PENGEMBANGAN UMKM DAN EKONOMI KREATIF PADA OEMAH PUDDING DAN CAKE

Kartika Yuliari, Krissantina Eferyn, Desi Kristanti, Sielva Gebriella Denakrisnada, Intan Putri Viona

Abstract


Oemah Pudding & Cake merupakan salah satu UMKM yang berada di Dusun Jatiwekas Desa Kedawung Kabupaten Kediri yang menjual pudding dan cake, sebagai salah satu pelaku UMKM di sektor kuliner memiliki potensi besar untuk berkembang namun menghadapi tantangan dalam pengelolaan bisnis dan pemasaran digital. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan jiwa wirausaha dan kemandirian ekonomi kreatif melalui pengembangan produk inovatif, strategi pemasaran digital, dan peningkatan pendapatan keluarga, sehingga tercipta UMKM yang kompetitif dan berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu dengan mengadakan survei dalam bentuk wawancara tentang pengetahuan mitra mengenai pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif sebelum dan sesudah pelatihan, community development, focus discussion group, pendampingan serta monitoring dan evaluasi. Peserta pelatihan diajarkan cara menciptakan variasi produk baru yang inovatif dan kreatif, serta memanfaatkan platform digital seperti media sosial dan e-commerce untuk memperluas jangkauan pemasaran. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa partisipan mampu meningkatkan keterampilan mereka dalam memproduksi produk berkualitas serta memasarkan produk dengan modal kecil namun menghasilkan penghasilan yang memuaskan. Dampak dari program ini juga terlihat dari meningkatnya pendapatan keluarga dan terwujudnya kemandirian ekonomi yang lebih kuat. Dengan kegiatan ini, diharapkan Oemah Puding & Cake dapat menjadi pelopor dalam industri kuliner lokal, menciptakan UMKM yang kompetitif dan berkelanjutan, serta berkontribusi dalam pengembangan ekonomi kreatif di era digital.

Keywords


UMKM; Ekonomi Kreatif; Inovasi Produk

Full Text:

PDF

References


Darmawati, D. (2022). Pengembangan Ekonomi Kreatif Usaha Kuliner. Ta'awun Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 194–203

Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Evaluasi Program Kewirausahaan Di Sdk Penabur. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Howkins. S. N. (2017). "pengembangan Ekonomi kreatif Barbasis kearifan Lokal Pandanus Handicraf dalam Menghadapi pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah (Study Case di Pandanus Nusa Sambisari Yogyakarta), ". Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 67.

Mauidzoh, U. (2018). "Pengembangan Industri Kreatif di Pantai Asuhan Miftahunnajah Banguntapan Bantul Yogyakarta Berupa Pendampingan Pemasaran Produk Kreatif dari bahan Limbah Konveksi kain Perca,". Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Teknologi, KACANEGARA, 30.

Rahmawati, S. (2018). Ekonomi Kreatif dan Kizen. Riset Ekonomi Manajemen, 1(2), 57–66. https://doi.org/10.31002/rn.v1i2.713

Sari, R. T. P., & Rani, N. L. R. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Digital Marketing untuk Promosi pada Masa Pandemi Covid-19 di Petoss Mbok Sarinten Wonosobo. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 3, 109. https://doi.org/10.24014/kjcs.v0i0.14180

Vinerean, S., & Opreana, A. (2019). Social Media Marketing Efforts of Luxury Brands on Instagram. Expert Journal of Marketing, 7(2), 144–152




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v6i42024p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: