeli. Community …, 4(2), 3877–3882. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14864%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/14864/12010

Kemendikbud Ristek. (2021). Tentang profil pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–180. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020a). AKM dan Implikasinya Pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020b). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 1–129. https://dikti.kemdikbud.go.id/

Lamada, Mustari. Rahman, E. S. (2015). Herawati: Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar [1]. Jurnal MEKOM (Media …, 1–6. https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/12000

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1, 140–144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Novita, N., Muliani, M., & Mellyzar, M. (2022). Pelatihan Pengembangan Soal Matematika Dan Sains Berbasis Numerasi Pada Guru Untuk Menunjang Asesmen Nasional. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 486. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7761

OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (Revised Edition). In OECD Publishing.

OECD. (2023). Pisa 2022. In Pisa 2022: Vol. I. https://doi.org/10.31244/9783830998488

Shidiq, A. S., & Yamtinah, D. (2022). Penguatan Kemampuan Guru-Guru Kimia SMA di Surakarta dalam Menyiapkan Instrumen AKM Literasi Membaca dan Numerasi berbasis Sains Kimia. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1402. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6158

Suseno, E., Erik Kurniadi, & Ragel Trisudarmo. (2023). Pendampingan AKM Kelas pada Sekolah Dasar Kelas V SDN Bandorasakulon 3 Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 2(1), 17–20. https://doi.org/10.25134/jise.v2i1.25




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v6i42024p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: