PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas XII/IPA-2 SMA Negeri 5 Palu dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas XII/IPA-2 SMA Negeri 5 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII/IPA-2 SMA Negeri 5 Palu sebanyak 30 orang yang terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, yakni pada siklus I, nilai rata-rata 6,33 meningkat menjadi 6,90 pada siklus II. Ketuntasan belajar (KKM = 68) pada siklus I adalah 73,33 dan meningkat menjadi 76,67 pada siklus II. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran PKn adalah baik. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMA/IPA-2 Negeri 5 Palu
Keywords
Hasil Belajar PKn dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.