MENERAPKAN RAGAM HIAS PADA BAHAN KERAS MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING

Sri Isnaini

Abstract


Tujuan umum penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam Menerapkan Ragam Hias Pada Bahan Keras Melalui Pembelajaran Model Project Based Learning Pada Siswa Kelas VIII.F SMP Negeri 5 Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016. Pada penilaian tes akhir tindakan siklus I dengan menggunakan 10 nomor soal pilihan ganda diperoleh sebanyak sebanyak 6 siswa (23,08%) mencapai nilai kurang dari KKM (78), dan melampaui atau melebihi KKM (>78) sebanyak 20 siswa (76,92%). Pada siklus II sebanyak 26 siswa atau 100% mencapai KKM (78) baik untuk aktivitas dan hasil belajar. Penggunaan model Project Based Learning telah berhasil dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menerapkan ragam hias pada bahan keras pada siswa kelas VIII.F SMP Negeri 5 Probolinggo.


Keywords


Ragam Hias Flora, Fauna dan Geometrik, Project Based Learning

Full Text:

Untitled

References


Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.

Rosalia, Tara. 2005. Aktifitas Belajar. Diakses dari http://id.shvoong.com/social-sciences/1961162-aktifitas-belajar(8/01/16).

Rumini, Sri. 1995. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UPP IKIP Yogyakarta

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.