PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan prestasi dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SD Negeri 2 Pangkalan Tiga Kecamatan Pangkalan Lada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penggunaan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa hal ini dapat ditunjukkan pada rata-rata kelas pra siklus sebesar 64,10% kemudian meningkat pada siklus I sebesar 75,13% dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 85,13%. Kemudian tingkat ketuntasan belajar pada pra siklus diperoleh 38,46% kemudian meningkat menjadi 82,05% pada siklus I kemudian pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 92,31% berarti terjadi peningkatan dari kondisi pra siklus ke siklus I adalah 53,85% dari (KKM 70). Penggunaan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa hal ini dapat ditunjukkan pada rata-rata kelas pra siklus sebesar 27,80 kemudian meningkat pada siklus I sebesar 31,45% dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 36,5%. Berarti terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari keaktifan yang cukup baik meningkat menjadi baik dan aktivitas siswa sangat baik.
Keywords
Operasi; Hitung; Bilangan; Bulat; Cooperative; Learning; Tipe; STAD
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid dan Andayani, (2004). Pendidikan berbasis kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Jakarta: Rajawali.
Djamarah Syaeful Bahri, 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineksa Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.
Sanjaya Wina, ( 2006). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana prenada Media Group
Wardhani, I G A K; (2013) Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : Universitas Terbuka
Refbacks
- There are currently no refbacks.