PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM HUKUM DAN PERADILAN NASIONAL

Moch. Sudi

Abstract


Sistem hukum dan peradilan nasional merupakan salah satu materi dari PPKn yang banyak tidak disukai oleh siswa. Oleh karenanya diperlukan suatu inovasi pembelajaran yang lebih bervariasi  yaitu dengan penggunaan metode diskusi melalui hasil wawancara yang diharapkan dapat menciptakan situasi belajar yang kondusif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan adanya inovasi pembelajaran tersebut ternyata dapat membuahkan hasil yang menggembirakan terbukti dengan adanya peningkatan keaktifan siswa dan peningkatan hasil belajar siswa yang siklus I diperoleh pengamatan aktivitas guru mencapai 77,08% yang berada pada kategori cukup , aktifitas siswa mencapai skor 75%, dan hasil ketuntasan belajar siswa 63,6%, tapi pada siklus II aktivitas guru mencapai 81,25% yang berada pada kategori baik , aktifitas siswa mencapai skor 78,57%, dan hasil ketuntasan belajar siswa 84,84%, dan pada siklus III aktivitas guru mencapai 91,6% yang berada pada kategori sangat baik , aktifitas siswa mencapai skor 92,85%, dan hasil ketuntasan belajar siswa 93,93%, 


Keywords


hukum, metode diskusi,hasil wawancara.

Full Text:

Untitled

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta Rineke Cipta.

Kemdiknas, Pustaka Bahasa 2002. Kamus Besar Bahas Indonesia. Jakarta, Balai Pustaka.

Semiawan Conny. 1992. Pendekatan Ketrampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk penelitian. Bandung, Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.