MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENCERITAKAN KEMBALI SECARA LISAN ISI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR GAMBAR SERI

Twoty Lestari

Abstract


Keterampilan bercerita  merupakan salah satu materi pembelajaran di SMP yang  sangat penting. Materi  tersebut seharusnya mendapat perhatian yang besar. Namun kenyataannya pembelajaran bercerita masih mengalami kendala. Penelitian ini memberikan satu alternatif pemecahan, yaitu memanfaatkan penggunaan media belajar gambar seri dengan metode latihan dan praktik. Penelitian ini menggunakan media gambar yang difokuskan pada media gambar seri. Alasan digunakannya media gambar seri adalah media gambar tersebut dapat membantu  menyajikan kejadian peristiwa yang kronologis dengan menghadirkan orang, benda dan latar kronologi atau urutan kejadian peristiwa sehingga dapat memudahkan siswa untuk menuangkan idenya dalam kegiatan bercerita yaitu menceritakan kembali secara lisan isi cerpen. Berdasarkan data yang diperoleh ditemukan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan media gambar seri dengan metode latihan dan praktik dapat meningkatkan motivasi belajar, meraih perhatian dan respon peserta didik pada materi pembelajaran,dan menambah rasa percaya diri  siswa sehingga berdampak pada peningkatan keterampilan siswa dalam menceritakan kembali secara lisan isi cerpen.Target ketuntasan belajar secara klasikal tercapai pada siklus II yaitu 100 %sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus III. Kesimpulannya bahwa penggunaan media gambar seri dengan metode latihan dan praktik  ternyata dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas IX F  SMPN 7 Probolinggo.


Keywords


Bercerita; media gambar seri; metode latihan dan praktik

Full Text:

PDF

References


Anitah , Sri. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asdam, Muhamad. 2008. Efektivitas Penggunaan Media Gambar Seri dalam Penulisan Karangan pada Siswa Sekolah Dasar, (Online), (http://www.bpgupg.go.id/index.php?view=article&catid=51%3Avol1no2&id=143%3Aefektivitas-penggunaan-media-gambar-seri-dalam-penulisan-karangan-pada-siswa-sekolah-dasar&option=comcontent, diakses tanggal 17 Februari 2009).

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Faridati Zen, Ella. 2008. Bercerita dalam Bimbingan Konseling(seri:2), (Online), (http://ellafaridatizen.wordpress.com/2008/05/22/bercerita-dalam-bimbingan-konseling-seri-2) diakses pada tanggal 15 Maret 2009.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahman, Suwardiloso Imam. 2005. Panggunaan Media Gambar Seriuntuk Meningkatkan Kemampuan Mengarang Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang Tahun Ajaran 2004/2005. Skripsi tidak diterbitkan. Malang Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta:Bumi Aksara.

Sukidin, dkk. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta : Insan Cendekia.

Sumiati. 2007. Metode Pembelajaran . Bandung: Wacana Prima.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.