KETERAMPILAN BELAJAR JENIS-JENIS KONSTRUKSI BANGUNAN MELALUI PENDEKATAN OTENTIK LEARNING

Oediyananingsih Oediyananingsih

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan keterampilan belajar jenis-jenis Konstruksi Bangunan melalui Pendekatan Otentik Learning siswa Kelas X DPIB  C SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019.Permasalahan yang ditemukan adalah kecenderungan belajar di dalam kelas yang bersifat teoritis peserta didik X DPIBC SMK Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo yang perlu diubah menjadi pendekatan otentik Learning. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan Otentik Learning untuk meningkatkan ketrampilan belajar Jenis-jenis Konstruksi Bangunan peserta didik kelas X DPIB C SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Otentik Learning dapat meningkatkan ketrampilan belajar peserta didik.


Keywords


Keterampilan; Belajar; Otentik; Learning

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Model Penilaian Kelas. BNSP Jakarta

Donovan, M. S, Bransford, J. D, dan Pellegrino, J. W. (Eds.). (1999). How people learn: Bridging Research and Practice. Washington, DC: National Academy.

Maher & Zins. (1987). http://Keterampilan-Keterampilan%20Belajar%20_%20Learning%20is%20the%20journey%20of%20life.html (diakses pada tanggal 23 Desember 2019 pukul 18.03 wib).

Merriam-Webster Dictionary, The. (1988). Webster’s Thierd New International Dictionary of the English Language Unabridged. USA: Merriam Webster Inc

Moh. Surya. (1997). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung PPB - IKIP Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.