BANTUAN UKBM SERTA PENERAPAN PEMBELAJARAN TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA

Sutimin Sutimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki rencana pelaksanaan pembelajaran yang tepat; Penilaian akhir mengacu pada tujuan pembelajaran; Peningkatan nilai hasil belajar. Penelitian berlangsung dalam tiga siklus, pembelajaran STAD dengan bantuan UKBM siklus pertama kelompok berdasarkan hasil pre- test, siswa nilai tinggi untuk belajar mandiri dari UKBM yang telah disiapkan oleh guru untuk membantu teman sebaya tetatapi dibantu oleh guru, pembelajaran STAD dengan bantuan UKBM siklus kedua kelompok berdasarkan hasil tes siklus pertama, siswa nilai tinggi untuk membantu teman sebaya, pembelajaran STAD dengan bantuan UKBM siklus ketiga kelompok berdasarkan hasil tes siklus kedua. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, tes dan dianalisa secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini: Guru mampu merancang RPP yang tepat dengan dengan bantuan UKBM; Pelaksanaan pembelajaran yang tepat karena aktivitas belajar siswa ada peningkatan dari siklus pertama sampai siklus ketiga; Ada peningkatan nilai hasil belajar dari siklus 1 sampai siklus 3, karena evaluasi mengacu pada tujuan pembelajaran yang tertulis pada RPP; Peningkatan nilai hasil belajar siklus pertama 67,63%, siklus kedua 83,38%, siklus ketiga 84,45%.


Keywords


UKBM; Pembelajaran; STAD; aktivitas; meningkat;

References


Agustina, E., Saputro, A. N. C., & Mulyani, S. (2013) Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Handout untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas XC Sma Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4), 66-71.

Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. Supardi. (2009) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Chotimah, H. (2007). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Biologi dalam Pendekatan Kontekstual melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share pada Peserta Didik Kelas X-6 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Jurnal Penelitian Kependidikan, 17(1).

Faiq, Muhammad. (2012). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.

Handayani, N. L. E. S., & Perdata, I. B. K. (2014). Meningkatkan Aktivitas dan Presatsi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran QT dengan Kerangka Tandur dalam Pembelajaran Bangun Segi Empat Pada Siswa Kelas VII C SMP Pancasila Canggu Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 4(1).

Hurlock, E.B. (1978). Child Development Sixth Edition. London: Mc-Graw-Hill, Inc.

Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011) Pembelajaran sains dengan pendekatan keteram-pilan proses untuk meningkat-kan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).

Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta.

Utomo, N. C., & Primiani, C. N. (2009). Perbandingan Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw dengan Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar Biologi Kelas VIII MTsN Kembangsawit. Jurnal Pendidikan MIPA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.