PELAKSANAAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PERKALIAN SEBAGAI PENJUMLAHAN BERULANG
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan awal di kelas II SDN Jati 5 Kecamatan Mayangan Kota Probolingggo pada pembelajaran Matematika tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang masih banyak siswa merasa kesulitan , sehingga hasil belajar yang dicapai rendah, 55,17 % siswa nilainya masih dibawah KKM.Untuk itu peneliti berusaha menggunakan strategi mengajar yaitu dengan melalui metode pemberian tugas.Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan penerapan pelaksanaan metode pemberian tugas untuk meningkatkan kemampuan menghitung perkalian sebagai penjumlahan berulang ,2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang melalui pelaksanaan metode pemberian tugas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus.Tiap siklus terdiri dari empat tahapan,yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan ,observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas II SDN Jati 5 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo yang berjumlah 29 siswa.Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan tes tertulis.Teknik analisia data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptf kwalitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang melalui pelaksanaanmetode pemberian tugas .Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa sebelum tindakan yang semula bahwa nilai rata-rata kelas yang semula 58,62 pada waktu sebelum tindakan meningkat menjadi 63,45 pada siklus 1dan meningkat lagi menjadi 82,76 pada siklus II. Demikian juga jumlah siswa yang tuntas semula 13 siswa pada waktu sebelum tindakan meningkat menjadi 17 siswa pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 27 siswa pada siklus II dari 29 siswa.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Hudoyo, Herman. 1979. Pengembangan Kurikulum dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya : Usaha Nasional
Imam Utoyo, Sutoyo .1979. Psikologi Belajar. Malang : FIP IKIP
Poerwodarminto. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Rusyun,Tabrani . 1998 . Pendekatan Prosese Belajar Mengajar.Bandung : PT
Remaja Rosdakarya
Slameto. 1988. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bima Aksara
Sri Wilujeng, Dyah dkk. 1996. Perangkat Pembelajaran SD. Malang
Surachmad, Winarno. 1965. Methodologi Pengajaran Nasional. Bandung : IKIP
Undang-Undang RI No. 2 th 1989. . Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas
Widodo, Endang Purwati, 1993. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Sekolah. Surabaya : Usaha Nasional
Refbacks
- There are currently no refbacks.