HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI GURU DAN PEMBERIAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

Atim Sucianah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara konsep diri guru dan pemberian motivasi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 1 Dringu Kabupaten Probolinggo Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian diambil sejumlah 35 orang guru di SMA Negeri 1 Dringu Kabupaten Probolinggo tahun 2016. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Ada hubungan yang signifikan antara konsep diri guru terhadap kompetensi pedagogik guru, berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh harga rX1Y positif yaitu 0,504 dengan tingkat signifikansi < 0,05 yaitu 0,002. (2)Ada hubungan yang signifikan antara pemberian motivasi kepala
sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru, berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh harga rX2Y adalah positif yaitu 0,423 dengan tingkat signifikansi < 0,05 yaitu 0,011. (3)Ada hubungan yang signifikan antara konsep diri guru dan pemberian motivasi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru, berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa F-hitung sebesar 8,692 (positif) dan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05. Besarnya sumbangan relatif dan efektif berdasarkan hasil pengujian hipotesis adalah: (1)Sumbangan Efektif konsep diri sebesar 21,5%; (2)Sumbangan Relatif Konsep Diri sebesar 61,2% ;dan (3)Sumbangan Efektif Motivasi Kepala Sekolah sebesar 13,6% ;(4)Sumbangan Relatif Motivasi Kepala Sekolah sebesar 38,8%.

Keywords


Konsep diri; motivasi kepala sekolah; kompetensi; pedagogik guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.