PENERAPAN METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR INDUKSI MATEMATIKA

Endang Djuhaenah Ks

Abstract


Salah satu upaya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran  adalah dengan memilih strategi atau cara dalam menyampaikan materi pelajaran agar diperoleh peningkatan prestasi hasil belajar khususnya pelajaran matematika siswa kelas XII di SMK N 2 Probolinggo pada materi induksi matematika. Induksi matematika merupakan salah satu aplikasi matematika yang dapat melatih ketelitian, penalaran, dan analisis masalah yang selama ini banyak tidak disukai oleh siswa. Oleh karenanya diperlukan suatu inovasi pembelajaran dengan penggunaan metode STAD (Student Teams Achievement Divisions) yang diharapkan dapat menciptakan situasi belajar yang kondusif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan adanya inovasi pembelajaran tersebut ternyata dapat membuahkan hasil yang menggembirakan terbukti dengan adanya peningkatan keaktifan siswa dan peningkatan hasil belajar siswa yang perbaikan pembelajaran siklus I ketuntasan siswa dapat tercapai 64,51% dan di siklus II tercapai 80,65%. Ini berarti secara klasikal siswa sudah bisa dikatakan tuntas belajar pada materi induksi matematika. Kesimpulan dari pembelajaran metode STAD dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar yang berimbas pada peningkatan hasil belajarnya dengan suasana belajar yang menyenangkan.


Keywords


metode STAD, Hasil belajar, induksi matematika

Full Text:

Untitled

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta Rineke Cipta.

Hartati, Sri. 1997. Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Proses Belajar mengajar Biologi di SMU : Edukasi. No. 04.

Munir, Reynaldi.2010, Matematika Diskrit, Bandung, Informatika

Noornia. 1997. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode STAD Pada Pengajaran Persen di Kelas VI SD Ma'arif 02 Singosari, tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Theory Research and Practice. Boston: Allyn and Bacon

Soedjadi, R.2000. Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematka. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional “Realistic Mathematics Education” di jurusan Matematika FPMIPA UNESA. Surabaya:24 Februari

Soewarso. 1998. Menggunakan Strategi Komparatif Learning di dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial : Edukasi”. No. 01


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats