PELAKSANAAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PERKALIAN SEBAGAI PENJUMLAHAN BERULANG

Nanik Handayani

Abstract


Berdasarkan hasil pengamatan awal di kelas II SDN Jati 5 Kecamatan Mayangan Kota Probolingggo  pada  pembelajaran Matematika tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang masih banyak siswa merasa kesulitan , sehingga  hasil belajar yang dicapai rendah, 55,17 % siswa nilainya masih dibawah KKM.Untuk itu peneliti berusaha menggunakan strategi mengajar yaitu dengan melalui metode pemberian tugas.Penelitian ini bertujuan 1)   mendeskripsikan penerapan pelaksanaan metode pemberian tugas untuk meningkatkan kemampuan menghitung perkalian sebagai penjumlahan berulang ,2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang melalui pelaksanaan metode pemberian tugas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus.Tiap siklus terdiri dari empat tahapan,yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan ,observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas II SDN Jati 5 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo yang berjumlah 29 siswa.Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan tes tertulis.Teknik analisia data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptf kwalitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang melalui pelaksanaanmetode pemberian tugas .Hal ini dapat dilihat  dari rata-rata nilai siswa sebelum tindakan yang semula bahwa nilai rata-rata kelas yang semula 58,62 pada waktu sebelum tindakan meningkat menjadi 63,45 pada siklus 1dan meningkat  lagi menjadi  82,76 pada siklus II. Demikian juga jumlah siswa yang tuntas semula 13 siswa pada waktu sebelum tindakan meningkat menjadi 17 siswa pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 27 siswa pada siklus II dari 29 siswa.


Keywords


meningkatkan, hasil belajar, metode pemberian tugas

Full Text:

Untitled

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Hudoyo, Herman. 1979. Pengembangan Kurikulum dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya : Usaha Nasional

Imam Utoyo, Sutoyo .1979. Psikologi Belajar. Malang : FIP IKIP

Poerwodarminto. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Rusyun,Tabrani . 1998 . Pendekatan Prosese Belajar Mengajar.Bandung : PT

Remaja Rosdakarya

Slameto. 1988. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bima Aksara

Sri Wilujeng, Dyah dkk. 1996. Perangkat Pembelajaran SD. Malang

Surachmad, Winarno. 1965. Methodologi Pengajaran Nasional. Bandung : IKIP

Undang-Undang RI No. 2 th 1989. . Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas

Widodo, Endang Purwati, 1993. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Sekolah. Surabaya : Usaha Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.