MENINGKATKAN KOMPETENSI TATA BAHASA SISWA MELALUI JUMBLED WORDS UNTUK SISWA KELAS 9 SMPN 7 PROBOLINGGO

Eviana Irawati

Abstract


Abstrak: Meningkatkan kompetensi tata bahasa siswa melalui jumbled words untuk siswa kelas 9 SMPN 7 Probolinggo ini adalah pengalaman baik (best practice) penulis dalam memberikan layanan terhadap peserta didik di SMPN 7 Kota Probolinggo di dalam penerapan materi di kelas. Tujuan pembelajaran  ini adalah untuk memudahkan siswa dalam mempelajari present perfect tense dengan melalui jumbled words. Hasil pembelajaran secara umum adalah baik. Keterlibatan siswa kelas IX secara keseluruhan mampu menunjukkan perkembangan yang baik setelah menggunakan cara ini.  Kendala yang dihadapi diantaranya kurangnya sarana dan prasarana, situasi belajar dikelas yang tidak nyaman dan kurangnya siswa menguasai kosa kata dalam Bahasa Inggris.

 

Kata Kunci: Kosa kata; tata bahasa; dan Jumbled Word.

 

IMPROVING STUDENT GRAMMAR COMPETENCY THROUGH JUMBLED WORDS

FOR CLASS 9 STUDENTS OF SMPN 7 PROBOLINGGO

 

Abstract: Improving students' grammatical competence through Jumbled Words for grade 9 students of SMPN 7 Probolinggo is a good experience (best practice) for the writer in providing services to students at SMPN 7 Probolinggo City in implementing material in class. The purpose of this learning is to make it easier for students to learn the present perfect tense by means of jumbled words. Overall learning outcomes are good. The involvement of grade IX students as a whole is able to show good development after using this method. The obstacles faced include the lack of facilities and infrastructure, an uncomfortable classroom learning situation and the lack of students mastering vocabulary in English.

 

Keywords: Vocabulary; grammar; and jumbled words


Keywords


Kosa kata; tata bahasa; dan Jumbled Word.

Full Text:

PDF

References


Agustin,Yulia.2015. Penguasaan Tata Bahasa Dan Berfikir Logik Serta Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol.11. No.2 Juli 2015.

Alisjahbana, S Takdir. (1983). Tata Bahasa Baru Bahasa Indonesia. Jakarta: Dain Rakyat.

Azizah, Tri Farina. (2012). Peningkatan Kemampuan Vocabulary Bahasa Inggris Menggunakan Media Jumbled Letters Siswa Kelas IIIB MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agamaa Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Dhanawaty, Ni Made., dkk. (2015). Pengantar Linguistik Umum. Denpasar: Pustaka Larasan.

Hamza, Muh. (2019). Using Jumbled Letters Game To Teach Vocabulary For The Seventh Grade Students Of SMPN 9 Palopo. Thesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Palopo.

Soedjito. (2005). Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sudrajat, Hana Nurwahidah. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris melalui Metode Permaiana Bingo Pasa Siswa Kelas III SD. Laboratorium PGSD FIP UNJ. Jakarta Selatan. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

Suyanto, Kasihani K. E. (2010). English For Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.