MENINGKATKAN KREATIFITAS MENGGAMBAR MELALUI PENGEMBANGAN BENTUK–BENTUK GEOMETRI

Andalaswati Puji Rahayu

Abstract


Kreatifitas menggambar adalah kemampuan anak dalam menciptakan bentuk- bentuk baru dalam menggambar. Supaya kreatifitas anak dalam menggambar meningkat, maka guru perlu mempunyai cara bagaimana cara meningkatkan kreatifitas tersebut. Pengembangan  bentuk-bentuk  Geometri  merupakan  suatu  cara  yang  mempermudah anak akan menggambar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas berlangsung selama dua siklus dilakukan dengan cara mengamati Tehnik Menggambar anak. Data dikumpulkan melalui tehnik observasi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas menggambar anak.  Penelitian ini dilaksanakan di TK  Tunas Harapan pada kelompok B Semester II tahun pelajaran 2014-2015 sebanyak 26 anak. Kreatifitas mewarnai gambar meningkat dengan indikasi bahwa anak dapat menggambar tanpa bantuan guru, anak dapat mengembangkan bentuk-bentuk benda disekitar tanpa ragu-ragu dan takut salah, anak menunjukkan minat menggambar melalui sikap aktif dan kreatif.  Indikator keberhasilan peneliti  menggunakan rumus  Anak  yang  memperoleh nilai    1,    2,    3, dan      4 dibandingkan dengan anak yang hadir dikalikan 100%. Hasil penelitian pada siklus I anak yang mendapat nilai   3 masih 8 anak atau 30,78% dari 26 anak, sedangkan pada siklus II anak yang mendapat nilai     3 sebanyak 19 anak atau 73,08% dan yang mendapat nilai    4 adalah 2 anak atau 7,69%.


Keywords


Kreatifitas menggambar dan pengembangan bentuk-bentuk geometri

Full Text:

Untitled

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, RineksaCipta.

Depdiknas, 2005. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Dirjen Dasar dan Menengah.

Depdiknas, 2005. Kurikulum 2006

Standar Kompetensi TK/RA. Jakarta. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jauhari. 2008. Pembelajaran

Menggambar Untuk Anak. http: //

jauharieffendy. blogspot. co. id

/2008/08/pembelajaran–

menggambar–untuk–anak. html. Kasbolah, Kasihani, E.S. dan Sukarnyana,

I Wayan. 2006. Penelitian

Tindakan Kelas (PTK). Malang: Penerbit Universitas Negeri

Malang. Cet. Ke–2. Semiawan. Conni.2010. Kreatifitas

Keberbakatan. Jakarta. Indeks. Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Cet. Ke–4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.