PEMBELAJARAN PRAKARYA MATERI KERAJINAN BAHAN KERAS MELALUI METODE DEMONSTRASI

Maria Ulfah

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini adalah Meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Prakarya materi kerajinan bahan keras di Kelas IX A SMP Negeri 1 Tongas, Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya, yang masing masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Tongas. Setting penelitian adalah proses pembelajaran Prakarya kelas IXA. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument berupa lembar observasi dan tes. Dalam menganalisis data hasil penelitian yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif teknikpersentase. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : (1) Adanya ketekunan menghadapi tugas dari guru. (2) Menunjukkan rasa senang dan semangat terhadap pembelajaran Prakarya (3) Adanya dorongan untuk bersaing dengan teman. (4) Adanya keinginan mendapatkan penghargaan dari guru. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pada siklus I nilai rata-rata belajar sebesar 73 hasil observasi siswa meningkat dengan diperoleh ketercapaian indikator 15,7 dengan kategori sedang. Sedangkan Siklus II nilai rata-rata belajar sebesar 82 hasil observasi siswa iswa meningkat menjadi 17,3 dengan kategori tinggi.

Keywords


Prestasi Belajar Siswa; Kerajinan Bahan Keras; Metode Demonstrasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.